Bongkar Aib Kabel

57 16 1
                                    

Ricky bingung kenapa semua orang ngeliatin dia, udah kaya ngeliat orang gila telanjang di pasar. "Ada apa?" Kata Ricky bisik-bisik ke Toho pas nyampe tempat duduk.

"Ada apa? Nggak ada apa-apa. Mana es jeruk gue?" Jawab Toho dan balik nanya ke Ricky.

"Ah Lu nyuruh gue nggak ngasih duit. Gue lupa bawa duit, ya nggak jadi gue beli lah es-nya." Jawab Ricky emosi.

"Eh Rick. Gue udah tau siapa pelakunya." Sambung Mules ngomong. "Jayen pelakunya. Tadi dia cerita ke Kiting dan kita denger sendiri."

"Serius?" Kata Ricky kaget langsung duduk. "Eh nanti ya es-nya gue beliin. Ini serius"

"Iya nggak usah ngurusin es. Kita apain ya si Jayen?" Tanya Mules ke semua.

"Mau lu apain? Jangan dibales! Kejahatan nggak harus dibales sama kejahatan" Jawab Paung santai.

"Iya, Pak Ustad." Jawab Mules males ke Paung.

"Eh beneran, Les. Nggak perlu dibales. Nyari masalah aja Lu." Sambung Ricky.

"Tampang Mules nggak bales dendam mah nggak mungkin Rick, Ung." Saut Toho.

"Iya, masa nggak gue bales?" Sambung Mules ke semua.

Paung dan Ricky terus nasehatin Mules buat nggak bales dendam, tapi Toho manas-manasin sebaliknya. Dengan kesepakatan, Mules ngikut suara terbanyak buat nggak bales dendam, walaupun dalem hatinya geregetan banget pas tau kalo Jayen yang ngelakuin. Dia senyumin aja.

"Kenapa lo manggut-manggut sambil senyum?" Kata Ricky ke Mules.

Nggak nyangka ternyata ada yang merhatiin Mules lagi senyum. Kayanya mereka sadar deh kalo Mules mau bales dendam. Nggak lama dari itu bel istirahat kedua bunyi. Semua bocah turun ke kantin buat makan, termasuk Mules dan temen-temen.

***

Setelah istirahat, pelajaran Bahasa Jepang di lantai dua. Nama gurunya Keitaro San, kelas Keitaro San itu selalu seru, gurunya interaktif, bocahnya pada ketawa-tawa. Soalnya kalo beliau ngomong tuh berasa lagi nonton anime, terus temen sekelas jadi suka nyaut kaya dianime juga.

Pernah waktu itu di kelas Keitaro San, beliau lagi ngejelasin tapi ngomongnya kecepetan, nggak ada yang ngerti dia ngomong apa. Terus sekelas pada liat-liatan kaya ngasih kode gitu dan rame-rame bilang "NANII!" Keitaro San bukannya marah, tapi malah nyautin ngomong kaya dianime, si Mules nggak ngerti beliau ngomong apa, soalnya dia kurang ngerti dan tertarik sama jepang-jepangan, tapi kalo musik pantura Mules jagonya, mulai dari Nella Kharisma sampe Vita Alvia tau semua.

Tapi tetep Mules ikutin pelajarannya walau nilainya pas-pasan. Karena menurutnya, ilmu itu harus dipelajarin sebanyak-banyaknya. Masalah kita nanti kerja dibidang apa, kita udah punya basic-nya. Ya walaupun pasti harus belajar lagi biar mahir.

Seharian ini tuh nggak tau kenapa sama Mules, ada banyak banget kejadian yang bikin susah. Kaya disuruh ngeberesin matras, nunggu kembalian Bude Kantin, diomelin Bu Martabak, eh Keitaro San juga minta tolong Mules bawain buku tulis sekelas ke ruang guru mentang-mentang dia piket. Nggak papa sih, siswa kan dikasih ilmu, masa pas guru minta tolong sedikit kita nggak bantuin. "Kalo kata Emak Bapak gue, kita dikasih tenaga sama Tuhan, ya buat nolongin orang. Jadi hidup kita berguna buat sesama, bukan cuma napas." Kata Mules dalem hati.

Untungnya di ruang guru lantai dasar, bisa sekalian pulang, tapi Keitaro San ninggalin Mules, katanya beliau mau ke toilet.

***

"Lagi mules nggak, Lo? Berak gih!" Kata seseorang yang tau-tau ngomong dari tangga diatas Mules. Dia nengok keatas dan ngeliat ada cewek sendirian kaya orang jagain toilet umum.

"Dih nggak jelas, Lo! Kabel!" jawab Mules seadanya dengan sinis.

"Berenti ngapa sih! Manggil gue Kabel? Kan kita sama-sama kelas Sebelas" Saut dia lebih sinis.

"Kan Kabel lebih tua dari gue. Jadi wajar lah gue manggil Ka Bella" Sambung Mules nyindir. Pas lagi cekcok gitu ada gerombolan bocah turun dari lantai 3 sambil bercanda.

"Eh, Eh, Nis. Tau nggak. Mules kecepirit lagi nih. Liat aja kakinya rapet banget. Dari SD dia sering cepirit tau!" Kata Bella ke gerombolan itu. Kayanya dia kenal sama gerombolan itu, soalnya dia nyebut namanya. Gerombolan bocah itu ketawa semua dan ada yang pura-pura ngecek celana Mules lalu pergi.

Dari awal chapter, gue belom cerita asal mula gue dipanggil Mules kan? Gue ceritain dikit ya.

Nama dia Edward Charles, tapi kebanyakan orang manggilnya Mules. Alesannya cuma karena waktu SD dia pernah nahan mules ampe kecepirit dikit. Aneh tau! Padahal kecepirit sekali doang, tapi entah kenapa dia selalu diinget jadi orang yang pernah kecepirit.

Setiap ketemu orang, dia pasti ditanya "Lagi mules nggak lo?" abis itu disuruh berak dah! Padahal waktu itu dia nggak kuat nahan karena nggak bisa berak duduk. Maklum kebiasaan berak nongkrong kaya anak gaul yang gemar nongkrong di kape.

Sebelum bocah itu pada pergi, Mules sautin saking keselnya "Iya gue cepirit. Untung aja ada Bella nih mau nyebokin gue di kamar mandi. Eh nggak boleh manggil Bella, kita semua harus manggil dia Ka Bella. Soalnya dulu waktu SD dia pernah nggak naik kelas. Jadi dia lebih tua dari kita semua" semua orang ketawa dan ngejek dengan manggil Ka Bella.

"Eh, Eh. Jangan Ka Bella. Kabel aja biar simple manggilnya." Sela Mules lalu buang muka turun ke bawah tangga ninggalin Bella lagi diketawain di tangga.

Gue jelasin siapa itu kabel. Ka Bella adalah temen Mules dari kecil. Rumah mereka deketan, dan sering main bareng. Saking seringnya, dulu Mules suka nyamper dia main sepeda, boncengan. Dan bener, Bella pernah nggak naik kelas pas SD, tapi Mules dan Bella tetep temenan, malah makin sering main karena jadi sekelas pas SD. Setelah lulus SD, Mules udah nggak begitu sering main bareng karena SMP dan sekolahnya beda arah.

Bella ngejar Mules sebelum dia masuk ruang guru. Bella bilang kalo tadi ngejek Mules tuh karena mau nyapa, cuma bingung mau gimana nyapanya. Terus Bella bilang kalo dia marah Mules ungkit masa lalunya, karena itu aib. Tapi Bella marahnya kaya marah sayang gitu. "Aneh banget tuh orang! Disangka manggil gue Mules bukannya aib juga?" Kata Mules sambil mikir

Abis itu dia pergi ninggalin Mules dengan mata yang berkaca-kaca. Mules mau ngejar males, nggak dikejar dia ngerasa bersalah. Karena kata Emak bapak gue "Apapun alasannya, laki-laki tuh nggak boleh nyakitin hati perempuan."

Akhirnya Mules memutuskan buat ngejar Bella, tapi naro buku Keitaro San dulu.

Kelanjutannya diparrt selanjutnya ya
See yaa

ADUUH MULES!!Where stories live. Discover now