STEP 1 Vocabulary Tanpa Menghafal II

1.5K 46 6
                                    

Khusus bagi kalian yang telah cukup banyak mengetahui kosa kata bahasa inggris namun masih di dalam keraguan saat menggunakannya. Dipastikan itu karena kosa kata yang dimiliki tersebut dalam penggunaannya masih dengan jalan pengalihbahasaan dari bahasa Indonesia. Contohnya saat anda membaca kata 'enormous' anda baru mengetahui artinya setelah sekian detik kemudian dengan cara menelusuri dalam ingatan untuk mencari artinya. Cara ini sebetulnya salah telak. 'Enormous' cukup bayangkan saja 'sesuatu yang besar'.

Sebelum mempelajari kosa kata baru, dengan semua kosa kata yang sudah anda punya cobalah untuk merubahnya ke dalam bentuk visual (gambaran) di dalam ingatan anda agar berhenti men-translate-kannya di dalam pikiran.

Contoh kata-kata yang pasti telah anda miliki adalah "lizard, giraffe, elephant, butterfly' nah coba bayangkan langsung pada bentuk hewannya saja. Ini akan terasa ringan diingat dan diucapkan jika ada beberapa kata yang anda tahu tapi ragu bentuk pengucapannya seperti 'chair, air, build, muscle" Anda bisa menggunakan aplikasi yang dapat di-download pada smarphone kesayangan anda untuk mengetahui(mendengarkan) bentuk pronounciation-nya.

Speaking yang baik berasal dari listening yang baik. Pertama-tama anggaplah kita ini bukan sedang belajar bahasa asing. Tapi anggap saja kita sedang belajar berbicara.

Anggap kita butuh menyebutkan segala hal yang ada di sekitar kita dalam bentuk suara. Agar kita bisa mengucapkannya. Dan sekali lagi jangan menggunakan bahasa indonesia saat mempelajari kosa kota bahasa inggris. Aneh? Karena inilah metodenya. Berikutnya kita hanya butuh mendengarkan dan mendengarkan bukan belajar dari bentuk tulisan.

Sebelum mengumpulkan kosa kata, kita sebelumnya harus tahu ia merupakan bentuk kata apa? Kata kerja 'verb', kata sifat 'adjective' atau kata benda 'noun'. Di dalam bahasa inggris hal ini penting untuk menentukan perlakuan saat menjadikannya sebuah kalimat. Karena jika kata tersebut kata sifat 'adjective' anda hanya tinggal menggunakan s+tobe. Seperti I am curious. Lalu bila hendak membuat bentuk future, setelah will kita memerlukan embel-embel be/get/make seperti he will get angry. Tidak bisa langsung berkata she will angry. Namun sekali kita tidak butuh menghapalkannya cukup sugestikan bahwa bahasa inggris adalah bagian dari cara berkomunikasi.

Sedangkan untuk mendapatkan logat alami kita harus menentukan accent kita. Mau British English atau American English? Lalu tanamkan dalam benak 'saya adalah orang inggris dan saya hanya sedang berbicara dalam bahasa saya sendiri'. (untuk yang mengambil aliran british accent) anggap itu mantra dan ucapkan berulang-ulang dalam hati. Alat yang dibutuhkan adalah aplikasi kamus berbahasa inggris pada smartphone anda yang terdapat fiture 'suara'.Maka ketika anda mempelajari kata baru, klik bagian simbol suara untuk membunyikan kata tersebut. Dan fokus mendengarkan dengan membayangkannya.

Berikutnya adalah kita akan dibingungkan dengan kata-kata apa saja yang harus kita pelajari. Mulailah dengan mengetahui kosa kata hal-hal yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Mulailah dari nama-nama anggota tubuh.

Dengarkan bentuk suaranya dari aplikasi di ponsel pintar anda dan mulailah sambil menunjuk bagian anggota tubuh anda berdasarkan kata yang sedang dipelajari. Tunjuk ke bagian tubuh tersebut dan perhartikan bentuknya baik-baik dan tanamkan di dalam hati contohnya: ini disebut 'ear'. Bukan lagi ear artinya adalah telinga.

Contohnya:

Eye lashes=lihat bulu mata anda dan sebut 'ini adalah eye lashes'

Chin= lihat dagu anda dan sebutkan, namai 'ini adalah chin'

Forehead= lihat jidat anda dan namai 'ini adalah forehead'

Lip= lihat bibir anda dan sebut, namai 'ini adalah lip'

Hand= lihat tangan anda dan ucapkan bahwa 'ini namanya hand'

Finger= lihat jari-jemari anda, sebut 'ini yang dinamakan finger'

Rahasia Lancar Berbahasa InggrisWhere stories live. Discover now