Tips Berpenampilan Bagi Maba

677 66 0
                                    

Satu yang maba harus sadar adalah mereka akan selalu jadi pusat perhatian. Siapa lagi yang merhatiin kalau bukan "kakak tingkat". Tujuannya adalah mencari-cari kesalahan kalian yang akan dijadikan topik pembahasan saat sesi evaluasi. Selain itu tentu akan menjadi bahan gibahan di tengah kegabutan para senior.

Salah satu hal yang sering digibahin dari Maba adalah "Penampilan". Beberapa fakultas memiliki standart aturan dalam berpenampilan. Tapi bagaimana dengan fakultas yang membebaskan mahasiswanya?

Simak tips berikut:

1. Make Up
Gunakan make up semimimal mungkin. Kamu bisa gunakan foundation, bb cream, bedak untuk wajah. Lip ice, lip balm, lipstik warna nude untuk bibir. Mascara untuk menebalkan bulu mata. Hindari penggunaan eye shadow, blush on, eyeliner, dan lipstik warna mencolok seperti merah dan ungu.

2. Rambut
Bagi yang tidak berhijab, kamu bisa mengikat atau menjepit sebagian rambut ke belakang. Silahkan jika ingin diurai. Hindari terlalu ngeblow rambut atau mewarnainya.

3. Kerudung
Bagi yang berhijab, gunakan model kerudung yang wajar, alias simple. Hindari terlalu melilit-lilit yang nampak ribet terkesan seperti mau kondangan.

4. Baju
Idealnya baju kuliah adalah kemeja berkerah. Tapi yang terpenting adalah sopan, tertutup, dan nggak ngejeplak dua gunung depan.

5. Bawahan
Idealnya bawahan adalah celana atau rok kain. Tapi yang terpenting adalah sopan, tertutup, dan nggak ngejeplak dua gunung belakang.

6. Alas kaki
Gunakan alas kaki yang menutupi keseluruhan kaki atau boleh yang hanya menampakkan punggung kakinya saja. Namun idealnya gunakan sepatu.

7. Tas
Gunakan tas seperti tas sekolah pada umumnya. Hindari menggunakan tas jinjing ala emak-emak. Bahkan meskipun kamu sedang tidak membawa apa pun.

8. Name tag Maba
Benda berukuran kecil yang apa bila tidak digunakan dapat membuat masalah besar. Maba itu memiliki aura kemabaannya sendiri. Bahkan meskipun tidak menggunakan name tag, senior dapat sangat mudah mengenali. Jadi jangan mencoba menyamar dengan tidak menggunakan name tag. Siap-siap disidak kakak TKP.

Gaya penampilan tersebut direkomendasikan bagi para maba. Ingat ya, Maba!!!. Mahasiswa yang belum memiliki junior.

Menuju MahasiswaWhere stories live. Discover now