Jawaban Mules Buat Jayen

39 10 0
                                    

Mules tidur masih pake baju yang dipake seharian ini. Dia tidur pules dan pas bangun badannya anget. Emaknya bilang kalo Mules nggak usah masuk sekolah karena badannya anget, udah terlambat juga karena Emaknya nggak ngebangunin. Tapi Mules ngeyel dan tetep mau sekolah.

Di kelas, Toho, Ricky dan Paung bertanya-tanya kemana Mules. Jayen yang biasanya duduk di depan, hari ini dia duduk dibangkunya Mules karena memang lagi nungguin Mules dateng. Sampe bel bunyi Mules nggak dateng juga, Jayen diusir sama Toho buat duduk dibangkunya sendiri.

Semua mikir kalo Mules bolos sekolah buat menghindar dari Jayen. Toho, Ricky, dan Paung nggak ada yang jawab pas Jayen nanya Mules dimana. Karena memang Mules nggak cerita kenapa dia hari ini.

Semua bocah udah masuk kelas. Bel sekolah udah bunyi. Pager sekolah juga udah ditutup. Mules dateng dianter bapaknya naek angkot sampe depan gerbang. Bapaknya turun dan ketemu sama Pak Patpam buat minta izin Mules masuk karena dia lagi kurang enak badan. Satpamnya ngizinin karena ngeliat sendiri kalo Mules Pucet. Mules tadinya mau dianter sampe kelas sama Satpam itu, tapi Mules nggak mau karena bakal ngerepotin Pak Satpam yang lagi jaga.

Mules jalan pelan-pelan naik tangga sampe Lantai 3. Pas sampe depan kelas, dia masuk dan minta izin sama Bu Iis yang saat itu lagi ngajar. Bu Iis ngizinin Mules masuk dengan alasan telat karena sakit. Semua temennya ngeliatin dari depan kelas sampe duduk di bangkunya.

Pelajaran dilanjutin dan Bu Iis terus nerangin materi. Toho, Ricky, Paung, dan Jayen ngeliatin Mules dengan muka pucet sakit. Mules ditanya diem aja karena memang nggak fit hari ini. Sampe akhirnya bel istirahat pertama bunyi.

"Lo sehat, Les?" Tanya Ricky ke Mules waktu di kantin pas istirahat pertama. Mules senyum doang lalu ngelanjutin ngunyah makanannya.

"Dih ditanya malah senyum doang. Nggak jelas Lo!" Saut Toho ke Mules.

"Lagian orang lagi ngunyah ditanya, ya mana bisa jawab. Gue nggak papa kok. Tadi pagi lemes karena belom sarapan aja." Jawab Mules ke semua.

"Oh ge kira Lo sakit, abis dari pagi muka Lo pucet" Sambung Ricky.

"Udah, Ah! Banyak bacot Lo pada! Abisin makanannya dulu baru ngobrol." Sambung Mules.

Pas lagi serius makan, Jayen dateng ke meja tempat Mules dan lainnya makan. Tanpa basa-basi Jayen langsung bilang kalo flaskdisk-nya jadi nggak bisa dan minta tanggung jawab Mules.

"Nanti dulu Jayen. Nggak liat apa gue lagi makan?" Kata Mules ke Jayen yang lagi berdiri. "Lo duduk dulu dah. Nungguin gue sesuap lagi abis" Minta Mules dan Jayen pun nurut dan duduk di samping Toho.

"Lo nggak makan?" Tanya Toho basa-basi ke Jayen.

"Udah sebakul gue makan tadi." Jawab Jayen becanda.

"Becanda Lo kaga Lucu Bego!" Jawab Toho sambil ngeplak palanya.

"Eh Jayen. Flaskdisk Lo gue bawa dulu ya? Gue bisa kok benerinnya. Gampang itu." Kata Mules lalu minum es di gelas plastik.

"Yaudah. Nih" Sambung Jayen ngasih flaskdisk ke Mules. "Gue tunggu di rumah nanti sore. Lo langsung kasih ke nyokap gue ya."

Mules Cuma senyum dan ngangguk pas dikasih flaskdisk itu. "Udah kan? Yaudah sono pergi." Mules melambaikan tangannya kaya kode ngusir.

"Mules.. Kata Paung ke Mules.

"Iya, Gue Mules." Jawab Mules refleks.

"Lo bego ya?" Tanya Paung ke Mules "Emangnya Lo bia benerin tuh flaskdisk?"

"Kaga. Gue ngeles aja dulu. Nggak suka gue ngeliat Jayen keringetan gitu. Kalo gelas es jeruk Ibu kantin mah seger keringetan, kalo ngeliat Jayen keringetan gitu gue jijik banget kaya abis panjat pinang." Jawab Mules Becanda.

"Hhahaa. . . ." Toho ketawa ngakak.

"Kali ini gue nggak ikut-ikutan ya, Les. Sorry." Kata Ricky lalu pergi dari kantin.

"Mules Mules! Bego banget sih Lo! Gue juga nggak bisa bantu kali ini. Lo pikirin sendiri ya!" Kata Paung yang nyusul Ricky bawa piring dan gelas kosong ke pinggir kantin. "E Rick! Piring Lo nih! bawa Woy! Teriak Paung ke Ricky sambil ngambil piring Ricky sekalian.

"Lo udah berak belom sih Les? Hhahaa . . ." Sambung Toho. Gue nggak tau lagi sama keputusan Lo. Gue ampe kaget pas Lo bilang gitu ke Jayen barusan. Salut gue. Udah yu! Balik ke kelas! Sebentar lagi masuk."

Mules dan Toho balik ke kelas nggak lupa bawa piring dan gelasnya. Pas nyampe di kelas Mules bilang ke Ricky dan Paung "Nggak nyangka Lo berdua ngehianatin gue. Ampe nggak mau nolongin gue lagi."

Bukan gitu, Les. Lagipula kan masih ada Toho yang mau nolongin Lo." Sambung Ricky ngomong.

"Dih! Kata siapa gue mau nolongin Mules. Kaga. Kaga berani gue kalo masalahnya serius kaya gini." Saut Toho.

Mules nengok ke Toho yang ngomong sambil ketawa. "Nggak nyangka gue sama temen-temen gue. Oke. Kalo besok-besok Lo ada masalah nggak akan gue bantuin Lo."

Bel masuk bunyi, Mules nggak duduk sama Toho di pelajaran selanjutnya dan jadi makin diem-dieman.

Yahh kok jadi gini sih?
Setelah ini chapter terakhir
Jangan lupa baca ya
See Yaa

ADUUH MULES!!Where stories live. Discover now