Gagal Ginjal Tidak Boleh Gagalkan Hidupmu

31 9 9
                                    

Jika sepeda bisa rusak karena pemakaian oleh sang pemilik sepeda, begitupun tubuh manusia.
Jika motor kehabisan bensin, tentu saja tak akan bisa motor berjalan, begitupun tubuh manusia ketika kekurangan air akan terjadi dehidrasi
Sepeda dan motor rusak dan bermasalah karena ciptaan manusia. Bagaimana dengan ciptaan Tuhan.
Ketika tubuh manusia tidak atau kurang dirawat oleh si pemilik tubuh, pastilah masalah di tubuh akan timbul. Mulai dari masalah ringan, seperti masuk angin karena tidak sarapan, sampai masalah yang berat seperti kanker atau kegagalan anggota tubuh bekerja, contohnya adalah gagal ginjal. Gagal ginjal termasuk dalam masalah yang diderita anggota tubuh yang terhitung serius. Apa itu gagal ginjal?

Gagal ginjal adalah kegagalan fungsi pada ginjal di tubuh manusia. Gagal ginjal terbagi dua, yaitu gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut. Baiklah, yang akan dibahas pada artikel ini adalah gagal ginjal kronis.

Gagal ginjal kronis (GGK) adalah kerusakan fungsi ginjal dan perkembangannya menurun secara bertahap

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Gagal ginjal kronis (GGK) adalah kerusakan fungsi ginjal dan perkembangannya menurun secara bertahap. Kerusakan ini banyak macamnya, seperti kelainan jaringan, komposisi darah, dan urine atau tes pencitraan ginjal, yang dialami lebih dari tiga bulan. ESRD atau gagal ginjal akhir akhir timbul jika tidak segera dilakukan tindakan pengobatan, yaitu setelah terjadinya penumpukan limbah tubuh, cairan, dan elektrolit yang bisa membahayakan tubuh jika tanpa dilakukan penyaringan buatan (dialisis/cuci darah) atau transplantasi ginjal. Sebenarnya,banyak pengibat yang tidak meyadari pengakit ini di tubuhnya, karena pada umumnya tidak menimbulkan gejala. Gejala akan datang pada Gagal Ginjal Kronis stadium lanjut. Adapun gejala-gejala tersebut seperti, sesak napas, mual, kelelahan, mengalami pembengkakan pergelangan kaki, kaki, atau tangan karena terjadi penumpukan cairan pada sirkulasi tubuh, sesak napas, serta munculnya darah dalam urine.

Dalam jurnal Fakultas Kedokteran Unand disebut denngan Penyakit Ginjal Kronik atau PGK. PGK adalah suatu gangguan pada ginjal ditandai dengan abnormalitas struktur atau fungsi ginjal yang berlangsung lebih dari 3 bulan. 

Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Seagaimana diketahui bahwa ginjal berfungsi menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah sebelum dibuang melalui cairan urine. Ginjal juga memiliki berbagai fungsi lain yang tidak kalah penting, yaitu:

Satu, Mengatur kadar bahan kimia dalam tubuh, sehingga membantu jantung dan otot agar bekerja dengan baik.
Dua, Membantu mengatur tekanan darah.
Tiga, Memproduksi zat sejenis vitamin D yang menjaga kesehatan tulang.
Empat, Memproduksi hormon glikoprotein disebut erythropoietin yang membantu merangsang produksi sel-sel darah merah.

Beberapa kondisi, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal kronis. Dalam jangka panjang, kondisi-kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal, sehingga fungsi ginjal menurun.

Gejala-Gejala Yang Dialami Saat Gagal Ginjal Kronis

Adapun gejala-gejala yang dirasakan pada penderita adalah hal umum yang bisa terjadi pada orang pada umumnya yang tidak mengidak penyakit ini, namun memang inilah gejalanya. Untuk memastikan, maka harus dilakukan dengan serangkaian pemeriksaan medis. Berikut gejala gagal ginjal kronis:
Lebih sering ingin buang air kecil, terutama di malam hari.
Kulit gatal.
Adanya darah atau protein dalam urine yang dideteksi saat tes urine.
Kram otot dan kejang otot.
Kehilangan berat badan.
Kehilangan nafsu makan.
Cegukan.
Kelelahan atau merasa lemah.
Menurunnya ketajaman mental.
Tekanan darah yang sulit dikendalikan.
Penumpukan cairan yang mengakibatkan pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, atau tangan.
Nyeri pada dada, akibat cairan menumpuk di sekitar jantung.
Sesak napas.
Mual dan muntah.
Gangguan tidur.
Disfungsi ereksi pada pria.

Faktor Resiko Gagal Ginjal

Notes Of MineTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang