Instagram

219 71 15
                                    

   Instagram. Itulah salah satu media sosial yang paling hits saat musim tahun ajaran baru tiba. Apalagi itu untuk mereka-mereka lulusan SMA sederajat yang kini sedang melanjutkan studynya dibangku kuliah.

Seakan-akan media itu mengekspos setiap barita terupdate setiap detiknya. Bukan hanya satu atau dua akun yang ikut menyuarakan, ada puluhan bahkan ratusan.

Bukan cuma soal mahasiswa baru, soal mahasiswa tua, meme-meme anak kuliah, sampai ke arah spesifik seperti pengumuman, beasiswa, pendaftaran, ospek, dan berbuntut pada biaya hidup anak rantau, udah pada dikupas tuntas di sana.

Gue gak bermaksud menyalahkan sih. Malah gue bersyukur karena dapat banyak info dari sana. Tapi yang lebih spesifik seperti twibbon, kolom komentar, dan tag-an seseorang itu yang membuat gue sebel.

Jujur gue iri akan hal itu, di 2019 gue batal jadi mahasiswa, gue harus menerima kenyataan kalo gue bakalan jadi maba di tahun 2020. Dan pas gue lihat postingan di Instagram.

Jujur gue cuma bisa nangis doang. Makin gue scroll kebawah isinya kek begituan semua. Dari ucapan selamat, foto-foto kampus, dan kalimat sok bijak yang diberikan pada kita anak-anak gapyear.

Gue kan sebelumnya emang udah suka nge-follow akun-akun perguruan tinggi negeri, pihak try-out sbmptn, sampai ke akun abal-abal yang mengatasnamakan rasionalisasi dadakan. Dan darisana semua isi beranda gue tentang perguruan tinggi. Termasuk akun dari teman-teman gue.

Alhasil gue mah cuma nangis dan scroll semua itu. Walaupun pada awalnya gue like semua itu postingan sambil nangis, lama-lama gue unfoll semua akun yang berbau Perguruan Tinggi dan sejenisnya. Bukan hanya itu, semua postingan dari teman-teman gue senyapkan. Gue hampir hapus instagram tapi kagak jadi. Tapi gue jadi males buka tuh aplikasi.

Mungkin bagi lu yang gak mengalami menganggap hal itu biasa aja, atau bisa dibilang gue kaum alay. Tapi coba deh lu di posisi gue, apakah lu bisa bersikap biasa aja? Apa lu yakin kagak ada kesedihan dihati lu? Kalo beneran kagak ada, gue akuin lu hebat guys.

Sayangnya gue tak sehabat lu, gue kaum lemah yang cuma bisa mengeluh dan mudah putus asa. Gue orang yang pada saat itu selalu meyalahkan keadaan dan tidak mensyukuri apa yang gue punya. Gue orang yang kala itu iri dengan teman-teman sebaya gue yang terasa sangat mudah mengapai apa yang dia mau.

Sedangkan gue? Gue bukan gak mau berusaha, gue bukan orang yang sombong tanpa berdoa. Tapi selepas dari itu semua, gue pernah bahkan sampai menyalahkan Tuhan. Gue ngerasa, jikalau doa-doa gue selama ini kagak ada gunanya. Doa gue kagak dikabulin. Dan gue marah, sangat marah dengan siapapun termasuk diri gue sendiri.

Gue terkena depresi ringan.










Jangan sebel kalo di tiap chapther gue selalu minta bantuan doa tulus dari kalian.
Semoga gue lolos SBMPTN 2020, di kampus yang gue inginkan.
Aamiin.

I'm Colage 2020حيث تعيش القصص. اكتشف الآن