Tumbuhan-

92 12 63
                                    

Si Kembar Cantik Tapi Tak Sama

Si Kembar Cantik Tapi Tak Sama

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

(Pinterest)

Tanpa scroll kebawah, bisakah kalian sebutkan nama dari bunga di atas?

Kalau ngeyel scroll, nih aku kasih clue, tumbuhan di atas merupakan tumbuhan jenis bunga/ Magnoliopsida yang hidup di air. Segitu saja clue nya ya..

Berdasarkan tempat hidupnya, tanaman bisa dibagi ke dalam 3 jenis yaitu, sebagai berikut

• Hidrofit yakni tanaman yang hidup di lingkungan berair

•Xerofit yakni tanaman yang hidup di lingkungan kering, serta

• Higrofit yakni tanaman yang hidup di lingkungan lembab.

Nah, dari ketiga pengelompokan tanaman berdasarkan lingkungan hidupnya, kalian pasti lebih sering mengidentifikasi dan mengenali tanaman yang biasa hidup di lingkungan kering atau di tanah lembab bukan? Lalu, bagaimana dengan tanaman yang hidup di air? Apa kalian pernah memperhatikannya?

Hidrofit atau tanaman yang hidup di lingkungan berair mempunyai ciri-ciri di antaranya yakni memiliki kutikula yang tipis, strukturnya yang kurang kaku, daunnya rata-rata berbentuk datar, mempunyai akar yang ringan, serta stomata terbuka.

Sebetulnya banyak sekali tanaman yang termasuk tanaman hidrofit, namun yang akan aku bahas sekarang adalah dua tanaman yang sering disangka sama padahal tidak.

Ya, seperti aku yang sering dibilang mirip dengan Isyana Sarasvati padahal mah berbeda. Jauhhhhhh.

Tidak sedikit yang mengira bahwa teratai adalah lotus. Namun, gaes sesungguhnya teratai dan Lotus adalah dua jenis bunga yang berbeda.

Teratai dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan 'Water Lily' sedangkan 'Lotus' adalah sebutan internasional untuk bunga Seroja.

Mari kita mulai berkenalan dengan silsilah keluarganya.

Lotus atau Seroja adalah spesies tumbuhan air tahunan dari genus Nelumbo yang berasal dari India dan mempunyai nama latin Nelumbo nucifera Gaertn.

KLASIFIKASI LOTUS

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Proteales
Family : Nelumbonaceae
Genus : Nelumbo
Spesies : N. Nucifera

KOMPOSISI UNTUK SEBUAH KISAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang