|14|- yang Memandang Keindahan

17 2 0
                                    

Oh sungguh enaknya manusia yang punya hobi dan bisa tlaten ngembanginnya. Apalagi kalau didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Aduh apaan sih.

Suka bingung kalau ditanya hobimu apa, soalnya yakali kujawab nonton film sambil rebahan, kan enggak bagus banget.// nangis ㅠㅠ

Oke, sudahlah. Kusudahi curhatnya, sebelum aku berlanjut mengatakan bahwa aku anak IPA yang pengen lanjut kuliah jurusan Sastra Indosesia, DKV, Tataboga, Desain Interior, dan Seni. Lupakan! SOSHUM SEMUA GILA!

Okey disini aku akan menyajikan riset tentang hobi atau bakat atau keterampilan. Sebelumnya aku akan menjelaskan arti dari hobi, bakat, dan keterampilan menurut KBBI. Hobi: kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Bakat, aku bingung jelasinnya, tapi kalau berbakat: mempunyai dasar kepandaianyang dibawa sejak lahir; berpembawaan. Keterampilan: kecakapan untuk menyelesaikan tugas.

Baiklah, kali ini aku punya tiga materi untuk topik ini. Melukis untuk hobi; bermain musik untuk bakat; menjahit untuk keterampilan.

||MELUKIS||

Melukis, menurut kalian, melukis termasuk seni rupa dua dimensi atau tiga dimensi?

Kalau menurutku, melukis bisa dikatakan dua dimensi dan tiga dimensi, tergantung media yang dipakai. Hihihi

Melukis mempunyai keterkaitan dengan menggambar. Oleh karena itu kujelaskan arti menggambar secara umum ya. Menggambar adalah aktivitas memindahkan objek ke dalam media dua dimensi secara visual dengan ukuran dan ketepatan yang akurat atau mendekati akurat, tetapi tidak melibatkan ekspresi dan emosi.

Sedangkan melukis adalah kegiatan mengolah objek, ide, ekspresi dan juga emosi dengan penciptaan suatu keindahan dalam menggabungkan warna serta goresan kedalam media sehingga menggasilkan karya visual yang dapat dinikmati keindahannya.

Singkatnya, perbedaan keduanya terletak pada ekspresi, ide, dan emosi yang dituangkan dalam berkarya.

Melukis memiliki unsur umum, diantaranya adalah titik, garis, bidang dan bentuk, tekstur, warna, gelap terang, dan kedalaman.

Bahan dan alat yang digunakan untuk melukis secara umum meliputi:

Pensil. Jenis pensil dibedakan berdasarkan tingkat kehitaman karbonnya. Untuk kode B, 2B, 3B sampai 6B merupakan jenis pensil yang lunak dan hitam, cocok untuk menggambar nih. Untuk kode H, 2H, 3H, sampai 6H jenis pensilnya keras, dan sering digunakan untuk menghambar proyeksi. Ada juga pensil aranv atau contee, pensil ini sejenis arang halus dan pekat, sehingga sulit untuk dihapus.

Penghapus, untuk menghapus kesalahan lah. Atau biaa juga untuk memberi kesan gelap terang.

Pena, alat gambar untuk media tinta.

Tinta bak atau disebut juga dengan tinta cina. Warnanya hitam dan sangat pekat, waterproof gais. Kemasannya ada yang berbentuk cairan ada juga yang berbentuk balok, jadi perlu dicairkan dulu. Kalo ngomongin yang balok jadi inget mbak IU main di Moon Lovers pas nggambar \^O^/ buat ngebalas puisinya si anu siapa lupa.

Lanjuut.

Pewarna. Pastel dan krayon, fisiknya hampir sama, tetapi aslinya mereka beda loh. Pastel memiliki jejak warna yang tajam dan lekat pada media gambar. Sedangkan krayon lebih mengkilap dan keras jika untuk mewarnai.

Cat. Cat air dan car minyak. Perbedaannya terletak pada basis pengencerannya, sudah terlihat dari nama barangnya sendiri, kan. Cat air bersifat trasparan, dan cat minyak sifatnya tajam, mudah kering, dan tahan lama.

OBSERVA-SI JIWAOnde as histórias ganham vida. Descobre agora