Legenda berakar dari kisah nabi khidir as

1.6K 142 0
                                    

ROOT OF THE GREENMAN MYTHS

Mitos tentang MANUSIA HIJAU ialah legenda tertua yang pernah ada. Hampir ada diseluruh peradaban dunia. Sejak versi kuno Mesopotamia, hingga versi millenium fantasi.

Di karya-karya fiksi, baik novel maupun film, biasanya sering kita lihat sosok manusia pohon berwarna hijau. Sebut saja, The Eye Of The World, Lord of The Ring, Narnia, Pan’s Of Labyrinth dll.

Manusia Hijau dikenal sebagai sosok yang ghaib, pelindung, sekaligus pembimping para pejuang kebenaran. Dia sering di lukiskan berkarakter bijak dan berumur panjang. Di eropa khususnya, dia disebut The Wizard of the Wood, Greenman, Greenies atau Greencoaties.

Legenda dunia mengaitkan sosok hijau ini dengan banyak kisah, nama, dan sifat:

• Humbaba (Huwawa)
• Osiris
• GreenMan
• Mímir
• Dewa Pan
• Saint George
• The Green Knight (Bercilak)
• Robinhood
• Someshta
• Treebeard
• Tom Bombardil
• Peter Pan
• Swampthing

Dari keseluruhan personafikasi sosok Hijau yang pernah hadir di setiap peradaban dan karya fiksional, secara garis besar, dapat ditarik kesimpulan sifat dan karakteristik mereka:

• Berumur Panjang
• Simbol Kebijaksanaan
• Pembimbing/Penasihat/Pelindung mereka yang berada diatas jalan kebenaran

Namun, dari semua legenda sosok hijau diatas, dewa Mimir dan Odin lah yang paling mendekati kisah Khidir as dan Dajjal. Legendanya sangat jelas mengalegorikan kisah Khidir as sesuai versi islam.

Legenda Mimir memiliki kecocokan nama, sifat, julukan, serta karakter kisah dengan Khidir as:

1. Nama: HoddMimir, Hill-Mimir

2. Julukan: Seorang yang hijau, Sang penasihat, Harta karun yang terpendam, Penguasa hutan.

3. Sifat: Yang tersembunyi dan Hidup.

4. Karakter Kisah: Penjaga sumber air kehidupan, sosok yang dikhususkan, dan terpenggal kepalanya(Dalam sbuah riwayat, Dajjal akan memenggal kepala Khidir as, di akhir zaman).

FOUNTAIN OF YOUTH (Ainul Hayat)
Penggalan kisah dari Ats-Tsa’labi rah.a, ahli tafsir bermazhab Syafi’iyah:

Dalam sebuah riwayat, Zulqarnain dan Khidir bersama rombongan prajuritnya pernah pergi mencari telaga air kehidupan(Ainul Hayat/Fountain of Youth), ketika mereka tiba di tujuan, Allah member wahyu melalui malaikat Rafa’il bahwasanya air kehidupan itu dikhususkan untuk Khidir.

Lalu Nabi Khidir pun meminumnya, dari situlah awal kisah takdir Allah atas usia panjang kehidupan Khidir a.s.

Kisah diatas juga banyak dimuat di berbagai kitab tafsir karangan ulama-ulama Ahlusunnah:

• Kitab Baidai’iz: Syeikh Muhammad bin Ahmad bin Iyas .

• Kitab Nuzhatul Majalis: Syeikh Abdul Rohman Ash-Shafuri.

Di dunia ini, satu-satunya lokasi bersejarah dimana telaga air kehidupan itu -kabarnya- ditemukan adalah Fountain Of Youth, yang berada di Miami Florida(sebagian menduga di Bahama), dekat segitiga Bermuda.

Ditemukan kembali pada abad ke-16 M, oleh Dinasti Utsmaniah(Ottoman), sezaman dengan era pertempuran Mohacs, versus dinasti Habsburg.

Catatan sejarah eropa mengklaim Juan Ponce de Leon sebagai penemunya, klaim ini menjadi kontroversi dikalangan pemerhati sejarah. Ilustrasi Fountain Of Youth digambarkan dalam game Age Of Empire.

Namun, keberadaan lokasi Fontain Of Youth sesungguhnya pun masih patut dipertanyakan. Menimbang dilokasi yang diklaim Juan Ponce de Leon tersebut, telah menjadi taman kunjungan wisata.

Tidak ada yang tahu pasti dibagian mananya florida, yang jelas keterangan hadis hanya menyebutkan "ainul hayat" terletak di dalam bumi. Wallahu a'lam.

REKAYASA ORDO NAGA

Yang menarik dari keseragaman mithologi tersebut, ternyata tersirat teka-teki dan petunjuk keberadaan siapa penggagasnya, ada ciri sifat dan karakter kuat yang selalu serupa. Karakter dan sifat yang memang sudah di peringati Rasulullah Saw dan telah dipahami ummat islam sebagai suatu ciri.

Semua kesesuaian itu mengacu pada Dajjal si pendusta bermata satu. Simbol kebijaksanan palsu yang disisipkan pada legenda Greenman, dan karakter mata satu pun selalu ada menemaninya.

Kadang keduanya dikarang sebagai teman, dan di versi lain di karang sebagai musuh. Seperti Mimir dan Odin, Peter Pan dan Kapten Hook.

Dari pernyataan pemerhati dan asal usul legenda Manusia Hijau, dapat di tarik 2 kesimpulan:

1. Bahwa, Legenda tersebut berakar dari kisah Khidir as yang disampaikan oleh para rasul dan Nabi. Kisahnya merambat melintasi bentang sejarah dan peradaban dimana para nabi di utus.

2. Khidir berkelana mengunjungi manusia-manusia pilihan Allah yang ada di seluruh dunia.

Lalu terjadi distorsi, rekayasa makar Persaudaraan Babilonian(Draconian Brotherhood), yang menginspirasi imajinasi masyrakat pagan kuno, lalu berkembang, simpang siur, ngawur sampai sekarang.

Sejatinya, tujuan di utusnya para nabi dan pengikutnya, juga kehadiran Khidir as disetiap zaman, adalah dalam rangka meluruskan aqidah manusia yang telah dibelokan dan diplintir sedemikian rupa oleh Secret societies.

Misi kerasulan dan kehadiran Khidir as terus berlanjut seiring upaya penyesatan Dajjal dan organisasi gelapnya yang juga terus bergerak.

Selalu beriringan, namun saling kontradiksi misi dan tujuan, trus seperti itu keadaannya, hingga tiba saatnya kebenaran akan diungkap dan dipersaksikan oleh Khidir sendiri diakhir zaman

Top Kisah Islami √Where stories live. Discover now