Roti Kopi

13.1K 2K 316
                                    

( Tian )

.

.

Setelah ngebatalin rencana pergi ke Dufan dan manfaatin waktu libur buat cari kerja sampingan, akhirnya gue dapet juga kerjaan yang lumayan buat tambah-tambah. Sekarang setiap paginya gue kerja jadi loper koran sebelum berangkat kerja di Mini Market.

Jam setengah 3 pagi gue udah harus bangun buat ngambil koran-koran di agen percetakan, terus dianter ke alamat pelanggan koran. Karena gue cuman punya sepeda, gue harus lebih awal biar nggak telat dan buru-buru ambil di agen. Habis ngambil koran buat dikirim ke alamat pelanggan koran, mulailah gue ngayuh sepeda menuju ke alamat pelanggan.

Hari ini bukan hari pertama gue anterin koran—hari pertama kemarin gue terlalu santai dan akhirnya perhitungan waktu ama jarak yang harus gue tempuh dengan sepeda meleset dan bikin gue kena omel. Pertama kali udah kena omel itu beneran nggak enak. Tapi gue sadar kalo gue butuh kerjaan ini, jadi hari ini—hari kedua ini gue bangun lebih pagi dan ngelakuin persiapan lebih baik.

Sambil nguap karena masih ngantuk, gue ngayuh sepeda. Angin pagi-pagi buta dingin yang nerpa muka gue, terasa seger tapi di waktu yang sama juga bikin gue ngantuk.

Setelah nggak ada orang tua yang bisa diandelin buat menuhin kebutuhan dan harus kerja demi kebutuhan hidup, gue mulai sadar kalo ternyata cari uang itu nggak gampang. Yah, meski nggak semuanya sama dan senasib—contohnya kayak Dimas yang kalo udah buka dompet, rasanya pingin gue tabok meski dia cuma buka dompet aja. Tapi buat orang yang hidupnya pas pas'an kayak gue gini, cari uang sendiri itu beneran susah. Gue jadi paham perjuangan Ayah ama Ibu dulu waktu mereka masih hidup, jam 1 pagi udah bangun buat bikin masakan yang dijual dan belanja ke pasar. Sementara gue masih tidur dengan nikmatnya. Yang udah lalu biar berlalu, sekarang giliran gue yang harus berusaha buat memenuhi kebutuhan adek-adek gue.

Kemaren berkat hutangan dari Arya, gue bisa beliin tas ama sepatu baru buat mereka. Tambah gede nanti, mereka pasti tambah banyak nuntut, pingin ini itu, dan gue nggak selamanya bisa hutang-hutang mulu.

Sepeda gue brenti di depan rumah mewah keluarga Dimas. Gue ngeliat kalo balkon kamar Dimas masih diterangi lampu-lampu kecil yang cantik dan pintunya masih ditutup.

Nggak pingin bohong kalo sebenernya ada sedikit niatan buat minta tolong ke Dimas. Apalagi ngeliat dan tahu kalo Dimas itu nggak pernah itungan soal duit. Berapa kali kembalian pasti disumbangin dan berapa kali gue liat dia bayarin si Tasya. Gue yakin kalo gue minta tolong ke Dimas, dia bakal nolongin gue.

Tapi...

Baru sebatas jadi pacar udah niat andelin dia, gue takut kalo akhirnya gue cuma jadi pacar yang nggak guna. Dan harga diri gue, nolak buat minta tolong ke Dimas kalo gue masih punya tangan ama kaki, juga tenaga buat kerja.

*~*~*~*~*~*~*~*

Gue selesai nganterin semua koran jam setengah 9 pagi. Buru-buru mandi. Untungnya hari ini gue shift ama Arya, jadi gue bisa minta tolong Arya buat absenin gue dulu, entar pulangnya gue gantiin tugas Arya beres-beres toko.

"Sibuk banget lu, Yang." Andhika, salah satu penghuni kost negur gue aktu ngeliat gue keluar dari kamar mandi.

"Ya nih, baru nambah kerjaan lagi."

"Eh, lu nyambi kerja apa lagi?"

"Nganterin koran," jawab gue sambil ngeringin rambut dan jalan ke tali jemuran buat jemur handuk.

"Semangat Yang cari duitnya."

"Haha, makasih. Lu tumben mandi pagi," bales gue.

"Mendadak ada kuliah susulan, apes banget emang."

Mini Market in LoveTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang