STEP 1 Vocabulary Tanpa Menghafal I

3.6K 93 4
                                    


Jangan lupa like, komen dan follow ya semoga apa yang author tulis bermanfaat buat perkembangan bahasa asing kalian utamanya bahasa inggris seperti yang sedang kalian baca. Author juga lagi mipil bikin versi audio visualnya dengan platform youtube karena author sadar bahwa penjelasan kayak gini akan lebih enak lagi kalau dijelaskan secara langsung...



Hal paling mendasar (pertama) yang harus dikuasai dalam mempelajari bahasa inggris adalah mengumpulkan vocabulary sebanyak-banyaknya sampai pada titik siap untuk mulai merangkai kalimat panjang, secara spontan tentunya. Sebab setiap kata dalam bahasa apapun sebenarnya mereka adalah wakil dari gambaran hati, gambaran apa-apa yang dilakukan, yang dilihat, yang dirasakan, juga gambaran bentuk-bentuk emosi.

Cara belajar bahasa asing apapun seharusnya menggunakan metode belajar berbicara selayaknya bayi. Anggap saja seolah kita kembali menjadi bayi. Dimana kita adalah bayi yang sedang belajar bicara. Dan diperhatikan lagi! Agar jangan pernah melakukan pengalihbahasaan dari bahasa yang dipunyai sebelumnya ke dalam bahasa inggris.

Umumnya, untuk menentukan perlakuan sebuah kata dan menentukan bentuk kalimat, kita harus memperhatikan jenis kata apakah itu. Walau banyak jenisnya namun jenis kata dalam bahasa inggris berdasarkan yang sering digunakan terbagi menjadi 3. Kata benda (noun), kata kerja (verb) dan kata sifat (adjective).

Metodenya di dalam benak, kita harus menggolongkan kata menjadi 3 golongan. Hal ini penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi perlakuan setiap kata baru yang kita pelajari apakah bisa diberi tobe, atau kata tersebut bisa berubah menjadi kata bentuk kedua. Atau apakah membutuhkan artikel (a/an dan the)


1. Verb

Semua sudah familiar dengan jenis kata ini. Kata kerja. Jenis kata inilah yang paling sering digunakan. Tatkala menggunakannya, imajinasikan bentuk pekerjaannya. Contoh read bayangkan orang yang membaca. Dan di dalam benak read adalah read bukan 'membaca' Jangan dialihbahasakan!

Verb adalah jenis kata yang bisa dianggap sedikit rumit bila dibandingkan jenis kata lainnya. Karena ia bisa berubah, ada verb yang memiliki bentuk ke dua dan ketiga. Ada pula verb yang bentuk kedua dan ketiganya harus ditambah ed untuk menjelaskan kejadian masa lampau dan menyesuaikan masa kejadian. Seperti pada past tense, present perfect.


2. Adjective

Ialah kata sifat dan merupakan jenis kata yang paling sering digunakan. Seperti, beautiful, hard, enough, great, nice. Adjective digunakan untuk menjelaskan sifat. Dan mempengaruhi grammar yang digunakan. Dan harus berhati-hati sebab ada kata-kata sifat yang memiliki arti ganda, contohnya clean sebagai adjective berarti bersih sebagai kata kerja pun berarti bersih.


3. Noun

Noun adalah kata benda, contohnya seperti book, word, teacher, snob, cockroach, cock, worm, evidence dan lain-lain. Ketika hendak menggunakan kata benda. Dalam mengucapkannya buat psikis kita menganggap ketika mengucapkan noun adalah menganggapnya sebagai benda, sebab sebetulnya kita hanya sedang menamai benda yang kita ucapkan dalam bahasa inggris.

Juga tidak lupa memberikan article a, an dan the. A disandangkan di depan huruf yang dilafalkan mati /consonant contoh "a tree" Jadi bukan huruf mati tapi pronunciation huruf mati seperti; a unique (yunik). Sedangkan an disandangkan di depan kata yang dilafalkan hidup (istilahnya vowel) contoh; an hour (owe bukan houwe) an anger, an apple. Sedangkan the, adalah artikel yang disandangkan pada kata benda yang terpilih di antara benda-benda yang lain atau kata benda yang dikhususkan. Atau kata benda yang disebutkan ulang contoh. Saat pertama kali menyebutnya 'a tree' sedangkan berikutnya kita cukup menyebutnya the tree. The juga bisa diartikan sebagai sang atau si. Pada pengucapannya terbagai menjadi dua. thee untuk vowel contoh; the enemy. The (e) dengan untuk consonant contoh; the door.

Noun juga biasanya digunakan untuk pelengkap, atau penjelas jadi hati-hati dalam menggunakannya jangan di-treat layaknya adjective. Maka harus menggunakan article. Contoh: It's the evidence.

4. Selain jenis kata di atas ada pula jenis kata lainnya seperti

-Kata depan (prepotition)
contoh; because of/cause of, no longer, by, after, before, on, at, instead of, at, against.

-Kata ganti (pronoun)
Contoh; they, we, I, you, he, she, it

-Kata keterangan (adverb)
Contoh; fast, better, slowly, two day ago, instead, three months latter, soon, yesterday, tomorrow.

kata bilangan (numeralia)
Contoh;  first, second, third, etc

conjunction (kata penghubung).
Contoh, to, or, but, however (namun), whereas (sedangkan), because/cause, and.

Dan satu hal yang harus kalian lakukan tatkala sedang menambah Vocabulary. Cari apa bentuk verb II dan verb III dari kata baru kalian, juga cari bentuk kata sifat dan kata bendanya. Agar memudahkan dalam penggunaannya. Inilah penyebab kenapa kita tetap berada di dalam keraguan ketika mendapat kosa kata baru.

Contoh:

Marry (verb)
Married (verb II)
Married (verb III) karena kata kerja beraturan.
Marriage (kata benda)

Maka tidak bingung ketika menggunakannya. Contoh kalimat:

Will you marry me?
Ini adalah Verb.

I'm married to Dinda.
Ini adalah passive voice atau bentuk sederhana dari present Perfect tense I've been married). Dan kenapa menggunakan to? Inilah yang disebut konsep kalimat, jadi bukan I'm married with Dinda.

Marriage musn't really do but a bit must in Islam, or called sunnah muakad.
Ini adalah Noun.


Reposted and edited
November 9 2020

Rahasia Lancar Berbahasa InggrisWhere stories live. Discover now