Kisah Nabi SAW, membaca enam juz al qur'an dalam 4 rakaat

2.1K 281 2
                                    

'Aufra. bercerita, "Suatu ketika, saya berdua bersama Nabi saw.. Setelah bersiwak dan berwudhu, beliau berdiri untuk shalat. Saya menyertai beliau shalat. Pada rakaat pertama, beliau saw. membaca Al-Baqarah. Bila menemui ayat-ayat rahmat, beliau akan berdo'a sejenak memohon rahmat Allah.

Jika menemui ayat-ayat tentang siksa Allah, maka beliau akan berhenti sejenak berdo'a memohon perlindungan dari siksa Allah swt.. Selesai membaca Al-Baqarah, beliau ruku' dengan ruku' yang sama panjangnya dengan bacaan Al-Baqarah tadi. Dalam ruku' beliau membaca;

"Maha suci Tuhan yang mempunyai kekerasan, kekuasaan, kebesaran dan kemuliaan."

Lalu beliau sujud, dan sujudnya pun sangat lama. Setelah itu beliau berdiri raka'at kedua, lalu membaca Ali Imran. Demikian seterusnya, beliau membaca satu surat dalam setiap raka'at. Jadi, dalam empat raka'at, beliau telah membaca empat surat Al-Qur'an. Dapat dibayangkan, betapa lama shalat Nabi saw..

Ditambah dengan setiap ayat rahmat dan ayat adzab beliau berhenti untuk berdo'a kepada Allah swt., ditambah dengan ruku' dan sujud yang lama.

Ada kisah lainnya, yang dialami oleh Hudzaifah ra. ketika menyertai shalat bersama Nabi saw.. Ia berkata, "Rasulullah saw. shalat empat raka'at dengan membaca empat surat, yaitu dari Al-Baqarah sampai akhir Al-Maidah."

Faedah:

Empat surat tersebut berarti enam juz Al-Qur'an. Rasulullah membacanya dalam empat raka'at.

Dan Rasulullah saw. biasa membaca Al-Qur'an dengan tajwid dan tartil, sebagaimana disebutkan dalam banyak hadits. Ditambah lagi, di setiap ayat rahmat dan adzab, beliau saw. akan berhenti sejenak untuk berdo'a kepada Allah swt., ditambah lagi ruku' dan sujud yang panjang. Terbayang oleh kita, betapa lama Nabi saw. mengerjakan shalat empat raka'at ini.

Bahkan Nabi saw. pernah membaca dalam satu rakaat surat Al-Baqarah, Al-Imran sampai Al-Maidah yang kurang lebih sebanyak lima juz. Hal ini dapat dikerjakan bila shalat adalah kepuasan dan kebahagiaan batin kita. Nabi saw. bersabda, "Kenikmatan mataku pada shalat."

'Ya Allah berilah kami kekuatan untuk mengikuti mereka'

Top Kisah Islami √Where stories live. Discover now