Pekerjaan Lya

11 1 0
                                    

Asli, gue bosan. Acara ijab kabulnya udah selesai sekitar tigapuluh menit yang lalu dan rombongan udah siap-siap mau pindah lokasi ke restoran buat acara resepsinya. Tapi sekarang gue belum bisa keluar karena musti acara foto-foto ngga penting. Ya karena Bu Hana atasan gue dan suaminya juga satu kantor, jadilah gue harus ikutan dengan rombongan anak-anak kantor buat ikutan di daftar foto-foto. Sambil masih di cekrek-cekrek sama fotografer gue bisa lihat Ringgo sama Lya di bawah lagi nungguin gue sama Inka selesai acara foto-foto. Padahal gue ngga mau, tapi terus aja mata gue hari ini selalu aneh. Dia kayak yang selalu nangkap dimana Lya berada. Kayak kali ini gue liatin Ringgo ngobrol sama Lya. Kayaknya Ringgo lagi ngelucu karena dia ketawa, sedangkan Lya dengan muka lempengnya. Tapi gue juga liat sekali-sekali Lya ketawa. Ngga ketawa cekikikan ala-ala cewek jaga image gitu, tapi ngga juga ngakak besar kayak ketawa Nunung. Ketawa yang pas lah. Enak dilihat, enak didengar. Eh, apaan dah gua.

Masih pelihara penglihatan gue yang disitu-situ aja -asli ini sesi pemotretan sama anak-anak kantor doang lama amat sih? Semua gaya diperintahin sampe gaya dada, gaya kupu-kupu, semua masuk-kali ini Ringgo ngga tau kemana dan ninggalin Lya sendirian. Matanya kesana kemari ngeliatin apapun disekelilingnya. Habis itu dia tersenyum besar. Eh iya kan? Kalo ada tersenyum kecil pasti tersenyum besar.

Pokoknya dia tersenyum ke arah seorang anak kecil yang lagi asyik nyedotin kompengnya. Gue lihat Lya mendekat. Terus, dalam hitungan sim salabim itu dua makhluk hidup udah kayak sohib yang asyik banget main berdua. Lya nyodorin tangannya ke arah anak kecil cowok tadi kayak minta sesuatu. Terus bukannya ngasih apa-apa, si bocah malah sembunyiin sesuatu sambil ketawa-ketawa. Lya pura-pura nangis. Dan bibir gue ngga tahan buat ngga senyum ngeliat ekspresi Lya yang pura-pura nangis. Mukanya serius banget dia jelek-jelekin yang kayak beneran nangis. Ngga jaim banget ini cewek satu.

Gue terus asyik ngeliatin itu dua bocah sampe akhirnya gue tersadar orang-orang disekeliling gue udah bukan rombongan anak kantor lagi.

Tiba-tiba aba-aba dari fotografer ngasih tau gue, "Iya, bapak mertua boleh makin merapat sedikit,"

Eh, apa? Udah masuk sesi keluarga mempelai?

*****

"Itu dua bocah kemana, sih?" gue bertanya ke Ringgo. Dari pas masuk ke gedung ini, Inka langsung bawa pergi Lya ngga tau kemana dan sampai sekarang mereka belum juga balik. Dari gue antri buat ambil makanan sampe gue udah selesai ambil makanan dan sekarang udah duduk disalah satu meja lingkar bareng Ringgo, mereka berdua masih belum keliatan batang hidungnya.

"Paling lagi nyiapin Lya dibelakang," jawab Ringgo.

"Nyiapin buat?"

"Tuh," tunjuk Ringgo dengan dagunya ke arah panggung, tempat duduk singgsana kedua mempelai. Ngga jauh disamping mempelai ada Home Band yang bakal iringin acara resepsi ini.

Mata gue terbelalak konyol waktu liat yang di atas panggung itu siapa. Itu, yang jadi vokalis Home Band-nya. Iya, itu si Khoya. Ngapain dia diatas panggung deh.

"Hai, sori lama. Kamu udah ambil makan, Yang?" Tiba-tiba aja Inka udah duduk disamping Ringgo. Dia udah kembali ternyata. Tapi gue ngga menoleh ke Inka yang baru datang. Fokus gue masih kedepan. Perhatiin Lya yang sekarang lagi benerin posisinya yang duduk di depan sebuah piano. Membuat aba-aba untuk memulai permainan.

Gue ngga pernah tahu Lya bisa main piano. Jago malah. Lantunan lagu yang ngga gue tau apa judulnya ini terus dia mainkan dengan bagus banget. Gue ngga tau apa ini judul lagu, atau hanya permainan melodi. Yang pasti ini terdengar romantis banget dan cocok untuk menggambarkan perasaan dua makhluk yang sedang jatuh cinta. Liat aja sekarang Bu Hana dan Pak Gatot saling tatap-tatapan dalam senyuman gitu. Gue ngga tahu apa tuh bahasanya yang suka dipake kawula muda, tapi, lah gue baper.

Ini Serius?Where stories live. Discover now