lethologica

1.6K 230 16
                                    

'lethe' dan 'logo' berarti 'pelupa' dan 'kata' dalam bahasa Yunani Kuno. Jika digabungkan ini akan berarti 'melupakan suatu kata'. 

Nah, inilah yang akan saya jelaskan. Kamu pernah mendengar kata lethologica? Itu suatu kata dalam psikologi yang menggambarkan keadaan di mana kita melupakan suatu kata atau kalimat saat sedang berbicara. 

Hal ini karena fungsi otak dalam menyimpan dan membuka kembali memori tersebut mengalami kesalahan. Otak tidak bekerja seperti komputer yang bisa menyimpan data dengan mudah lalu memunculkan kembali data tersebut dengan menekan suatu tombol.

Menurut Universitas Of Queensland, tidak semua memori disimpan dalam satu bagian otak yang sama. Terdapat beberapa bagian otak yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan memori, yakni hippocampus, neocortex, amygdala, bangsal ganglia, dan cerebellum.

Di antara banyaknya bagian otak, yang berkaitan dengan pengolahan bahasa adalah neocortex, yakni lembaran jaringan saraf berkerut yang membentuk permukaan luar otak.

Periset mengungkapkan bahwa yang menyebabkan lethologica mungkin saja karena kelelahan otak bagian neocortex. Otak yang terus bekerja, memiliki risiko melakukan kesalahan dalam menyampaikan sinyal suatu informasi. Akibatnya, seseorang bisa lupa dengan suatu kata saat berbicara.

Namun, bisa juga menandakan bahwa fungsi otak bagian neocortex kamu cukup lemah sehingga kondisi ini rentan terjadi.

Apakah ada cara untuk menghindari Lethologica? Sebenarnya ini fenomena normal, tetapi untuk mengurangi kamu bisa mengistirahatkan pikiran agar stress menghilang. Sedangkan, untuk mengatasinya kamu bisa mencoba mengalihkan otak pada kata lain yang sepadan. 


 Referensi : https://hellosehat.com/saraf/saraf-lainnya/lethologica-sulit-mengingat-kata/


Ngomong-ngomong .... 

Jika kalian minum satu galon sehari, maka kalian tidak akan punya  waktu untuk mengurusi hidup orang lain. Karena kalian akan sibuk keluar masuk  kamar mandi, hahaha.

PsychologyWhere stories live. Discover now