Perkenalkan

33 2 0
                                    

Gue Gibran. Gibran Mahesa Gautama. Sebagai anak sulung di keluarga gue, sampai sekarang gue masih ngga ngerti kenapa cuma gue yang namanya sampe tiga kata. Sedangkan adik-adik gue yang cewek cuma satu kata. Adik gue yang pertama namanya Cantika. Udah titik. Yang kedua Gadis. Udah titik. Ga pake embel-embel nama keluarga atau nama panjang apa gitu. Gue pernah nanya bokap. Tapi ngga pernah di jawab. Tau kenapa? Iyalah, karena gue nanyanya dalam hati. Males kalo nanya langsung. Karena yang ada, ntar bokap bakal ngejelasin panjang lebar mulai dari silsilah nenek moyang gue sampe gimana terjadinya itu nama nempel di akte lahir gue dan jadi gelar gue sehari-hari. Iya, bokap gue seenggak penting itu. Bisakan nih, kita cuma nanya "Om Harta anaknya berapa sih, Pa?" beliau bakal ngejelasin jumlah anak-anak dari kakek buyutnya sampe tujuh turunan. Malesin ngga sih? Makanya gue kapok nanya ke bokap kalo masalah keluarga gitu. Biarlah arti dan asal usul nama gue tetap jadi misteri.

Umur gue 23 tahun. Masih muda? Yah iya dong. Masih bisa di bilang fresh graduate malah. Tapi udah mau berakhir lusa nanti. Di umur gue yang nyaris 24 ini gue bisa berbangga buat ngebilang kalo gue udah punya kerjaan tetap yang bagus. Setahun setelah lulus kuliah, gue keterima di perusahaan BUMN. Terjamin sudah masa depan gue.

Padahal gue udah bisa dibilang mapan. Udah ganteng, pekerjaan bagus, tapi sayang. Gue baru diputusin sama cewek gue 1 minggu yang lalu. Padahal kita udah janji bakal ngerayain ulang tahun gue sambil jalan-jalan sehari di Singapura. Nasib, cuy. Gue sih setengah sedih, setengah bersyukur. Sedihnya yah karena, gila man, masa' gue ditinggalin seminggu sebelum ultah gue. Ngenes ngga sih? Diputusin emang selalu sengenes itu, terlepas dari kita yang emang lega udah putus atau sedih karena masih sayang. Dan gue selalu pengen protes sama kodrat cowok yang kebanyakan sebagai pihak yang diputusin. Syukurnya, ya karena gue ngga jadi buang-buang duit buat ke Singapura. Gila aja penting banget ngga sih ngerayain makin tuanya kita sampe ke negeri orang? Untung deh gue putus sama si Ribka. Dia sih cantik, perhatian, yah tipe-tipe pacar yang manis lah. Tapi matrenya itu loh, apa-apa pengen yang bagus, pengen yang mahal. Gue jadi merasa bego kalo nginget kenapa gue mau-mau aja di manfaatin buat beliin dia boneka teddy bear ukuran rumah tipe 36--oke, ini lebay, sampe peras dompet gue sendiri sampe mampus-mampusan.

Jadi kalo gue jomblo ngapain gue duduk di kafe sendirian di malam minggu begini?

Eits, gue ngga sendiri bro. Di depan gue ada Ringgo sama Inka. Dua sejoli yang lagi berusaha nyembunyiin mukanya pake buku menu. Bukan dua-dunya sih, cuma si Inka. Kalo si Ringgo lagi ngga bisa di ganggu makan pasta yang ada di depannya. Kita bertiga ini sekawan. Sekawan yang udah lama, lama kenalnya. Kita bertiga normal. Punya pekerjaan masing-masing dan punya kehidupan masing-masing. Normal dan waras deh pokoknya. Masih punya akal sehat yang utuh dan waras.

Kenapa sih dari tadi gue kayak ngulangin kalimat normal terus? Yah pokoknya gitu, lo semua harus tahu kalo kita bertiga ini normal. Serius, normal.

Ngga tahu deh kalo cewek di pojokan sana. Yang lagi duduk satu meja sama seorang cowok berambut agak klimis, tapi over all, lumayan tampan malam ini. Gue ngga kenal siapa cowoknya. Tapi gue tau siapa ceweknya. Namaya Lya. Yang kalo makan pisang tuh kulitnya dikupasin semua sampe bersih, terus pisangnya di pegang langsung gitu aja pake tangannya. Bikin gue jadi berimajinasi liar. Oke, penjelasan ini emang ngga langsung bikin dia ngga normal. Tapi nanti kalo gue udah cerita banyak tentang dia, lo semua juga pasti bakal setuju sama gue. Caya deh.

Gimana hubungan gue sama dia? Sahabatan? Pacar? Friendzone? Dengan bangga gue jawab, NGGA! Yaampun, gue bersyukur banget gue ngga sahabatan sama dia, apalagi pacar, apalagi friendzone. Yieks. Sori, gue lebay. Tapi beneran, dia punya tembok sendiri yang ngga bakal pengen gue masukin dan ngga mau coba gue masukin.

Jadi kita tuh,-- gue, Inka sama Ringgo udah temenan sejak kuliah. Gue sejurusan sama Ringgo dan Inka. Ringgo teman kamar gue, dan Inka udah dari dulu pacaran sama Ringgo. Sesimpel itu. Kita bertiga ini dulu sama-sama kuliah di Bandung. Sedangkan Lya kuliah di Batam, sekalian tinggal bareng orang tuanya, ngga kayak kita bertiga yang merantau. Gue padahal sama sekali ngga kenal sama si Lya-Lya ini. Tapi berkat Inka, yang notabene teman dari kecil Lya, yang sekampung sama Lya, rajin banget merapalkan nama Lya di setiap percakapan kami bertiga, jadilah gue mau ngga mau kenal sama si Lya ini. Tapi awalnya kenal nama doang. Gimana ngga, tiap kita jalan bareng bertiga, Inka selalu aja bilang Lya begini lah Lya begitu lah. Sampe-sampe bikin dulu gue penasaran banget, aslinya emang si Lya-Lya ini gimana sih? Kalo liat dari foto yang beberapakali ditunjukin Inka sih cantik, gue sempet naksir malah liat foto dia.

Ini Serius?Where stories live. Discover now