of wednesday afternoon and one worried man

5.2K 757 22
                                    

Yang namanya minggu-minggu ujian, udah jadi langganan kalo ruang serbaguna bakal dipenuhi sama seluruh penghuni kosan. Bahkan, Minho yang jarang pulang aja bakal dengan mudah ditemuin lagi meringkuk di ujung ruangan sambil ngafalin isi buku catatan dan modulnya.

Lain jurusan, lain cara belajar.

Kalau Minho dan Joshua belajar dikelilingin buku modul dan catatan, area belajar Taehyung, Mingyu dan Jeongguk lebih banyak kertas fotokopian soal, satu buku paket tebel ganjelan pintu dan coret-coretan di sana-sini. Dan lain lagi sama Yoongi yang mainannya sama minimal kertas A3 dan peralatan kayak penggaris, jangka, pensil varian dari yang goresannya paling tipis ke paling tebal. Jangan lupa juga selongsong file dia ada tiga sampai empat. Yoongi udah nggak mainan map lagi, karena bakal ribet kalo mesti dilipet-lipet.

Biasanya tiap jurusan dikasih jadwal UTS kira-kira dua minggu—dan konsepnya pun beda. Di jurusan teknik, pengadaan ujian cuma kayak kuis biasa; jadi katakanlah mereka nggak serentak macem ujian pas sekolah. Beda lagi Minho dan Joshua yang jadwalnya tektok. Minggu pertama ujian, minggu kedua buat remedial. (Para dosen yang pesimis anak-anaknya bakal lolos nilai standard di percobaan pertama).

Sebenernya, ngejalanin UTS kayak gini udah bukan surprise lagi buat Taehyung; mengingat dia udah di tingkat tiga. Tapi bedanya, jadwal dia lagi super padet—tiba-tiba ditunjuk jadi bendahara kulap, panitia study excursion buat nanti di tingkat empat, bahan diskusi skripsi dospem, belum beberapa dosen yang mutusin ngubah jadwal UTS jadi tugas jangka panjang.

Intinya; dia kewalahan.

Minggu pertama udah lewat; dan untungnya Taehyung bisa ambil istirahat full satu hari di Sabtu buat balikin energi. Tapi tiba-tiba dia kecolongan salah makan di hari Senin yang berujung kondisinya agak drop dan cuma bisa dibantu dengan full rest lagi.

Which is; fix nggak bisa. Taehyung masih punya jadwal ujian di hari Kamis dan Jumat. Masing-masing satu mata kuliah yang nilai sks-nya tiga. Agak ngerutuk juga, kenapa matkul yang sks-nya gede malah ditaruh di akhir minggu UTS.

Jadi, berbekal minum air putih yang banyak, Taehyung nyeret langkah ke ruang serbaguna kosan selepas dia mandi sore.

Ada satu meja rendah di atas karpet, dan tiga sofa yang ngebentuk letter U. Biasanya, masing-masing Minho dan Joshua ngambil sofa sendiri-sendiri, angkat kaki, terus baca dengan khusyuk. Yoongi milih pake lantai buat ngejembrengin(?) kertasnya. Ruang makan ditag Mingyu dan Jeongguk. Kesisa Taehyung yang nguasain meja rendah.

Karena belum terlalu sore, Taehyung cuma ketemu Yoongi yang lagi tengkurep sama Joshua yang lagi milah-milah modul. Stabilo aneka warnanya bertebaran—bikin seger mata.

Nggak sengaja ngebanting modul perpindahan panas-nya ke meja, Taehyung ngelolosin kalimat maaf pelan. Yoongi cuma ngangguk acuh, sambil bilang: makan dulu dek, ada sisa kimbap banyak tinggal diangetin. Sama Joshua nepuk-nepuk bahu dia sambil masih fokus ke modul.

"Nanti aja bang, barengan yang lain." Taehyung bales pelan; terus lanjut buka materi. Untung aja ujiannya besok siang jam dua. Seenggaknya Taehyung gak perlu ngibrit dari pagi buat rebutan kursi.

Taehyung gak tau berapa lama dia latian soal sama bikin catetan kecil di selembar A4 (biasanya mereka dikasih keringanan buat open catetan satu lembar), tapi di luar mulai gelap dan Yoongi jalan kayak zombie buat nyalain lampu.

Belum ada lagi anak kosan yang pulang sampe sekitar jam tujuh, pager depan didorong. Mingyu teriak dari garasi—guys, gue skip, besok kosong; good luck semuanya!—terus lanjut ke kamar. Tapi ada yang lantas masuk ke ruang serbaguna dan jongko di depan Taehyung.

"Kamu pucet, dek. Udah makan?"

Taehyung angkat mukanya pelan; mungkin saking capek, sekadar ngedip mata pun males. Kering banget kayaknya, sampe perih. Dia geleng kepala, bikin kerutan kebentuk di dahi Jeongguk.

"Udahan ya, kamu istirahat aja."

"Gak bisa mas. Sks-nya tiga. Materinya rumit." Taehyung ngeremet pensil mekaniknya; ujungnya patah gara-gara gerakan tiba-tiba waktu dia frustrasi. "Cuma boleh bawa catetan selembar. Rumusnya panjang semua. Harus liat tabel."

Jeongguk hela napas. Angkat tangan, nyibak poni Taehyung yang mulai tumbuh panjang.

"Mas ajarin, Tae. Tapi kamu tidur sebentar ya?" Dari sana, punggung tangannya turun ke deket leher juniornya, makin dalem kerutan di dahinya. "Badan kamu panas, dek. Istirahat ya, please?"

Kalopun Yoongi atau Joshua denger Taehyung yang mulai breakdown gara-gara stress, mereka milih buat diem dan ngasih privasi. Pun Jeongguk yang akhirnya pindah posisi ke samping Taehyung—masih berusaha ngebujuk cowok itu buat istirahat.

Gak salah dia barusan nanya Sejeong di jurusan; ternyata Taehyung banyak pikiran. Belom lagi anak-anak panitia kulap maupun study excursion yang sama-sama susah diajak kerja bareng. Kalo aja Jeongguk bisa intervensi; sayangnya itu bukan hak dia. Bawa-bawa nama senior sama aja sampah.

Taehyung mulai nurut; keliatan dari gimana dia akhirnya nutup modul dan beberes. Jeongguk udah gak bisa nunggu; di pikiran dia sekarang cuma Taehyung dan istirahat.

"Mas, janji bangunin aku terus belajar." Taehyung masih merajuk sesampainya dia di kamar. Buku-buku udah ditumpuk deket kasur kalau-kalau nanti dibutuhin. Air teh sama bungkusan makanan juga ada di deket situ. "Pusing mas. Anak-anak ngomong semua. Materinya ga jelas sampe mana. Mas Jeongguk kok ada dua?"

"Tidur ya, dek? Janji, nanti mas bangunin."

Antara angguk atau geleng, Taehyung gak tau ngasih jawaban yang mana. Dia keinget lagi ke jaman maba dulu; dimana Jeongguk langsung yang nanganin dia. Sekarang pun, di tengah pening sama mual yang barengan ngerusuh di badan Taehyung, masih Jeongguk pula yang nemenin dia.

"Mas Jeongguk sini aja ya, mas, jangan jauh-jauh." Mata si junior mulai berat lantaran Jeongguk gak berenti mainin rambutnya sambil ngasih pijetan dikit di area mata dan dahi Taehyung—dia masih merengek pusing; jadi Jeongguk harap cara mamanya ini berhasil. Gerakannya pelan; ngebantu rileks. "Jangan pergi ya, mas, janji."

"Iya, Tae, mas janji." Jeongguk ucap pelan, lega waktu akhirnya Taehyung merem juga dan jalan napasnya stabil.

Jeongguk gak bercanda soal ngajarin Taehyung karena selepas mereka bikin susu dan makan kimbap anget di microwave, meja makan bener-bener penuh catetan.

Taehyung gak masalah waktu tidurnya berantakan. Alarmnya tempo hari jam 2.30 sukses ngebangunin dia dan Jeongguk—yang akhirnya ketiduran juga di sebelah kasur Taehyung (yang tanpa rangka dan untungnya full karpet).

Yoongi ama Joshua keliatannya udah balik kamar, soalnya ruang serbaguna udah gelap. Dan karena suasana hening serta perut kenyang, Taehyung lebih gampang ngerti apa yang diajarin Jeongguk.

Pusingnya ilang—Jeongguk sempet bangunin dia sebentar buat nyuapin tiga sendok nasi sekaligus obat sakit kepala. Thank God, manjur dan Taehyung keliatan lebih seger.

Fast forward pas akhirnya tiba waktu ujian, Jeongguk sengaja nemenin Taehyung di plasa. Kelasnya sendiri udah selesai; tinggal janjian sama dospem abis ini, seenggaknya sampe Taehyung masuk kelas.

"Minggu ini jalan ke luar mau?"

Mata Taehyung berbinar; Jeongguk bahkan hampir lupa semalem cowok itu sesenggukan karena capek. "Mau!" pekiknya. "Mau ke mana?"

"Liat besok. Masih rahasia." Jeongguk bales pelan. "Kamu wajib istirahat dulu Sabtu-nya. Gak ada penolakan."

Bibir Taehyung dimajuin.

"Jangan gitu. Kamu lucu. Masnya yang gak kuat."

Taehyung?

Gusti, ada buku tebel buat dilempar gak?

[✓] Sincerely, Yours • KOOKVWhere stories live. Discover now