26. Hantaran

6.4K 956 557
                                    

Turururuuu,

Ada pembacanya Jodoh Mas Naufal di sini? Kalo ada, gue habis publish bonus chapter di sana. Yang belom baca dan udah dihapus dari perpus, boleh dicek lagi (kalo mau). Gue kasih tau di papan pengumuman takutnya gak ngefollow jadi gue kasih tau di sini, siapa tau ada pembacanya.

Okelah bos, kuy baca.

~*~

Di dapurnya Minseok lagi penuh nih, ada Baekhyun, buk Asri, Zidan, Dyo sama dia sendiri. Hari ini rencananya si mamak mau bikin hantaran. Hantaran kecil-kecilan aja, ke saudara-saudara deket aja.

Minseok baru aja dari pasar sama Dyo beli bahan-bahan buat hantarannya. Dari beli ayam, telor, kelapa, bihun dan kawan-kawannya lah. Menu hantaran itu biasanya opor ayam kalo gak lodeh daging kambing atau sapi. Berhubung perekonomiannya mamak lagi sempit, dia bikin opor ayam aja. Terus semur bihun telur, bali telur/telur balado, sama nasi yang penting. Terus jajanannya itu terserah, mau ada apa enggak juga gak papa.

Buk Asri lagi marut kelapa, Baekhyun ngupasin bawang sambil mangku dek Alif. Terus Dyo ngupasin kulit telor yang udah direndemin di air dingin, Zidan ngulek bumbu, terus Minseok goreng semur.

“adekmu tadi kemana, mas?” tanya Baekhyun, perasaan dari tadi gak lihat anak tengahnya itu seliwar-seliwer kaya biasanya.

“main sama Keyla sama mas Luhan tadi” jawab si mamas.

Baekhyun manggut-manggut aja habis itu lanjut ngupas bawang.

“tidurin dulu gih anakmu, udah anteng gitu” kata buk Asri sehabis lihat cucunya yang paling kecil itu lelep banget tidurnya.

Baekhyun noleh ke si dedek habis itu bangkit dan nidurin si bungsu di kamarnya Luhan.

Mereka ngobrol-ngobrol selagi tangan mereka terampil kerja. Ngebahas hal-hal yang terjadi di desa. Mulai dari panen, konflik desa, konflik rumah tangga tetangga, harga gula, sampe harga taplak meja mereka bahas. Ya namanya juga jiwa ibuk-ibuk. Apalagi ada buk Asri yang wanita tulen, makin lancar deh ya. Eh tapi Zidan sama Dyo bukan ibuk-ibuk deng. Alah biar dah, entar juga jadi ibuk-ibuk kalo udah nikah.ehe.

“Dan, Zam beli jajan gih” suruh Minseok.

“dimana, kak?” tanya Zidan.

“di Annisa atau dimana gitu yang lengkap. Jajannya beli wafer, kacang atom, sama taek-taek celeng, taek taek kucing atau apa gitu yang sekiranya gedhe”

Dyo sama yang lain ketawa denger kata taek celeng sama taek kucing. Emang bener sih itu nama jajannya, keluarganya Baekhyun nyebutnya taek celeng karna bentuknya bunder-bunder, terus taek kucing karna bentuknya lonjong panjang. Padahal nama aslinya itu kerupuk atom. Enak loh rasanya, cuma namanya aja yang gak elit. Gak tau itu siapa orang yang ngasih nama, entah terlalu kreatif atau emang pikiran orangnya aja yang jorok.

Nama boleh jorok, tapi rasa gak bisa bohong. Kaya kontol kambing sama peli bebek tuh, mantab jiwa rasanya.

“beli berapa mak?” tanya Dyo.

“beli sepuluh. Jajannya beli masing-masing sepuluh. Tiga jenis ya jajannya” jawab Minseok.

“oke, mak. Mana duitnya?”

Minseok melanin nyala apinya habis itu jalan ke kamar ngambil duit. Dyo sama Zidan saling pandang dan naik turunin alis. Kesempatan keluar cari udara segar uhuy.

“mas, mamih nitip pempersnya Alif ya yang biasanya ukuran S”

“asiyap, mih. Duitnya mana?”

Baekhyun ngambil duit di saku kaosnya terus dikasihin ke anak sulungnya.

“lebih gak nih, mih?”

Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol | ✔Where stories live. Discover now