International Food : Avocado Toast

5 1 0
                                    

Assalamualaikum....

Selamat malam semuaa.

Alhamdulillah kembali lagi tanganku di nulis non-fiksi di Raws Authorship. Artikel ke-14 yang akan ditulis adalah tentang International Food atau makanan internasional. International Food yang sangat menggiurkan untuk dibahas dan mengundang lidah untuk mencicipi adalah Avocado Toast. Hmmm... nulisnya aja aku udah ngiler. Coba kita lihat gambar di bawah ini yaa...

Baiklah, sebelum kubahas bagaimana bentuknya si makanan menggiurkan ini dan bagaimana mendapatkannya serta membuatnya, akan kuuraikan dulu sedikit mengenai si buah hijau muda kaya manfaat ini. Avocado Toast itu terdiri dari dua kata Avocado and Toast. Makanan ini kuartikan ke dalam Bahasa Indonesia yaitu Alpukat Panggang. Betul tak? Betul, ya kayaknya. Tapi, let's see apa sesungguhnya itu.

Kulit luar agak sedikit keras, agak hijau tua dan daging buahnya berwarna hijau muda. Rasanya tidak manis, tapi enak rasanya. Hehehhe...

Alpukat atau avocado dengan nama latin Persea Americana adalah salah satu buah yang sangat dikenal dan popular di kalangan semua usia dan memiliki kandungan lemak tinggi. Tidak hanya rasanya yang enak, tapi buah ini sangat digemari karena nutrisi. Dari nama latinnya sudah istilah "Americana", kita pasti sudah menduga dan menyangka bahwa buah ini asalnya dari Amerika. Ya. Betul sekali. Alpukat berasal dari Amerika Latin. Mulai dikenal di Indonesia, dibawa oleh Hindia Belanda sekitar tahun 1920-1930. Belanda saat itu membawa alpukat ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan lemak masyarakat yang tinggal di pegunungan. Dalam (sekitar 50 gram) mengandung 80 kalori, 8 gram lemak, 4 gram karbohidrat dan sekitar 1 gram protein. Selain itu berbagai macam vitamin seperti C, B6, E dan K terkandung dalam buah alpukat ini. Diketahui juga bahwa alpukat kaya akan mineral penting seperti magnesium dan potassium.

Baiklah, kita lihat list di bawah ini kandungan apa saja yang terdapat dalam buah alpukat :

Vitamin B5: Membantu menurunkan tingkat stress, meringankan rasa sakit dari arthiritis dan kolesterol tinggi.Vitamin B6: Membantu treat diabetes, pendarahan menstruasi, insomnia, dan morning sickness juga car sickness.Vitamin E: Memiliki anti-aging properties dan mendorong perawatan kulit alami.Vitamin K: Membantu mencegah terjadinya internal bleeding, biliary obstruction, dan osteoporosis.Vitamin C: Membantu meringankan dalam beberapa kelainan mata (eye disorders), kolesterol, dan penyakit jantung.Folat/Folate: Membantu perbaikan dan fungsi DNA.Potassium K: Membantu meringankan stroke dan tekanan darah tinggi.Omega-9 Fatty Acid: Melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh.Omega-6 Fatty Acid: Memegang peranan yang krusial dalam fungsi otak.

See, banyak banget, kan? Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini apalagi sampai meremehkannya. Tapi, konsumsilah dengan secukupnya, seperlunya, dan dalam porsi normal. Karena jika over konsumsi maka tidak baik pula bagi tubuh. Upayakan untuk mengonsumsinya dengan dosis tidak berlebihan dan lakukan secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

t atau roti panggang alpukat, terdiri dari roti panggang dengan topping alpukat yang diiris tipis atau dilumatkan di atas roti tersebut. Bisa disajikan dan dinikmati sebagai open sandwich ataupun satu tangkup sandwich.

Tentu saja buah alpukat yang menjadi bahan utama mengandung lemak sehat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ada beragam jenis alpukat di pasaran. Alpukat bulat kecil dari Sukabumi atau bulat panjang dari Sulawesi. Satu hal yang penting adalah pilih buah alpukat tua, masak agar rasanya tidak pahit.

Mengenai jenis roti untuk bisa disesuaikan dengan selera. Roti tawar putih, roti tawar cokelat, brioche atau jenis roti tawar lainnya. Pilih roti yang segar dan potong setebal 2 cm. Kemudian ikuti tahapan berikut ini untuk membuat Avocado Toast. Karena membuat roti panggang ini sangatlah mudah dan simple. Ada pula roti panggang alpukat dengan variasi lain, yaitu memakai paduan telur ayam yang kaya protein.

Alpukat lumat

Pilih 1 buah alpukat yang sudah masak agar tidak ada rasa pahit. Keruk daging buahnya dan taruh dalam wadah. Tambahkan 1 sdm air jeruk lemon/nipis, 1/4 sdt merica hitam bubuk dan 1/2 sdt garam. Aduk sambil lumatkan daging buah alpukat hingga agak halus.

Roti panggang

Lubangi bagian tengah roti dengan cookie cutter atau tutup botol. Olesi mentega, taruh dalam wajan panas dan gunakan api kecil. Pecahkan 1 butir telur di bagian lubang roti. Tutup wajan dan biarkan hingga telur beku. Angkat. Lakukan hal serupa pada 1 lembar roti lainnya.

Oles alpukat lumat

Olesi pinggir roti dengan alpukat lumat hingga kelilingnya tertutup alpukat lumat. Letakan telur diatasnya, kemudian taburi telur dengan merica dan sedikit garam, jika suka. Sajikan segera.

Variasi lain

Jika ingin sajian Avocado Toast yang lain, telur ayam bisa direbus setengah matang lalu dibelah dua. Atau buat jadi poached egg dan taruh sebagai topping. Selain dilumat alpukat bisa diiris tipis. Avocado toast juga bisa dinikmati dengan tambahan berry cream. Atau mungkin classic avocado toast, dimana hanya ada roti panggang dan alpukat yang telah halus karena lumatan.

Coba buat, yuk

http://blog.duniamasak.com/varian-avocado-toast/

https://health.kompas.com/read/2020/07/05/133300668/10-manfaat-alpukat-untuk-kesehatan?page=all

https://food.detik.com/info-kuliner/d-3702898/yuk-bikin-5-kreasi-avocado-toast-yang-praktis-dan-enak-ini

http://indonesiabaik.id/infografis/alpukat-buah-nikmat-kaya-manfaat



Notes Of MineWhere stories live. Discover now