TIPS MENULIS #8 : Bagaimana cara promosi yang baik biar gak dianggap lebay?

7.9K 814 131
                                    

Halo temen-temen!

Kamu tahu gak? Hal yang paling aku benci, tapi tetap harus dilakukan dalam menulis adalah PROMOSI!

Sebagai penulis, aku hanya ingin menulis, menyalurkan ide-ide gila yang ada di kepalaku. Kadang ide-ide gila itu selalu berterbangan datang dan pergi dengan cepat kaya kupu-kupu! Harus cepet-cepet ditangkep atau bakal hilang selamanya :(

Namun, promosi juga penting. Apa lagi kalau mau nerbitin buku. Meskipun bukumu mau diterbitin penerbit besar, kamu tetap harus promosi sendiri. Kamu pikir mereka akan terus terusan mromosiin buku kamu sampai best seller? NOOO. Kamu salah besar. Kenyataannya adalah kamu harus promosiin bukumu sendiri. Mereka memang akan membantu mempromosikan bukumu, tetapi SNI hehe standar aja gitu. Kalau kamu sudah punya peminat, atau namamu sudah besar kaya Ria Ricis, baru mereka akan memberikan effort lebih.

Terus gimana caranya promosi yang baik biar gak dianggap lebay? Hehehe

Sebelumnya aku mau bilang terima kasih dulu buat @ShalysChan___ yang sudah menanyakan topik ini. Yuk langsung aja kita bahas!

1. Jangan pernah ngemis-ngemis minta dibaca atau feedback.

Kualitas lebih baik daripada kuantitas. Lebih baik memiliki 100 peminat asli, pembaca yang benar-benar terpikat sama cerita kamu daripada 1000 pembaca palsu yang hanya mampir ke cerita kamu hanya karena feedback.

2. Terjadwal

Buatlah jadwal rutin untuk promosi di medsos kamu atau platfrom kamu. Pilih jadwal yang membuatmu nyaman dan inget, harus rutin ya! Pembaca akan melihat keseriusan kamu dari kedisplinan kamu :)

3. Pembacamu manusia juga! wkwkwk

Usahain jangan pake kata-kata google translate saat promosi ya. Menggunakan kata yang baku itu wajib, supaya kamu keliatan kompeten, tapi please, relax! hahaha mereka manusia juga loh. Gunakan kata-kata yang relatable. Contoh misalnya cerita kamu tentang patah hati, kamu bisa awali promosi kamu dengan... "Pernah patah hati?" atau "Dikhianati emang sakit ya..."

4. Cuma nge-share link di medsos atau di timeline wattpad.

Aku bener-bener gak ngerti itu maksudnya apa wkwkwk

Mungkin nanti ada orang yang salah ngira bahwa link kamu adalah link yang lain. Wkwkwk

Sapa calon pembaca kamu dengan ramah, janjikan mereka sesuatu yang bagus setelah membaca cerita kamu, dan sekali lagi ingettt jangan minta feedback, please!

5. Bagikan quote menarik dari cerita kamu.

Aku punya akun instagram buat ceritaku Mia is Mine! nama akunnya @miaismine93

Aku punya akun instagram buat ceritaku Mia is Mine! nama akunnya @miaismine93

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kalo kamu belum follow, follow sekarang ya! Ada banyak quotes menarik loh, plus, kamu akan selalu dapet notifikasi setiap aku update hal-hal yang berkaitan tentang Mia is Mine! kayak rilis part baru, giveaway atau pas rilis jadi novel nanti :) Jad...

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kalo kamu belum follow, follow sekarang ya! Ada banyak quotes menarik loh, plus, kamu akan selalu dapet notifikasi setiap aku update hal-hal yang berkaitan tentang Mia is Mine! kayak rilis part baru, giveaway atau pas rilis jadi novel nanti :) Jadi kamu gak akan ketinggalan info :D

Oke, kayaknya itu aja dulu deh... Barangkali ada yang mau nambahin atau tanya-tanya, silahkan ketik di kolom komentar! Aku selalu suka menjawab pertanyaan kamu! :D

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com.

Link di bio dan di kolom komentar :)

See ya!

Dengarkan laguku di youtube channel ini:

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULISTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang