• silsilah keluarga •

2.9K 254 8
                                    

"Bang Jae..." Lirihan Guanlin membuat Jaehyun yang lagi asik mengotak-atik laptopnya menoleh. Saat ini cuma ada mereka berdua di rumah, mami nya baru aja telepon dan bilang kalau dia harus lembur karena lagi akhir bulan mangkannya kerjaannya makin banyak, terus si Yohan juga lagi latihan taekwondo karena bentar lagi dia bakalan ada tanding di kejurnas.

"Apa?" Jawab Jae yang kembali fokus ke laptop nya.

Guanlin duduk disebelah Jaehyun. "Bantuin ngerjain tugas dong bang."

Jae menghela napas. "Aduh, tugas nya abang juga lagi banyak nih. Lagian kamu kan pinter, biasanya juga bisa ngerjain sendiri kan?" Katanya sambil ngelihat kearah Guanlin lagi, tapi ternyata adiknya itu malah lagi nunduk, wajahnya juga keliatan kusut.

"Kenapa lo?" Tanya Jae, sedikit heran kenapa adik bungsu yang biasanya cerewet dan periang tiba-tiba jadi keliatan down begini.

"Alin gak bisa ngerjain tugas ini." Keluhnya.

"Kenapa enggak?"

"Karena Alin gak tau silsilah keluarga kita kayak gimana."

Jaehyun terhenyak pas denger ucapan adiknya. "Hah?" cuma itu yang keluar dari mulut Jaehyun.

Guanlin menghela napas, "Pelajaran sosiologi, bang. lagi pelajarin tentang familiogram atau apa gitu namanya, jadi tentang silsilah keluarga. Tapi.. nama papi aja Alin nggak tau, gimana bisa ngegambarin silsilahnya?"

Jaehyun menatap adiknya iba. Memang, dari tiga bersaudara, cuma Guanlin yang nggak mengenal papi mereka sama sekali. Yohan sih masih inget papinya walau samar-samar. Sedangkan Jaehyun?

Jaehyun masih inget semuanya. Walaupun waktu itu dia masih kecil banget, tapi memori otak Jaehyun itu bagus banget sampai dia bisa inget-inget kejadian di masa lalu.

Jae masih inget gimana papinya meninggalkan mami, Jae dan Yohan tanpa sebab, tanpa penjelasan apa-apa. Jae masih inget mami yang nangis terus tiap malam sambil duduk di kursi ruang depan seakan-akan nunggu papinya pulang, dia masih inget setahun setelah papinya pergi dari rumah datang surat dari pengadilan yang bilang kalau papi mengguggat cerai mami.

Jae inget maminya menangis tersedu-sedu sambil mendekap Jaehyun dan kedua saudaranya.

"Alin kudu apa dong bang?" Pertanyaan Guanlin membuat lamunan Jaehyun terhenti. "Apa nggak usah dikerjain aja kali ya?"

Jaehyun menarik napas dalam. "Kenapa gak coba tanya mami?"

Guanlin gelengin kepalanya. "Alin nggak mau bikin mami sedih." Jawabnya. "Alin sekarang tau, kalau Alin tanya tentang papi, atau tentang keluarga kita yang lain, mami emang berusaha senyum dan jawab pertanyaan Alin. Tapi pas di malem hari, pas mami di kamar sendirian, mami nangis. Alin gak mau bikin mami nangis."

Jaehyun menatap adiknya. "Mami nangis? kok kamu tau?"

"Guanlin pernah nggak sengaja kebangun gara-gara haus. Terus pas Alin lewat kamar mami, Alin denger suara mami nangis. Alin yakin waktu itu mami nangis gara-gara Alin tanya mami kenapa kok Alin nggak punya papi, kenapa kok Alin nggak pernah ketemu sama oma dan opa." Jelas Guanlin. "Sejak saat itu, Alin udah janji sama diri sendiri kalau gak bakalan bahas papi atau bahas oma opa biar mami nggak sedih lagi."

Jaehyun mengusap wajahnya, stress banget dia dengerin penjelasan adiknya. Guanlin emang masih polos, dia penuh dengan rasa penasaran dan Jae nggak bisa nyalahin Guanlin karena selama ini sebenarnya Jinri—bahkan Jaehyun sendiri juga salah, harusnya mereka menjelaskan semuanya ke Guanlin, bukan menutupinya.

Single MomTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang