of hiding away and honesty

4.8K 736 18
                                    

Beberapa hari ini, tepatnya setelah lewat dari minggu ujian, rapat sama panitia kulap dan study excursion yang sama-sama keras kepala ditambah kuriositi dari temen-temennya perihal ia dan Jeongguk, Taehyung ngelakuin satu hal dimana dia paling lihai di bidangnya.

Narik diri. Ngumpet. Sembunyi. Ngusir orang-orang—bahkan Jimin—dari zona nyamannya.

Gak susah. Karena emang pada dasarnya semua lagi sibuk. Jimin dan bang Yoongi sibuk tugas akhir. Sejeong sibuk koordinasi LPJ buat acara serah terima jabatan gak lama lagi; walaupun udah gak di himpunan, anak-anak banyak yang dateng ke dia buat minta bantuan.

Jeongguk? Sibuk bolak-balik dospem. Penelitian tugas akhirnya ngeharusin dia buat stay di lab sampe malem; nunggu hasil. Kadang tiba-tiba pergi ke luar kota buat nyari raw material yang gak ada di ibukota—intinya, nyari langsung di habitatnya atau ke petaninya. Untung aja cuma di kota yang jaraknya dua jam ditempuh pake motor doang (Taehyung gak nyari tau tentang ini, dia cuma inget Jeongguk pernah ngomong).

Jadi intinya, kurang lebih udah dua minggu ini, Taehyung ngumpet dan bener-bener pake waktunya buat sendiri.

Pulang ke kosan pun sedikit harap-harap cemas takutnya anak-anak lagi pada ngumpul di ruang makan. Sebisa mungkin beli makanan pas pulang kampus, celingukan bentar, langsung ngibrit.

Gitu aja kerjaannya.

Giliran kalo papasan, bilang sakit perut atau janji mau nelpon bunda.

Awalnya pada percaya, tapi di satu sore, bang Yoongi bener-bener udah nungguin dia depan tangga. Taehyung ngerutuk. Tau gitu dia pulang malem aja sekalian tadi.

"Masih jadi penghuni kosan sini, dek?"

Jujur. Yoongi itu emang mirip Sejeong; frontal dan to the point. Nyelekit kadang kata-katanya, walaupun Jimin pernah bilang, Yoongi punya soft spot buat dia terlepas dari mereka yang baru kenal pas Taehyung jaman maba dan sekosan.

Si senior berdiri sambil nyenderin bahu kirinya di dinding tangga—keliatan dia gak pergi ke mana-mana seharian. Kaos item ama celana cingkrang ijo army—baru bangun juga kayaknya.

Taehyung gak jawab. Sisi insekuritinya nendang; tapi kepalanya yang udah capek mikir lebih menang. Dia pasang senyum kecil, gak mau berlaku gak sopan depan orang lebih tua.

"Dek, bang Yoongi ngajak kamu ngomong lho ini."

Langkah Taehyung berenti. Dia hela napas berat. Bukan annoyed, lebih ke permohonan supaya Yoongi gak tambah ngelempar beban lagi ke dia.

Taehyung balik badan—gak tau ada apa yang salah sampe muka Yoongi yang tadinya datar berubah panik. Gak nyadar, sampe Yoongi jalan maju dan ngerengkuh Taehyung.

"Hei, dek? Kamu kenapa?"

Geleng-geleng, tapi Taehyung makin ngebikin dirinya kecil—kayak pengen ngumpet di balik badan abangnya buat beberapa waktu. Tabiat Yoongi emang agak keras tapi dia punya sense buat jadi kakak cowok; ya gimana Jimin gak kesengsem.

"Dek? Ayo, ke atas dulu ya?"

"Capek, bang."

Yoongi setia ngusap punggung Taehyung; sedikit dipukpuk. Waktu sesenggukannya makin kenceng, Yoongi gak punya pilihan lain kecuali narik Taehyung ke kamarnya.

Si junior udah gak inget apa-apa dan dia gak peduli. Dia cuma ngebiarin Yoongi yang lantas nyenderin punggung ke dinding belakang kasur, sementara ngebiarin Taehyung tetep ngumpet di pelukannya.

"Tae, kamu kalo ada apa-apa cerita aja, jangan dipendem. Entah ke Jimin, ke bang Yoongi, ke temen deket kamu di jurusan. Yang sering dipendem itu bakal jadi penyakit," jelas si senior. Yoongi sebenernya bukan orang yang bisa menghadirkan afeksi atau kata-kata penenang—dia bahkan amazed sama diri dia sendiri sekarang. "Jimin khawatir katanya chat dia gak kamu bales. Sekalinya bales cuma pendek, atau udah lewat berapa belas jam."

"Maaf ...." Taehyung berucap di bawah napasnya yang pendek-pendek; kaos Yoongi mungkin udah lecek karena dia jadiin pegangan. "Bingung. Gak—tau mau—ng-ngapain. Capek."

Yoongi hela napas, yang bisa dia lakuin sekarang cuma ngebiarin adek kelasnya nangis dan ngeluarin semua uneg-unegnya. Agak keinget tempo hari waktu Taehyung tiba-tiba break down di ruang serbaguna pas minggu UTS. Siapa nyangka mungkin belom sempet dikeluarin semua; dan akhirnya numpuk lagi, bebanin lagi.

Dan kayak yang udah-udah, Taehyung gak tau kapan akhirnya napas dia yang sesenggukan memendek, lalu stabil dan dia akhirnya ketiduran.

Nyadar bahwa figur di pelukannya udah ngilang duluan, Yoongi ngerentangin tangan ngeraih ponsel di meja sebelah kasur. Minimalisasiin pergerakan begitu dirasanya Taehyung keusik, gerak dikit, lalu tidur lagi.

Ibu jarinya gerak cepet di layar ponsel; isinya gak jauh dari nyuruh seseorang buat buruan dateng dan beresin apa pun yang dia mulai.

Yoongi lempar senyum puas begitu balesannya dateng—cepet, karena Yoongi pasang nama Taehyung di awal chat. Taruh ponsel di meja, si senior nunggu sembari istirahatin mata.

Niat awal maksa Taehyung buat cerita; kayaknya bakal ada jalur cepet biar selesai masalah.

Begitu Taehyung buka mata, Yoongi udah ilang.

Posisinya melingker kaya janin, meluk guling dengan selimut quilt-nya ditarik sampe ke bahu. Hangat. Pendingin ruangan emang nyala, dan mereka udah sampe bulan-bulan menuju musim hujan, dimana cuaca juga otomatis lebih sejuk.

Nyaman.

Kalo aja Taehyung gak nyadar dari tadi pucuk kepalanya diusap pelan.

"Mas minta maaf, ya."

Taehyung membelalak; dia baru nyadar yang sedari tadi ngusapin kepalanya itu Jeongguk. Taehyung masih ngira Yoongi yang nemenin, tapi well, disuguhin salah satu oknum yang bikin kepalanya berantakan berhari-hari ke belakang gak nyangka bisa bikin Taehyung ciut juga.

Si junior gak niat ngebales; pun Jeongguk juga keliatannya pengen ngeluarin apa yang dia tahan-tahan.

"Mas punya alesan untuk gak langsung nyatain ke kamu. Dan makasih buat bang Yoongi, ternyata alesan mas itu cukup gak masuk akal." Jeongguk memulai; jemarinya masih anteng nangkring di pucuk kepala Taehyung—sisirin sedikit-sedikit anak-anak rambut yang kerasa kayak rambut bayi. "Mas pengen kamu terbiasa sama mas, sampe akhirnya kita ada di satu jalan, satu pikiran. Mas gak pengen kamu merasa kepaksa nerima pernyataan mas nantinya."

Pengennya, Taehyung menghambur keluar dari selimut, berkacak pinggang depan Jeongguk sambil ngeluarin list panjang tentang gimana perasaan Taehyung selama ini. Diteriakin. Pake loudspeaker kalo perlu.

Apa pun hal yang bikin Jeongguk ragu kalo Taehyung gak punya perasaan apa-apa ke dia bener mesti dimusnahin.

"Kamu berharga, dek. Mas pengen jagain kamu."

Muka Taehyung menghangat, gak sadar dia semakin membenamkan wajah ke guling yang dipeluk. Ngeliat pemandangan itu, Jeongguk menghela tawa.

"Kalo aja kamu tau mas harus sikut-sikutan sama temen mas buat deketin kamu."

Gusti agung; mungkin dari orok Jeongguk tuh diajarin ngomong ngalus kali ya. Demi, kalo Taehyung cuma sendirian di kamar, dia bisa nendang-nendang ke segala arah saking malu dan excited—lebih ke malu, karena pujian dan Taehyung sejak dulu gak pernah ada dalam satu kalimat.

"Tanya Mingyu. Dari Seojoon sampe Minho—bukan Minho kosan ya." Usapan Jeongguk berenti, begitu juga volume suaranya yang merendah; seolah dia pengen pembicaraan ini cuma untuk mereka berdua. "Mas itu posesif, dek. Mas gak suka orang-orang nyentuh, bahkan ngelirik apa yang udah mas milikin."

Taehyung?

Ngumpet di guling.

[✓] Sincerely, Yours • KOOKVWhere stories live. Discover now