Teka-teki Lya

9 1 0
                                    

TIIN! TIIN! TIIN!

Untuk kesekian kalinya gue ngebunyiin klakson mobil. Ini udah hampir empat puluh menit dan si centil Inka masih juga belum keluar dari rumahnya. Sekarang, gue sama Ringgo lagi didalam mobil, ngejemput Inka buat pergi ke acara nikahannya Bu Hana.

"Cewek lo gila lama banget sih dandannya?" gue protes ke Ringgo yang duduk disamping gue.

"Biasa, Gib. Namanya juga sodara Syahrini. Musti cetar." Gue yang aslinyanya kesel, tetep ngakak juga ngedenger Ringgo ngejekin pacarnya sendiri.

Tak lama, akhirnya si sodaranya Syahrini, alias Inka keluar dari pintu.

Yasalam, hampir gue ngumpat. Karena apa? Ini kita nungguin si Inka sampe satu jam lebih kirain dia bakal make up-an seheboh apa. Eh, tau-tau biasa banget. Biasa aja kayak gimana biasanya cewek ke acara kondangan. Ya walaupun tetep cantik. Seenggaknya dimata Ringgo.

"Buruan, Ya. Ini sepatumu udah aku keluarin."

Eh, si Lya ikutan juga? Ah males nih. Nanti kalo Inka sama Ringgo, pasti gue disuruh temenin si Lya. Seenggaknya, itu pemikiran gue sebelum gue jadi patung ngeliatin sesosok gadis yang nyaris ngga gue kenalin keluar dari pintu ngikutin Inka dari belakang.

Seriously? Ini Lya? Atau ini Khoya? Atau ini si Monster Gunting Kuku? Atau ini si pemakan pisang yang ngga pegang kulitnya? Asli. Kalo ngeliat cewek yang udah biasa ngga pake gincu, tiba-tiba ngeliat dia pake full make up gini, gue syok, asli. Gila kalo gini si Lya cantik banget. Serius. Sama sekali ngga ada aura anehnya. Aura absurdnya, ilang. Ketutup sama pipi dia yang warna peach itu. Nah kan, gue jadi naksir sesaat.

Keasyikan liatin Lya, gue ngga sadar kalo mereka berdua udah masuk kedalam mobil dan duduk manis di kursi belakang. Baru aja mau kembali ngumpulin fokus gue,

"Ka, bantuin. Tali BH ku kayaknya lepas dibelakang."

JEDAR!

*****

Setelah ngga lagi terpesona dengan kecantikan Lya yang ngga biasa hari ini hanya karena kalimat ajaib dia tadi, gue kembali tersadar dan mulai kesal sama itu dia cewek centil dibelakang.

"Buset dah, ini yang nikah kenalannya siapa, yang dandan heboh siapa, Yang?" Ringgo menyuarakan apa yang sebenarnya ada dipikiran gue dari tadi.

"Apa heboh. Lya cantik gini," jawab Inka sambil terus-terusan ngebenerin rambut Lya. Kayaknya dia takut banget ada tata letak bedak-bedak yang udah dia sapukan ke muka Lya bakal berubah tempat barang sesenti. Sampe setiap menit Inka otomatis menghadap wajah Lya, ngecek penampilannya. Kayaknya dia kira ditinggal sebentar aja, bisa-bisa tangan si Lya udah ngehapus eyeliner yang udah tergambar rapi hanya karena dia gatel mau garuk matanya yang gatal. Atau bisa jadi Lya jilat bibirnya sendiri sampe itu gincu abis karena dia ngeras gincunya manis.

"Kok gue ngga tau sih, lo bakal ngajak Lya?" gue yang nanya. Iya, gue penasaran sama yang satu ini. Ngapain juga Inka ngajak-ngajak Lya ke acara nikahannya bos kami? Pake niat banget lagi dandanin Lya. Sampe penampilan dia sendiri kebanting kali ini. Yang biasanya Inka itu heboh juga kalo ke acara kondangan, kali ini dia Cuma pake dress kebaya yang simpel dengan make up yang ngga kalah simpel. Oh, gue tau. Atau jangan-jangan...

"Jangan-jangan lo disana mau buka biro jodoh ya?" tanya gue retorik.

"Tenang aja. Kali ini gue siapin Lya karena dia mau performance. Jadi gue harus bikin dia super special didepan banyak orang. Yah, kalo ada yang kepincut habis itu sama dia, berarti bonus Rejeki BNI Taplus namanya," Inka ngejawab bercanda.

"Tetep ya, Yang," Ringgo geleng-geleng kepala.

"He'eh."

Setelah dua puluh menit akhirnya kita nyampe di gedung tempat acara pernikahan dilaksanain. Gila, ngeri juga nih Pak Gatot nyewa gedung segede ini buat acara pernikahannya. Gue taksir bisa buat tiga ribuan undangan nih. Banyak juga duitnya itu perjaka tua. Ya bisa jadi sih ya. Kau udah ditabung sekitar dua puluh tahunan lah nginget Pak Gatot akhirnya nikah di umur kepala empat.

Waktu turun dari mobil, gue liat Lya agak kesusahan. Karena turun dari sebelah kanan sedangkan Inka turun dari sebelah kiri, Lya harus turun sendirian. Kayaknya susah banget sepatu hak tinggi yang dia pakai. Jadi dengan kesadaran penuh, gue ulurin tangan gue buat tolong Lya keluar dari mobil. Pas tinggal nurunin kaki yang satu lagi, sayangnya kaki dia yang satu kepelecok dan jadilah kita kayak pemain sinetron alay yang ngga sengaja berpelukan terus tatap-tatapan selama sepersekian detik kemudian jatuh cinta.

Eh, gimana-gimana?

*****

Part ini pendek banget sih? Pelit kamu thor. Ehehehehe

Ini Serius?Where stories live. Discover now