STEP 3 Conversation

302 10 0
                                    

Percakapan atau yang dalam bahasa inggris dikenal dengan conversation adalah hal akhir yang menjadi goal kita. Namun hingga saat ini kita masih kebingungan dalam melakukan percakapan bahasa inggris secara spontan bagaimana melakukannya tanpa berpikir terlalu dalam dan lama.

Lalu apa benar kunci dari menguasai bahasa inggris adalah dengan listening? Memang benar tapi masih belum mengena sasaran! kalau hanya sekedar listening tetapi dalam benak masih translate pada setiap kata yg ditangkap! Nantinya skill berbahasa inggris kita tetap pada level pasif.

Lalu ada lagi pernyataan; kuncinya adalah praktek. Ya benar sekali tapi tergantung dari bagaimana metode praktek itu sendiri.

Sedangkan dengan metode hapalan, kita mengalami ketertinggalan ketika berkomunikasi karena native speaker (atau temanmu yang sudah lancar) pasti berbicara cukup cepat. Ini dikarenakan kebanyakan kata bahasa inggris hanya memiliki satu suku kata. Belum lagi dengan kata yang di-contraction-kan

Pertama yang dilakukan adalah merubah cara mengenali kata-kata berbahasa inggris bukan dengan menghapal caranya seperti yang sudah dibahas di bab-bab sebelumnya.



Agar mudah berikut ringkasan tahapan dari bab awal sampai akhir:

Tahap 1
Mengenali semua vocabulary dengan menamainya bukan menghapal (mengartikannya ke dalam bahasa indonesia.)

Caranya:
Pertama mulai lah dengan kosa kata yang sudah hapal terlebih dahulu. Mulai ubah hapalan semua kata-kata berbahasa inggris menjadi penamaan pada benda/hal dari kata tersebut secara langsung.. Nah perlu digaris bawahi saat hendak belajar jalian harus memilih hendak mengikuti bahasa inggris U.K atau U.S.

Buka aplikasi kamus semacam u dictionary dan putar cara pronouciation-nya. Misal shoes langsung lihat bendanya, dan namakan itu sebagai shoes. Untuk yang benda yang tidak ada bisa menggunakan gambar dari google atau video di youtube dan benda itu dinamakan dengan kata berbahasa inggris yang anda maksud (apa saja snow misalkan). Kita bisa mengevaulasi dengan merekam suara kita sendiri lalu perdengarkan sendiri.
Setelah itu mulai pada kosa kata baru, caramya sama kalian harus cari bendanya atau cukup mencari gambar/videonya saja di internet.


Tahap 2

Mengenali cara memahami penggunaan tenses secara luwes dengan membayangkan maksud dari setiap kata dalam rumus kalimat, bukan mengartikan ke dalam bahasa indonesia. Contoh will bayangkan rasa sebuah kehendak.

Tahap 3
Listening. Setelah memiliki banyak Vocabulary dan paham grammar secara lues. Hal pertama yang harus dibiasakan adalah listening.

Caranya:

Lakukan praktek yang menyenangkan. Coba dengan mendengarkan lagu. Mulai dengan lagu favorit kalian yang bahkan kalian hapal liriknya. Tatkala mendengarkan setiap kata dalam lagu tersebut bayangkan bentuknya. Bukan artikan ke dalam bahasa indonesia.

Contoh lagu yang paling banyak orang hapal adalah Hero dari Mariah Carey.

Putar lagu itu dan tiap katanya kita bayangkan perwujudannya.

There's. Bayangkan sesuatu yang ada, jangan bayangkan kata ada dalam benak!

a. Bayangkan ke-sebuah-an
Hero. Bayangkan sosok pahlawan

Dan kata lainnya dalam lirik lagu tersebut.

Praktek dengan cara mendengarkan lagu ini sangat menyenangkan. Mulai lah pada lagu-lagu yang sudah kalian hapal terlebih dahulu. Biasakan diri. Tapi hati-hati dan perlu diketahui terkadang kata-kata pada lagu pronounciation-nya tidak sesuai.  Ini dilakukan musisi agar pas dengan nada lagu. Maka tidak disarankan belajar pronunciation dari lagu. Juga grammar yang seharusnya I'll never love anymore". Tapi kebingungan ini tidak begitu berarti jika kalian telah benar-benar menguasai semua tenses. Ingat menguasai jangan (bukan) menghapal! atau kalian bisa searching pada google apakah lagu dengan judul "....." grammarnya sesuai. Ingat bukan grammar/ pronounciation-nya salah tapi sengaja dibuat seperti itu karena untuk menyesuaikan nada.

Jika sudah terasa mudah, coba dengan film. Mulai dengan film-film yang memiliki kalimat sederhana seperti serial kartun. Karena untuk anak-anak serial kartun menggunakan struktur kalimat yang sederhana dan bahasa-bahasa yang ringan. Dan tentu saja  jangan memunculkan subtittle, seperti biasa ketika menangkap tiap (mendengar)  kata lihat bentuk atau kejadian di setiap scene dari film tersebut. Bukan memunculkannya makna bahasa indonesia di dalam benak.

Bila sudah terasa mudah, coba dengan yang berat seperti film-film hollywood. Untuk permulaan mulailah pada film-film favorit kalian.


Tahap terakhir

Mencari partner untuk sparing conversation bisa dengan jalan voice note atau telpon langsung.

Caranya:

Bagaimana cara mencari partner sparing bahasa inggris? Karena kenyataannya agak-agak susah. Kalian bisa mencarinya di grup facebook komunitas belajar bahasa inggris.

Kalian harus benar-benar berbicara bahasa inggris secara full dengan si partner. Bahkan ketika membuat aturan dalam sparing percakapan kalian yang biasanya lebih enak menggunakan bahasa indonesia. Tetaplah menggunakan bahasa inggris.

Selain perkenalan kalian juga bisa membicarakan tentang kesukaan atau hobi, bisa diisi dengan curhat.

Ingat!! Anggap berbahasa inggris itu mudah! jangan belenggu diri anda dengan mindset 'berbicara bahasa inggris secara spontan itu sulit'

Tatkala curhat contohnya. Cukup bayangkan saja apa yang ingin dicurhatkan. Tentang dompet hilang misal, bayangkan bendanya lalu namai itu dalam bahasa inggris, dan bayangkan sebuah kehilangan yang tadi terjadi maka akan muncul kata kerja bentuk ke 2.
Jadilah; 'My pocket left'

Dan dengan membayangkan hal lain dan tuangkan dalam bentuk kata-kata 'I'm really confused. God... How stupid I was. I don't understand why I wasn't focus'

Begitupula ketika menjadi pendengar, cerna setiap kata dalam kalimat curhatan teman kalian itu menjadi wujud-wujud bayangan dan ini akan mengena langsung di psikis kalian. Bagaimana kalian dapat benar-benar ikut berempati. Otomatis kalian akan menjawab sesuai dengan apa yang psikis rasakan. Contoh; "How could it happen? God... what a poor friend."

atau bisa saja anda malah memutar bola mata malas atas kecerobohan teman anda dan memunculkan kata "really ridiculous, sorry it's the fact"

Lakukan tahap terakhit ini secara santai dan semenyenangkan mungkin. Agar seru dan tak seperti sedang latihan praktek untuk ujian yang menegangkan dan pasti membuat bosan saat latihan. Bahaslah tentang kesukaan kalian, bisa ngobrol tentang gebetan kalian, hobby atau artist favorit.

Rahasia Lancar Berbahasa InggrisWhere stories live. Discover now