|7|- Puncak Perayaan HUT Jogja

41 12 34
                                    

Awali membaca dengan pertanyaan dariku ....

Haha enggak, awali dengan basmalah dan ASSALAMUALAIKUM semua!

Oke ini pertanyaanku ....

Siapa yang tahu Jogja Java Carnival?

Siapa yang udah pernah nonton?

Ada yang menjadi salah satu dari bagiannya?

Kalau aku belum pernah nonton, hihi. Tapi kalau festival lain sudah, udah lama banget tapi. Waktu itu di Malang, 12 atau 13 tahun yang lalu. Lama banget kan ya? Kayaknya festivalnya itu digelar pas acara china-china gitu (ada naga apa itu loh yang merah-merah).

Di sekolahku setiap hari pahlawan juga ada perayaan (tapi aku belum sempat nonton, malam soalnya, mana jauh lagi, dan... malas juga, hiks!).

Yok buat kalian yang suka acara kaya gini, sebutkan festival apa saja yang sudah pernah kamu tonton! (Kasih tahu daerahnya juga ya, biar sama-sama belajar.)

|JOGJA JAVA CARNIVAL|

Jogja Java Carnival atau JJC merupakan karnaval besar-besaran yang diselenggarakan di jalan utama Jogjakarta dari Taman Parkir Abu Ali sampai dengan Alun-alun Utara melewati Malioboro. Saat karnaval berlangsung, seluruh akses menuju Malioboro akan ditutup. Sehingga kalau mau nonton di Malioboro harus jalan kaki ke tempatnya. Sepanjang rute perjalanan festival akan dihiasi dengan tatanan lampu dan suara yang tentu saja epic. Soal keamanan banyak yang menjaganya, tapi kalau pada enggak patuh, kasian juga petugasnya.

Acara ini berbentuk street performance yang menampilkan puluhan komunitas seni berbakat, baik dari Jogjakarta maupun daerah lain, juga dari beberapa negara lain. Negara lain yang ikut serta dalam JJC ini adalah Libanon, Thailand, dan Korea Selatan. Jadi bisa dikatakan Jogja Java Carnival ini festival internasional.

Festival ini diselenggarakan sebagai acara puncak sekaligus penutup hari ulang tahun Jogjakarta yang berdiri sejak tahun 2008. HUT Jogja sendiri pada tanggal 7 Oktober, tetapi biasanya acaranya digelar satu minggu setelahnya, enggak tepat pada bertambahnya usia Jogja.

 HUT Jogja sendiri pada tanggal 7 Oktober, tetapi biasanya acaranya digelar satu minggu setelahnya, enggak tepat pada bertambahnya usia Jogja

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

[Pict from google]
(Sepertinya ini di nol km)

Acara ini bisa dikatakan alternatif yang efektif untuk sarana promosi pariwisata Jogja, telah terbukti, acara ini mampu memikat puluhan ribu pengunjung dari dalam daerah maupun luar daerah, dan bahkan dari luar negeri.

Festival akan dimulai pukul 19.30 WIB, tetapi sebelumnya ada pawai yang diawali dengan rombongan pelajar berprestasi yang membawa berbagai jenis piala dan plakat.

Selanjutnya akan ada prajurit bergada yang merupakan tiruan dari prajurit Keraton Jogjakarta, mereka ini berfungsi sebagai pembuka jalan (awal dari festival) atau disebut dengan cucuk lampah.

OBSERVA-SI JIWAWhere stories live. Discover now