Pattisiere

14 2 5
                                    

Pernah mendengar tentang istilah ini? Pattisere
Agak aneh di lidah dan dibaca.
Kita cari tahu disini, yuk
Patisiere adalah sebuah sebutan untuk seorang pembuat kue khas Eropa. Ini adalah sebutan khusus bagi mereka. Kue yang mereka buat bukan kue biasa, tetapi special, seperti kue tart, mousse (bukan tikus, ya. Hehe), kue kering dan sebagainya. Kita mengenal tentang pastry yaitu semacam kue atau cake. Oleh karena itu, patisiere diidentikan dengan pastry chef, yaitu chef yang khusus untuk membuat kue.
Kenapa saya menyebut bahwa kue yang dibuat bukanlah kue biasa, melainkan kue yang spesial? Karena untuk bisa menjadi seorang patisiere, kita harus menempuh dan mengenyam pendidikan khusus dan beberapa ujian dari lembaga-lembaga terkait. Le Cordon Bleu Cullinary Arts Institute Sidney, Australia Membuat kue untuk seorang patisiere tidak bisa dilakukan dengan sembrono  dan asal. Ketelitian yang tinggi dan jiwa seni yang baik sangat dibutuhkan oleh seorang patisiere. Detail pula sangat penting untuk mereka agar bisa menghasilkan kue yang baik, bagus, dan memuaskan. Selain harus memiliki dua keahlian di atas, seorang patisiere harus mampu menciptakan resep, mempresentasikan serta mempertanggungjawabkan kue hasil kreasinya. Kue yang dihasilkan tidak hanya enak, tetapi juga memiliki teknik tersendiri. Perlu diketahui, bahwa patisiere pintar dan jeli memilih bahan-bahan terbaik, tidak abal-abal untuk menghasilkan kue yang lezat.

 Perlu diketahui, bahwa patisiere pintar dan jeli memilih bahan-bahan terbaik, tidak abal-abal untuk menghasilkan kue yang lezat

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Pembagian Patisiere
Menurut spesialisasi makanan, patisiere dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :

Boulanger (baker), yaitu seorang chef pastry yang khusus membuat roti, kue, dan breakfast pastries;

Confiseur (confectioner), yaitu  pastry chef yang khusus membuat permen dan petit fours;

Decorateur (decorator), yaitu patisiere yang  bertanggung jawab membuat kue khusus yang cantik;

Glacieur (glacier), yaitu patisiere yang khusus bertanggung jawab membuat makanan dingin dan desserts beku, contohnya : es krim.
Yang wajib diketahui bahwa biasanya profesi patisiere berkarier sebagai chef pastry di hotel, restoran, café.

Terdapat jenjang tingkatan untuk patisiere di hotel, mulai dari trainee yang membantuk pembuatan pastry sampai pada executive pastry chef yang merencanakan, mengatur, dan mengawasi pembuatan produk pastry. Tujuh jenjang karir seorang petisiere di hotel-hotel besar, diantaranya :

Apprentice
Tugasnya adalah membantu menyediakan bahan-bahan pastry di dapur.

Pastry cook/Commis de pattisier/cook
Memiliki tugas yang sama dengan kitchen assistans, hanya saja posisi ini lebih tinggi tingkatannya.

Demi chef/Assistant Supervisor
Chef de partie/Supervisor
Bertugas mengawasi langsung kinerja commis dan apperentice

Notes Of MineTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang