STEP 2 Rahasia Refleks Ber-grammar 2

358 12 0
                                    

3. Present Continues Tense

Present Continues Tense adalah kalimat sederhana yang sedang terjadi.

Ketika hendak menjelaskan sebuah kejadian yang sedang berlangsung maka tanpa pengalihbahasaan dari bahasa Indonesia, sebutkan langsung dalam bahasa inggris subject yang otomatis terpasang dengan tobe-nya lalu verb plus ing. Dan jangan lupa untuk percakapan sehari-hari pasangkan subject dan tobe dengan cara disingkat.

Rumusnya Subject+tobe+verb+ing.

Metodenya hampir sama dengan present tense. Ketika membayangkan subjek dan tobe. Perbedaannya adalah terletak apada kerja yang diberi imbuhan ing. Ketika membayangkan sesuatu pekerjaan yang sedang terjadi. Sebuah pekerjaankegiatan yang sudah dikenali dalam bahasa inggris menjadi berimbuhan ing ( verb+ing).

Metodenya:

Subject; namai sosok dari subjek tersebut dalam bahasa inggris (they, we, I, you, it)

Verb. Kenali sebuah kegiatan yang sedang terjadi (langsung dalam bahasa) inggris dan karena sedang dilakukan maka beri imbuhan ing.

contoh; ketika ada kegiatan sedang membaca. namai itu sebagai reading. Jangan buat dalam otak, sedang membaca bahasa inggrisnya 'reading'
Dan untuk kalimat sehari-hari seperti biasa menggunakan contraction. Contohnya: My son's playing football with his new classmates.

Bentuk Negative Present Continues Tense

Ketika hendak menjelaskan suatu hal yang tidak sedang terjadi kenali sebagai not yang ditegaskan (diletakan) setelah tobe.

Contoh: You're not learning english well.

Contoh dengan bentuk contraction:

I'm not being crazy

I ain't struggling hardly

Bentuk Tanya Present Continues Tense.

Rumusnya: Tobe+s+verbing?

Metodenya saat perasaan sedang penasaran, apakah benar suatu hal sedang dilakukan (terjadi). Hal pertama yang harus dibayangkan adalah fokus subject yang ditanyakan. Bila subjectnya he/she atau nama orang maka harus otomatis is yang berada diawal. Langsung munculkan tobe di awal! Selanjutnya sebut subjeknya lalu apa yang sedang dikerjakan akan memunculkan verb+ing.

Contoh: Are you reading Fifty shades of grey?

4. Present Perfect Tense

Sesuai maknanya present perfect tense berarti kalimat yang digunakan ketika kita hendak menjelaskan sebuah keadaan yang terjadi dengan kalimat yang sempurna.

Bentuk kalimat ini membutuhkan auxiliary has/have.

Rumusnya: S+has/have+verb3 (past participle)

Sama halnya dengan kalimat lainnya dalam bentuk kalimat present ada kata yang disingkat (contraction) yaitu subjek dengan auxiliary.

Have: I've. you've, we've, dan they've

Has: It's, she's, he's.

Metodenya:

Subject. Saat terbayang sosok subjeknya sebutkan langsung dalam bahasa inggris, (kecuali nama orang, atau tempat ) misalkan karena melihat antrian dan anda mengenalinya dalam bahasa inggris sebagai queuing .

Has. Berikutnya karena ia adalah nama hal maka ketika membayangkan situasi 'telah' anda mengetahuinya dalam bahasa inggris disebut has.

Verb3. Lalu karena situasinya telah terjadi maka kata kerja berubah secara otomatis ke bentuk ke dua (untuk verb yang memiliki bentuk ketiga menggunakan bentuk ketiga, ada juga verb plus ed, ada pula beberapa verb yang tidak memerlukan perubahan contoh; put read, chat).

Rahasia Lancar Berbahasa InggrisWhere stories live. Discover now