10 FILM TENTANG TIME-LOOP INJ WAJIB KAMU TONTON

423 20 2
                                    

Apa yang akan kamu lakukan jika terjebak dalam satu hari yang berulang-ulang dan tidak bisa keluar dari situ? Pasti memuakkan kan? Nah, kejadian seperti ini disebut dengan time loop atau perulangan waktu. Dalam konsep ini, seorang tokoh akan mengalami sebuah periode waktu yang sama berulang-ulang. Biasanya, hanya sang tokoh utama yang sadar dan mengingat bahwa dirinya mengalami perulangan waktu tersebut.

Konsep ini memang tidak baru, karena sudah ada beberapa film yang menggunakan konsep serupa, namun dengan perlakuan dan pengembangan yang berbeda-beda. Tak harus film fiksi ilmiah, konsep ini juga terdapat di film drama, komedi, bahkan horor. Berikut 10 film terbaik tentang time loop yang wajib kamu tonton.

1. Edge of Tomorrow⁶

Edge of Tomorrow (Live Die Repeat) diadaptasi dari manga yang berjudul "All You Need is Kill" karya Hiroshi Sakurazaka, dibintangi oleh Tom Cruise dan Emily Blunt. Berlatar di masa depan, Bumi telah dikuasai oleh alien dan manusia hampir punah. Saat itu maunsia menciptakan sebuah senjata khusus yang dapat digunakan untuk membasmi dan memburu para alien.

Suatu hari ada seorang prajurit bernama Cage (Tom Cruise) yang terpaksa harus terjun ke peperangan padahal ia tak punya kemampuan sama sekali. Alhasil, dirinya meninggal dalam hitungan menit. Anehnya setelah meninggal, Cage malah terbangun kembali tepat sebelum perang itu dimulai. Dari situ Cage mulai mengulang waktu di hari yang sama setiap kali ia meninggal. Dengan kemampuannya yang misterius itu, Cage harus mencari cara untuk memenangkan peperangan dan keluar dari putaran waktu tersebut.

2. Looper

Sesuai dengan judulnya, Looper berlatar di masa depan, saat kondisi dunia berubah drastis dan mesin waktu sudah jadi hal yang biasa. Badan penegak hukum yang baru dibentuk untuk mengatasi hal itu. Di sana terdapat sekelompok agen khusus yang bertugas untuk mengeksekusi berbagai orang misterius yang dikirim dari masa depan. Para agen itu disebut dengan Looper.

Tidak diketahui siapa nama orang dari masa depan yang harus dieksekusi dan kenapa mereka dieksekusi. Tapi yang jelas, Looper tidak boleh melepaskan targetnya. Suatu hari, ada seorang Looper bernama Joe yang tak sengaja telah melepaskan target eksekusi-nya. Sejak saat itu ia jadi buronan dan harus mencari tahu kebenaran dibalik semua itu.

3. Groundhog Day

Groundhog Day bercerita tentang Phill Connors (Bill Murray) seorang reporter pembawa acara cuaca yang sangat menyebalkan, karena ia adalah seorang yang sangat sombong, cuek, dan suka menyakiti hati orang lain.

Suatu ketika Phill pergi ke Punxsutawney untuk menyaksikan acara Groundhog Day (Festival Tupai). Dari awal Phill sudah ragu dan malas untuk pergi. Mungkin karena Phill menganggap bahwa acara ini tidaklah penting dan aneh. Saat terjadi sebuah kendala, Phill langsung marah tidak karuan dan ingin pulang. Namun saat terdapat badai salju, Phill tidak bisa pulang dan harus menginap disana. Sejak saat itu terjadi berbagai kejadian aneh dialami Phill.

Segala peristiwa yang terjadi di hari kemarin kembali terulang di keesokan harinya. Phill harus mencari tahu apa yang sedang terjadi pada dirinya. Awalnya Phill merasa kesal dan bosan, namun pada akhirnya Phill tidak punya pilihan lain selain memanfaatkan waktu yang ada dari setiap peristiwa yang terjadi berulang-ulang untuk bersyukur dan lebih terbuka pada orang-orang di sekitarnya.

4. Source Code

Source Code menceritakan Captain Colter (Jake Gyllenhaal) yang terkejut saat terbangun di sebuah kereta yang terdapat bom di dalamnya. Colter sangat bingung dan tak tahu tentang apa yang sedang terjadi karena setiap kali ia mati, Colter akan mengulang waktu. Ternyata Colter sedang berada dalam sebuah percobaan atau eksperimen dimana pikiran Colter dapat dipindahkan ke tubuh orang lain untuk tujuan tertentu.

Pengetahuan Umum Where stories live. Discover now