kalau sering melamun berarti kamu cerdas

1.4K 210 11
                                    


Sering melamun atau bengong menandakan bahwa orang tersebut memiliki kecerdasan yang tak biasa.

Mengapa? 

"Orang dengan otak yang efisien mungkin memiliki terlalu banyak kapasitas otak sehingga pikiran mengembara kemana-mana," papar Eric Schumer, seorang Profesor dari Georgia Institute of Technologi yang menjadi salah satu tim dalam riset tersebut.

Menurut studi terbaru dari The Georgia Institute of Technologi, mereka melakukan riset yang dibantu oleh 100 peserta. Tim peneliti meminta setiap individu memfokuskan perhatian mereka pada hal yang membosankan. Beberapa saat kemudian, pikiran mereka pun mengembara bahkan disaat mata mereka terkunci pada suatu hal. 

Data menunjukan pola saat pembacaan ritme aktivitas otak dilakukan pada tiap peserta. Pola otak yang terjadi saat mereka yang sedang melamun juga terkait dengan jenis aktivitas otak lainnya. 

Para ilmuwan kemudian melakukan tes untuk menentukan kecerdasan dan kreativitas pada masing-masing orang. Mereka juga diminta mengisi survei yang merinci seberapa sering mereka menemukan diri mereka melamun. Hasilnya, terdapat hubungan yang kuat antara mereka yang melamun dan kemampuan intelektual yang lebih tinggi, hal ini juga mengacu pada hubungan orang-orang yang berpikiran kuat dan kebiasaan melamun.

Karena ini mereka percaya individu yang lebih cerdas memiliki otak yang lebih efisien, dan menyisakan lebih banyak energi bagi otak untuk berpikir acak.

Referensi : https://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/30/211708020/tak-disangka-orang-yang-sering-melamun-ternyata-lebih-cerdas

PsychologyWhere stories live. Discover now