12. Kembang Api

6.8K 951 408
                                    

He,

~*~

Dyo nutup mukanya pake telapak tangan, jantungnya berdetak kenceng banget saking kagetnya. Dia mau lari, tapi badannya kaku kaya gak bisa digerakin. Dari sela-sela jarinya dia nyoba ngintip, kiranya sosok apa yang tadi dia lihat. Demit beneran atau cuma,

“eh si anjir!!”

Dia langsung misuh dan buka telapak tangannya. Dia pukul deh galon di depannya lumayan kenceng sampe nimbulin bunyi ‘BUGH’ dan bikin air di dalemnya nyiptain gelembung.

“ini yang naroh topi di atas galon kurang ajar banget anjir, bikin orang jantungan bae” Dyo singkirin deh tuh topi laken yang ada di atas galon terus di taroh di meja.

Jadi yang dilihat tadi tuh cuma ilusi aja gara-gara suasananya gelap terus kepalanya lagi pusing. Hal itu bikin gambaran-gambaran aneh yang otaknya Dyo ciptain.

“haduh, makin pusing kan kepala gue” Dyo mijitin pelipisnya terus jalan balik ke kamar.

Dia baringan lagi di kasur terus berusaha nutup matanya.

Pas matanya kepejam, bayangan-bayangan mengerikan kaya setan, monster, pembunuhan mampir semua. Pokoknya yang jelek-jelek tuh pada nongol, bikin Dyo buka matanya lagi.

Dia ngelirik ke arah lobang sempit di bawah pintu, habis itu ngelirik jendela kamarnya yang ada tepat di sebelahnya.

Pikirannya lari kemana-mana, ngebayangin seandainya di luar kamarnya ada setan, terus ada setan yang ngelongok di kaca jendela.

Dyo langsung nyebut dan baca ayat kursi berkali-kali. Kalo sakit emang pikirannya suka lari kemana-mana, gak masuk akal pula.

Omong-omong untuk kejadian galon barusan, itu bukan kali pertama yang dirasain Dyo sih, si mamas sering banget kaya gitu. Ngira benda mati itu setan gara-gara pencahayaan yang kurang, terus tata letaknya yang menunjang banget (ini ada istilahnya sendiri, tapi gue lupa apa namnya). Dulu dia pernah nyangka ada anak kecil berdiri di deket kulkas, pas dideketin ternyata cuma kipas rusak yang kepalanya udah lepas terus ditarohin helm di atasnya. ada dua tersangka siapa yang naroh helm di situ. Kalo bukan Chanyeol ya Sehun.

Lama cuma diem dan mandangin genteng rumah, kantuknya dateng dan gak butuh waktu lama Dyo balik tidur lagi.

Paginya,

Sehun baru bangun tidur jam delapan. Hari jum’at gaes, libur jadi dia bisa tidur sepuasnya dan bangun kapan aja. Dia ngelirik ke samping, ke adeknya yang masih bobok juga. Cengirannya ngembang, mukanya ngedeket terus kasih kecupan di pipi mbemnya.

ehehe, dek Alif ngilelan koyo Thehun” katanya sebelum turun dari ranjang.

(“hehehe, dek Alif ngileran kaya Sehun”)

Dia ngelangkahin kakinya Chanyeol yang ngehalangin jalan. Bapaknya itu juga masih ngorok, hari ini gak ke ladang karna katanya ngantuk parah. Kepalanya si adek nengok kanan kiri pas sampe pintu.

“kok thepi?” katanya terus keluar kamar. Dia jalan ke kamarnya Dyo, siapa tau mamasnya ada di kamar dan masih tidur, “loh, thepi juga?”

Matanya kedip-kedip heran, mamih sama mamas kemana dah? Pagi-pagi udah ngilang aja.

“Mamih… Mamas…”

Sehun jalan ke dapur terus keluar lewat pintu belakang. Dia lihat Baekhyun sama Dyo, lagi duduk di dipan bambu halaman belakang ternyata.

“mamih” panggil dia sambil jalan nyamperin dua orang itu.

Baekhyun senyum ke si adek. Dyo ngelirik aja terus balik ngirisin pisang. Pisang lebih menarik daripada Sehun yang masih jetetan. Tau jetet? Bekas iler.

Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol | ✔Where stories live. Discover now