STEP 4 Perdalam & Terapkan!

375 13 7
                                    


Ketika semua tahapan sudah berjalan dan mulai terasa ringan, berikutnya yang mesti dilakukan adalah perdalam.. ya... semuanya diperdalam. Memperdalam ilmu berbahasa artinya menggali lebih jauh dan menguasai segala aspek dari bahasa itu sendiri, karena peranannya untuk berkomunikasi pasti memiliki banyak benang-benang subcabang di dalamnya. Serta satu hal yang pasti, yaitu erat dengan kesusastraan. Nah.. Nantinya metode memperdalam ini caranya dengan membaca. Bila tidak suka dengan sastra. Tidak apa! Bukan berarti yang tidak memiliki ketertarikan pada dunia sastra dipaksa untuk suka.

Lah kenapa memperdalam ilmu berbahasa justru bukan dengan jalan conversation? caranya malah dengan membaca. Yaitu karena konsep dan striktur kalimat pada buku jauh lebih kompleks dan rumit dibanding bahasa sehari-hari. Sama saja yang terjadi pada bahasa kita, antara bahasa buku dengan bahasa keseharian, kendati itu hanya novel pop bukan buku-buku berat.

Tapi ada syarat! Untuk lanjut ke tahap ini  kemampuan bahasa Inggris harus sudah mulai aktif (active skill). Jangan sampai terbalik, yaitu skill berbahasa inggris masih pasif tapi langsung loncat ke tahap ini karena akan membuat kita... memang semakin ahli namun pasif (pasifnya semakin menjadi). Jadi jika kemampuan sudah menginjak di tahap skill berbahasa inggris aktif, ketika mendalami dengan jalan membaca akan banyak menemukan gaya bahasa, struktur kalimat yang jauh lebih luas dari sekedar 16 tenses. Juga mengetahui penggunaan sebuah kata yang sesuai dengan konteks kalimatnya. Contohnya kata synonim digunakan pada kondisi yang berbeda. Contoh; writter atau author.

Writter dapat digunakan dalam berbagai hal. Baik dalam hal kesusatraan atau hal yang berkaitan dengan musik.

Contoh: Mariah Carey is not only a singer whose the wide range but also she is a great songwritter, her songs almost become top number 1 of the chart eternally.

The books that were created by Jk. Rowling always had the best selling, she is a good writter

Sedangkan author penggunaannya sempit. hanya diperuntukan pada konteks kesusastraan. Dan akan aneh apabila menggunakan kata author untuk konteks permusikan. Contoh:

David Foster is an author of song. (????). Ini salah.

The one and only a best selling auhtor of pop literature is Miss Rowling.

Kemudian tatkala membaca, pertama-tama perlu diingat, ketika menemukan (mempelajari) kata baru, yang tentu saja dengan cara khas di buku ini. Kalian harus memperhatikan bentuk apakah kata tersebut, verb, noun atau adjective, atau bisa juga preposisi. Karena banyak orang yang tatkala mencari arti sebuah kata di aplikasi kamus online, hanya cukup ketika tahu artinya dan langsung berhenti lalu menutup kamus tidak meneliti lebih lanjut karena menganggap hanya tahu maknanya yang diperlukan.

Contohnya banyak orang yang memperlakukan kata against layaknya kata kerja; I against you, do you against me? Padahal against adalah sebuah preposisi. Seharusnya seperti ini penggunaannya; I work against the rainy day. Selain itu through sering digunakan sebagai verb padahal jelas salah.

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Rahasia Lancar Berbahasa InggrisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang