Misi Kemanusiaan untuk Lya

22 2 0
                                    

Kayaknya Inka itu sayang banget sama Lya. Bukan kayaknya, tapi emang beneran sayang. Buktinya, dari dulu ngga bosen-bosennya dia ceritain yang baik-baik tentang Lya. Kayak ibu-ibu kompleks yang lagi pamerin anaknya yang menang lomba ini itu ke ibu-ibu kompleks lain. Untung Ringgo, pacarnya Lya, ngga kalah konyol, jadi dia cuma nimpalin dengan lucu-lucuan aja kalo Inka lagi memuji betapa hebatnya Lya-nya itu. Pernah kata Ringgo gini.

"Sayang, kamu kalo nikah sama Lya, aku yang jadi penghulunya yah?"

Atau,

"Sayang, kita jadiin Lya anak kita, mau?"

Dan langsung aja dihadiahin cubitan kecil nan pedas di perut si Ringgo. Gue yang liatin mereka ngakak-ngakak aja.

Bukti lain kalo Inka sayang banget sama Lya adalah melakukan ini, misi yang sudah digelutinya semenjak setengah tahun yang lalu. Yaitu, mencarikan pacar untuk Lya. Selain kesibukannya di kantor, Inka udah merangkap jadi manajer Lya, yang bakal ngurusin jadwal kencan buta Lya dengan cowok-cowok jomblo yang Inka temui dimanapun dia berada. Inka cerita, dia juga pengen Lya senang dengan sering chat-chatan sama pacar, diperhatiin pacar, ada yang ngingetin makan, gitu-gitu deh. Jadi Inka sekarang lagi gencar-gencarnya menjalankan aksinya. Menurut gue, Lya nya pun ngga masalah dengan itu. Jadi dia selalu ngikutin dengan menurut jadwal yang udah dibikin Inka.

Udah ada kali sekitar lima kencan buta, tapi gatot terus. Gagal total. Yang lucunya malah, kalo gagal baik-baik Inka yang sedih karena hubungannya ngga berjalan. Kalo gagal ngga baik-baik, kayak misal si Lya ditinggalin ngga sopan, Inka yang blingsatan ngejar tuh cowok dan maki habis-habisan. Sedangkan Lya, selalu anteng, as always. Tapi gue yang ngamatin, rasanya si Lya ini sengaja kah? Kayak yang dia emang ngga berharap sama sekali punya pacar. Mau ngedate pun ngga niat gitu.

Gue pernah nyaris jadi kelinci percobaannya Inka, tapi gue langsung kasih alesan kalo gue udah punya cewek. Ngga mungkin gue selngkuh. Dan langsung di --iya, juga ya-sama Inka. Tapi sekarang gue jomblo. Kalo Inka tau, gue pasti kena nih. Kalo udah gitu, bakalan dengan lantang gue jawab "Ogah!"

Hari ini juga gitu, Inka udah jadwalin kencan buta buat Lya. Dan sekarang Lya dan cowok berambut klimis itu lagi duduk di sana sambil makan, kayaknya ngga banyak ngomong. Sedangkan Inka udah ketar-ketir dari tempat duduknya merhatiin mereka diam-diam dari balik buku menu yang di pake buat nutupin wajahnya.

Tiba-tiba Inka, yang dari tadi sibuk nutupin mukanya, langsung ngejatuhin buku menu itu ke meja. Bikin bunyi yang ditimbulkan cukup keras. Buru-buru dia hampirin Lya yang sekarang udah duduk sendiri. Lah, cowoknya mana? Udah pergi gitu aja? Kok gue ngga liat?

"Nggo" Gue panggil Ringgo pelan. Ajak dia nyusul ke tempat duduk Lya. Gue udah berjalan duluan.

Pas gue datang, si Lya mukanya udah pucat dan dia nutupin hidungnya pake tisu.

"Jelasin ngga, kenapa dia pergi?" tuntut Inka ke Lya yang masih nutupin hidungnya.

"Ngga, papa sih. Dia tiba-tiba ada urusan katanya." Lya jawab.

"Urusan dari hongkong. Itu hidung kenapa ditutupin gitu?"

"Ngga papa. Dia bau."

"Lah lo nutupin idung kayak gitu dari tadi?" kali ini Ringgo yang bertanya. Lya hanya mengangguk.

"Yaiyalah dia pergi. Tersinggung dia. Lo nutupin idung mulu di depan dia."

"Geser tangan lo." Perintah Inka. Lya ngga mau. "Ck. Geser, ngga." Dengan agak memaksa Inka akhirnya berhasil lepasin tangan Lya yang nutupin hidungnya yang... berdarah! Waduh, gue kaget liat hidung Lya yang berdarah. Inka langsung histeris.

"Lya! Lo mimisan lagi!?"

Bukannya apa, Lya malah cengengesan sekarang. Inka pernah cerita, Lya gampang mimisan. Karena gampang kecapekan sih katanya. Gue pun ngga ngerti dia capek ngapain. Capek ngongkang-ngongkang kah?

Ini Serius?On viuen les histories. Descobreix ara