Perbandingan SMK dan SMA

1.1K 118 23
                                    

Oke buat adek-adek yang Ababil (ABG labil) atau bisa dibilang dedek gemesku yang masih duduk dibangku SMP dan ada rencana buat lanjut pendidikan di tingkat SLTA, mungkin sebagian diantara kalian masih bimbang soal menentukan pilihan, ya kan?

Mesti kalian punya gambaran soal langkah kalian ke depan. Enaknya lanjut di SMA atau SMK ? Terus kalian sebenarya udah tau perbedaan SMA sama SMK belum sih?

Yang udah tau jangan syombong wkwk, yang belum tau aku kasih tau ya perbedaannya. Yang pertama udah jelas tulisannya beda, SMA dan SMK. SMA singkatan dari Sekolah Menengah Atas, sedangkan SMK adalah singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam arti luas dijelaskan bahwa di SMA para siswanya ditekankan untuk memahami sebagian besar teori dibandingkan praktek, dan sebaliknya bagi siswa SMK, mereka lebih banyak menerima praktek lapangan disamping teori yang mereka terima.

SMA dan SMK merupakan jenjang sekolah yang serupa, namun tak sama. Jadi untuk adek-adek yang ingin lanjut ke SLTA silahkan dipikir kembali, minatnya dimana? Bakatnya dimana? Itu perlu sayang, jangan lupa minta pendapat orang tua juga untuk segala sesuatu yang ingin kamu lakukan ya.

Oh iya perlu kalian ketahui dek, biasanya untuk lulusan SMK itu kalo lulus udah punya skill yang mumpuni sesuai bidangnya, jadi gak heran kalo anak SMK setelah lulus memilih untuk langsung kerja sekalipun ada beberapa yang memilih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi juga.

Beda dengan anak SMA, rata-rata mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi, hanya beberapa yang memutuskan untuk langsung bekerja. Jadi semua itu terserah kalian, mau kalian anak SMA, SMK, Aliyah atau sejenisnya terserah dek. Bagaimana udah ada gambaran untuk melanjutkan sekolah kalian tidak?

SMAOnde histórias criam vida. Descubra agora