|15|- Guru Sanggar Tari

24 3 1
                                    

Kali ini aku ngambil topik profesi, dan kenapa tari? Kenapa tari nggak masuk hobi aja?

Jadi, yang kubahas itu gurunya, pengajar, yang menari di acara-acara tertentu dan dapat bayaran gitu loh. Di sekolah pasti ada dong guru seni tari, nah, semacam itulah.

||PENARI||

Menurut KBBI, penari adalah orang yang pekerjaannya menari. Dan menari adalah memainkan tari (menggerak-gerakkan badan dan sebagainya dengan berirama dan sering diiringi dengan bunyi-bunyian). Penari memiliki tugas untuk menyampaikan gerakan dan bahasa tubuh dalam memerankan karakter dalam suatu cerita agar penonton paham apa sih yang sedang disampaikan. Pertunjukannya biasanya secara langsung diatas panggung atau bisa juga melalui rekaman televisi maupun video

Penari dikategorikan sesuai dengan alirannya, seperti tari balet, tari modern, tari kontemporer, dan tari tradisional. Untuk profesi yang terkait dengan tari adalah dancer, penari kreasi, penari balet, penari solo, seniman pertunjukan.

Gaji seorang penari tentu berdasarkan kemampuan, ketenaran, dan tempat tinggal si penari. Kurang lebih dua juta sampai empat juta dalam sebulan lah.

Seorang penari dituntut agar memiliki tubuh yang lentur dan memiliki keseimbangan yang bagus, karena apa? Karena mereka harus bisa menguasai gerakan-gerakan yang sulit untuk diperagakan. Konsumsi makan makanan yang bergizi juga diperlukan, dan jangan lupa olahraga. Daya tahan tubuh besar sangat penting, sebab menari merupakan kegiatan yang melelahkan.

Hal penting lainnya yang harus dimiliki seorang penari adalah kreatifitas. Dengan kreativitas seorang penari dapat menampilkan tarian dengan unik dan menarik, sehingga banyak orang yang terpikat dengan tariannya. Dan dengan kreatif pula, seorang penari tidak akan memplagiat tarian-tarian yang sudah ada.

Gerakan saat menari harus tepat sesuai dengan ketukan dari irama atau penggiring tarian, jadi pendengarannya harus masih sehat ya dan koordinasi gerakan harus baik agar terlihat kompak dan oadi saat diatas panggung.

Kebanyakan guru tari itu sudah tua, pendengarannya mungkin sudah bermasalah, tapi mungkin juga beliau sudah hafal setiap gerakan dengan waktu yang tepat.

Agar menjadi penari profesional dan dapat manggung dimana-mana dan menjadi terkenal dan wahhh pokoknya, maka ada hal-hal umum yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.

Berlatih, tentu saja, dengan mengikuti kelas tari atau studi tari (D3 S1 S2) akan meningkatkan kemampuan dalam menari.

Dapat mengatur harmonisasi gerakan tubuh sesuai dengan iringan tarian. Harus cantik pokoknya, meliuk-liuk.

Berkolabirasi dengan penari lain atau koreografer yang bertujuan agar memperindah atau memodofikasi tarian. Dengan berkolaborasi pula, maka penari akan mendapatkan lingkungan baru dan dituntut agar dapat beradaptasi dengan baik. Kemampuan membuat gerakan tari baru pun tambah banyak.

Mempelajari berbagai jenis tarian. Jika penari tradisional dari Jogja, maka jangan hanya belajar tarian Jogja, juga perlu berlatih tarian dari daerah lain, Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua, Bali, dan lain sebagainya. Ajar semua! Jangan kasih kendor! Kalo penari modern, jangan takut belajar hal baru, makan tarian kontemporer, balet, dance macam idol-idol itu. Pokoknya jadi yang apa-apa bisa!

Mengasah keterampilan-keterampilan lain yang dapat mendukung karier dalam menari, misalnya membuat portofolio dan cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar.

Kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki seorang penari adalah sebagai berikut.

Kestabilan lengan dan tangan, yaitu kemampuan untuk menjaga tangan dan lengan tetap stabil ketika bergerak dalam menari atau ketika memegang lengan dan tangan dalam satu posisi.

Koordinasi tubuh yaitu kemampuan untuk mengkoordinasikan gerakan lengan, kaki, dan badan secara bersamaan pada saat seluruh tubuh bergerak.

Koordinasi anggota-anggota tubuh, yaitu kemampuan untuk mengkoordinasi dua atau lebih anggota tubuh ketika dalam posisi duduk, berdiri, atau berbaring. Hal ini tidak termasuk melakukan aktivitas saat seluruh tubuh sedang bergerak.

Daya tahan tubuh, yaitu kemampuan untuk menggunakan seluruh kekuatan fisik tubuh dalam jangka waktu yang panjang tanpa merasa kehabisan napas dan tenaga.

Orisinalitas, yaitu kemampuan untuk mendatangkan ide yang tidak biasa terhadap situasi yang diberikan. Tujuannya untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.

Keseimbangan tubuh, yaitu kemampuan untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika berada pada kondisi yang tidak stabil.

Dalam artikel yang kujumpai, ada wawancara dengan seorang penari asal Jawa Timur yang sudah gemar menari sejak kecil. Namanya adalah Lingga. Btw, nanti nama tokohku juga Lingga, tapi bukan nyomot dari nama mbaknya ini ya, aku sudah membuat nama Lingga dati jauh-jauh hari.

Jadi kata Lingga,

"Dulu selalu seneng banget kalau diajak tari sama kakak. Meskipun di acara sekolah lepas pisah saja. Tapi sudah bangga dan seneng."

"Waktu saya SMP dan pertama kali ikut sanggar, saya semakin tertarik buat menari."

Dan 2019 yang lalu di usianya yang ke 18 tahun, Lingga mengikuti seleksi penari se-Jawa Timur dalam ajang duta penari Jawa Timur 2019 di Taman Candrawilwatika. Dan Lingga masuk kedalam 15 penari terbaik.

"Ada rasa bangga tersendiri bisa ikut dan berproses menari dengan beberapa orang baru."

Jadi apapun yang dilakukan dengan tlaten dan bersungguh-sungguh, maka hasilnya pun tidak akan berbohong. Entah itu di hobi maupun profesi.

Pesanku, ayok kembangin bakatmu sampai hal yang kamu sukai itu menghasilkan uang untuk kehidupanmu.

DAFTAR PUSTAKA

http://kinibisa.com/profesi/detail/hukum/subdetail/penari/read/penari

https://radarjember.jawapos.com/berita-daerah/jember/02/01/2020/bangga-dan-senang-berproses-untuk-mahir-menjadi-penari-tradisional/

https://rencanamu.id/profesi/seni-dan-desain/penari

OBSERVA-SI JIWAWhere stories live. Discover now