Kesamaan Clinodactily dan Lesung pipi

12 3 6
                                    


Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamualaikum. Apa kabar semuanya. Semoga baik ya... Eh, kita balik lagi sama risetku ini nih.. semoga gak ngebosenin ya...

Oh iya, dari judul diatas, kalian sudah bisa nebak aku akan bahas apa? Pertanyaannya, apa sih kesamaan clinodactily dan Lesung pipi itu? Aku akan bahas satu-satu biar jelas ya...

.

Clinodactyly

Apakah kalian pernah mendengar istilah clinodactyly?

Clinodactlyly berasal dari bahasa Yunani, yaitu Kliner yang berarti bengkok dan Dactylos yang berarti jari. Jadi, Clinodactyly merupakan kondisi jari yang abnormal dimana keadaan jari yang bengkok, tetapi tidak menimbulkan rasa sakit. Meskipun demikian, jari yang abnormal tersebut masih dapat berfungsi dengan baik.

Clinodactyly biasanya bawaan yang sudah ada sejak bayi lahir. Bahkan kondisi ini bisa tidak disadari hingga anak tumbuh dewasa. Penyebab utamanya kemungkinan ada masalah selama masa kehamilan, misalnya posisi janin tidak normal sehingga tangan dan jari terhambat pertumbuhannya.

Pertumbuhan tulang yang tidak normal pada jari-jari bayi, kemudian menyebabkan jari melengkung ke samping atau arah lainnya. Selain itu, dapat pula disebabkan karena pertumbuhan lempeng tulang yang tidak teratur di salah satu jari bayi.

en

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

en.wikipedia.org

Kelainan ini bisa diwariskan kepada anak. Atau mungkin bayi yang memiliki jari bengkok biasanya mengikuti ayah atau ibunya.

Secara klinis clinodactyly tidaklah umum, hanya mempengaruhi sekitar 3 persen bayi yang lahir di seluruh dunia. Bayi dengan kelainan ini umumnya memiliki jari mana pun di salah satu tangannya yang melengkung. Namun, bisa juga mempengaruhi jari di kedua tangan.

Melansir situs kesehatan Healthline, karena secara klinis clinodactyly tidak menimbulkan gejala dan tidak membatasi penggunaan jari, dokter anak biasanya tidak merekomendasikan perawatan dan pengobatan apa pun.

Dalam kasus ringan, dokter anak hanya akan memantau pertumbuhan jari dan tangan untuk melihat ada atau tidaknya tanda-tanda bahwa kondisi ataupun fungsi jari akan memburuk.

Selain itu, memasang gips pada jari yang melengkung untuk meluruskannya sangat tidak dianjurkan. Tindakan ini justru dapat memperburuk kesehatan dan pertumbuhan jari yang terkena clinodactyly.

.

Lesung pipi

Sebagian orang menganggap bahwa lesung pipi adalah pemanis wajah apalagi saat tersenyum. Tapi, tahukah kamu? Kalau lesung pipi termasuk kelainan?

Sang pemanis wajah ini ternyata kondisi yang abnormal loh. Lesung pipi ini muncul karena adanya kelainan pada otot yang berperan dalam membentuk ekspresi wajah, lebih tepatnya kelainan pada otot zygomaticus mayor. Otot ini terletak di tulang pipi dan menyambung sampai ke sudut mulut. Nah, saat tersenyum otot ini akan bergerak.

My Research Project Where stories live. Discover now