of morning greeting and a glass of milk

5.2K 836 84
                                    

Taehyung kebangun keesokan paginya dengan leher pegel, sekujur badan yang agak kedinginan dan beberapa missed call dari orangtuanya.

Salah Taehyung, gara-gara mutusin buat marathon anime yang nggak sempet dia tonton—padahal udah kenyang copy konten dari harddisk-nya Seongwoo, dia bener-bener ngabisin waktunya kemarin seharian di depan laptop. Dimulai dari keinginan hedon tiba-tibanya sampe pesen makanan lewat aplikasi pesan antar, ngaktifin mode silent di handphone, dan tengkurep depan laptop.

Seingetnya, ada kali dua season dia abisin sebelum akhirnya tepar dalam posisi sama dan kebangun besoknya. Untungnya Sabtu, jadi mau dilanjut ngebo ataupun produktif sedikit, dua-duanya nggak masalah.

Mutusin buat nelpon balik karena takutnya penting, Taehyung nutup layar laptopnya lalu rebahan lagi. Sekarang telentang, soalnya kaos bagian depannya basah. Hasil dikekep semaleman, apalagi panasnya lagi naujubilah.

"Iya? Kenapa bun? Maaf, handphonenya Tae silent, hehe. Kemaren abis kelas terus ngedeprok di laptop."

Lalu dimulailah ocehan si bunda tentang bahaya dan dosa mengaktifkan mode silent kalo gak ada alasan yang jelas, apalagi mengabaikan telepon orang tua. Sementara di kosan, anak laki-laki satu-satunya ini cuma cengengesan nyebelin; bikin si bunda gemes manggil ayahnya yang lagi kerja buat cuti lalu nyusul anak mereka ke perantauan. Mau jewer telinganya, katanya, sekaligus mau mastiin sih, anaknya mulai kurus apa enggak; karena si bunda khawatiran banget emang.

"Enggak, bun, ya ampun. Tae udah ngurangin makan mi. Kalo gak percaya nanti tanya aja ke bang Yoongi," rajuk Taehyung; bibirnya dimajukan. Dia bisa ngumpulin penghuni kosan buat ngasih testimoni ke bundanya kok. "Ngomong-ngomong, bunda kenapa telepon Tae sampe berkali-kali bun?"

Hela napas pendek di seberang, dan Taehyung mulai parno. Dia inget waktu SMA, bundanya nelpon dari rumah ngabarin kalo anjing keluarga mereka, Soonshim, terpaksa disuntik karena penyakitnya udah keburu menjalar. Dan dokter pun udah nyaranin demikian, daripada peliharaan mereka nahan sakit lebih lama. Kemudian berujung Taehyung yang bolos ditemenin Jimin. Taehyung down sampe tiga hari. Ngurung diri, sampe akhirnya Jimin janji buat nganterin dia cari pengganti Soonshim.

Lalu Taehyung keinget anjing pomeranian dia—Yeontan. Apa sekarang giliran Yeontan?

"Bun ...?"

"Tan kena radang perut, dari kemarin muntah-muntah. Makanan apa aja nggak ada yang masuk, jadi terpaksa diinepin di dokter." Hati Taehyung mencelus, perutnya langsung kerasa gak enak. "Hei, tapi kamu jangan kepikiran ya 'nak, dokternya bilang ini masih bisa diatasin. Dan untungnya bunda gak terlambat nganterin dia ke dokter."

Taehyung hela napas. "Lagian Tan gimana bisa kena radang segala, sih? Dia nggak main-main di bak sampah kan bun?"

"Astaga ya enggak lah Tae." Si bunda berdecak; Taehyung bayangin bundanya lagi geleng-geleng. "Kena virus. Mungkin dari udara juga. Di sini lagi gak bagus udaranya. Kamu juga, jangan lupa pake masker tiap ke luar."

"Iya, bun, iya ...."

Percakapan Taehyung dan bundanya di telepon berlanjut hingga cowok itu kelaperan dan niat cari sarapan. Seingetnya suka ada mamang bubur yang emang biasa keliling komplek, dan berhubung belum ada suara lentingan mangkuk dari tadi, Taehyung berspekulasi si mamang mungkin belum lewat.

Berakhirlah dia dengan handphone masih di telinga sambil nunggu kedatangan si mamang di dapur. Teleponnya baru selesai pas bubur Taehyung udah terhidang di meja, dan sambil scroll sosmed siapa tau ada berita terbaru.

Belum selesai dua suapan dia abisin, ada susu anget yang disodorin ke depan hidungnya. Masih ngepul, dan Taehyung diem-diem ngerutuk: kenapa gak makan di kamar aja, juned.

"Mas buatin susu." Lalu kursi di hadapan Taehyung ditarik. "Aneh kalo liat kamu sarapan tapi gak minum susu."

Taehyung kikuk. Kenapa sih momennya dia sama Jeongguk selalu berawal dari dapur.

"O—oh iya, mas. Barusan lagi kelupaan aja," senyum Taehyung, sementara Jeongguk mulai ngebuka plastik sarapannya sendiri. "Makasih ya mas, aku jadi ngerepotin mas Jeongguk jadinya."

Di depannya, Jeongguk tertawa. "Gapapa dek. Susu doang," candanya. Kemudian lipet tangan, terus fokusin pandangan. Suaranya lebih rendah, bohong kalo Taehyung bilang dia nggak tiba-tiba was-was. "Dek, mas boleh tanya sesuatu?"

Untung nggak keselek, soalnya pas Taehyung angkat muka, itu Jeongguk ngeliatinnya super serius.

"Ke—kenapa mas?" tanya Taehyung. Gak sadar dia megang sendok sampe diremet.

"Kemarin ... pas kamu di jurusan, ada yang nyariin kamu gak?"

Taehyung kicep, keinget argumen Jeongguk sama si cewek asing tempo hari. Seingetnya, gak ada sih yang nyariin kecuali temen sekelompoknya yang minta di-emailin hasil ppt terakhir buat diprint sama Sejeong yang nitip bawain kalkulator scientific buat kuis. Selebihnya, normal.

Cowok itu juga gak inget ada liat muka asing di jurusan. Secara jurusan mereka paling ujung, jarang juga dilewatin anak jurusan lain. Jadi, berbekal ingatannya tersebut, Taehyung geleng kepala. Yang disambut anggukan kecil dari Jeongguk.

"Hm, baguslah. Udah gak penasaran berarti." Si senior lalu menyuap sarapannya lagi, sambil lempar pandangan ke arah luar. Cuacanya cerah banget, langitnya terang. "Hari ini ada rencana?"

Naruh gelas susunya, Taehyung geleng lagi. "Gak ada sih mas. Kenapa?"

"Mau main ke arcade? Janji gak sampe sore. Abis makan siang kita pulang," jelas Jeongguk. "Kecuali kalo kamu mau lanjut ke mana lagi gitu."

"Oh—eh boleh mas." Taehyung gak tau sejak kapan pipinya jadi anget. Cuaca lagi gerah banget sih, tapi kok panasnya cuma terfokus ke pipinya aja.

Senyum Jeongguk kecil, tapi dadanya Taehyung sukses bikin pertunjukan marching band. Dugeun dugeun ngeselin, ya Tuhan, kurang-kurangin dong mas gantengnya. Huhu. (Mana dia keinget omongan Jeongguk waktu itu, pula, gimana gak semaput).

Sisa waktu sarapan mereka ditutup dengan Taehyung yang nawarin diri buat cuci-cuci gelas dan sendok, sementara Jeongguk ngeberesin bungkusan makanan. (Tipe pasusu rapi, abis makan beresin). Sampe akhirnya Jeongguk berdiri di sebelah Taehyung; nunggu satu pertanyaan yang udah nangkring di ujung lidah.

Entah Jeongguk punya indra keenam atau apa. Dan Taehyung pun diam-diam butuh konfirmasi langsung dari Jeongguk tepat di depan muka dia.

"Mas? Emang kenapa kalo ada yang nyariin aku?" cicit si junior. Cuciannya udah beres, mereka cuma berdiri sebelah-sebelahan dan pandangan Taehyung juga sibuk ngeliatin busa bekas cuci piring ilang sedikit-sedikit.

Kedua kalinya, tawa Jeongguk mengudara. Dan itu dosa. Karena lucu. Apalagi giginya. Aduh. Taehyung lemah sama yang lucu-lucu.

"Mas tau kamu di situ waktu mas nolak Nayeon," buka Jeongguk—dua-duanya masih fokus pandangan ke arah yang beda. "Mas tau kamu ngibrit ke atas, hampir kepeleset pula, pas Nayeon pulang. Maaf mas gak samperin kamu waktu itu." Terus hening, sampe Taehyung ngerasain sekarang Jeongguk berdiri ngadep ke arahnya. "Hei, liat mas sini."

"Gak mau." Taehyung ngerucutin bibir. "Mas curang."

Jeongguk ketawa lagi—gak capek ganteng apa ya, gusti nu agung.

"Lho, mas curang apa emangnya?"

"Pokoknya aku gak mau liat muka mas. Sebel."

Taehyung nunduk. Jeongguk iseng ngacak rambut si junior.

"Ya udah pokoknya mas cuma pengen bilang. Mas tau kamu udah tau, tapi mas pengen bikin kamu seneng aja. Sebelum nanti mas ngomong langsung ke kamu," ucap Jeongguk, lantas detik berikutnya suasana di antara mereka menghangat. Pun suara Jeongguk yang terdengar lebih deket. "Jadi, kamu sabar ya? Jangan ke yang lain dulu. Mas mau nunjukin banyak hal ke kamu."

Taehyung?

(Karena udah pernah modar, jadinya modar kuadrat).

[✓] Sincerely, Yours • KOOKVTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang