#catatandari Anak Arsitektur (Girl Version part 2)

182 17 6
                                    

Lanjutannya ya..

__

7. Lebih banyak praktik atau teori sih Kak?

Kalau dari jawaban ku diatas udah pasti banyak praktiknya sih kalau di jurusan ini, tapi biar bisa bikin desain yang bagus teorinya harus dipahamin dulu. Pemahaman mahasiswa arsitektur terhadap teori akan terlihat dalam desain yang dia bikin.

8. Jurusan ini cabang peminatannya ada apa aja nih Kak?

Di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik ULM (Salah Satu Univ. di Kalimantan Selatan) dimana aku mengenyyam bangku perkuliahan ada 15 mata kuliah peminatan yang tersedia ( 8 Mata Kuliah untuk Semester Genap) dan (7 Mata Kuliah untuk semester ganjil), beberapa diantaranya adalah Arsitektur Tepian Air , Arsitektur Dayak Meratus, Perancangan Produk Interior, Studi Perumahan dan Permukiman dan Perancangan Lansekap.

Sesuai dengan Visi Fakultas Teknik ULM yakni Menjadi fakultas yang terkemuka dan berdaya saing dalam rekayasa dan penerapannya di bidang lingkungan lahan basah. Salah satu mata kuliahnya adalah Arsitektur Tepian Air, penekanan materi perkuliahan pada arsitektur yang ada di tepian sungai-sungai Kalimantan Selatan. Arsitektur Dayak Meratus sendiri adalah mata kuliah pilihan yang disajikan untuk mendukung pengetahuan mahasiswa terkait kekhususan karya arsitektur yang dibangun oleh suku Dayak Meratus di Kalimantan Selatan.

9. Kak gimana suka dukanya kuliah online di masa pandemi seperti sekarang?

Di masa pandemi ini yang saya alami dalam pemberian materi perkuliahan setiap dosen menggunakan metode yang berbeda - beda dengan aplikasi yang berbeda pula dan saling menyesuaikan kemampuan dosen dan mahasiswa.

Kalau tugasnya sih hampir nggak ada bedanya, karena biasanya tugas kami memang dilakukan di rumah, jadi hampir tidak ada bedanya dengan sebelum adanya pandemi ini, yang cukup menyulitkan hanya kami tidak bisa suurvei langsung ke lapangan jadi pengukuran lahan ataupun foto - foto view sekitar site hanya dilakukan via google street ataupun menggunakan foto -foto yang terdahulu, ini membuat pengukuran yang lebih rinci tidak bisa kami lakukan.

Kalau kerja kelompok seperti membuat powerpoint kami tidak mendapat kesulitan yang berarti karena sejak awal kami juga menggunakan google slides yang pengerjaannya bisa dilakukakan masing - masing anggota di tempat yangg berbeda.

Nah kehidupan mahasiswa arsitektur yang selalu belajar software - software baru membuat kami terbiasa saling mengajarkan jika diantara satu dan lainnya tidak memahaminya, biasanya kami berkumpul di kos teman ataupun rumahnya untuk saling belajar menggunakan software ataupun mengerjakan tugas, tetapi sejak pandemi datang kami hanya bisa saling membantu menggunnakan videocall, rindu rasanya berkumpul lagi sampai dini hari , tidur bergantian supaya semuanya nggak ketiduran dan tugasnya jadi terbengkalai.

10. Apa saja keuntungan dan kerugian kuliah online nih Kak?

Keuntungan kuliah online sih kita bisa ngerjain semuanya tanpa perlu keluar rumah , nggak perlu repot - repot makeup dan milih milih baju hehe, kerugiannya sih kuota jadi banyak banget kepakenya, lebih repot lagi kalau jaringan kurang stabil, dan seperti yang udah aku ceritain tadi , nggak bisa survey ke lapangan lumayan menyusahkan.

11. Prospek kerjanya kemana aja?

Prospek kerja di jurusan arsitektur ini luas banget, yang utama tentunya menjadi Arsitek Profesional, tapi selain itu jurusan ini juga menawarkan pekerjaan lain seperti menjadi kontraktor, developer,konsultan, PNS yang bergerak di bidang bangunan, menjadi dosen, penghitung Rencana Anggaran Biaya bahkan kalau nanti saat bekerja kamu tidak ingin mendesain bangunan lagi kamu bisa jadi penulis, kritikus ataupun pengamat di bidang arsitektur, kamu juga bisa membuka kursus desain entah manual (menggambar) ataupun pengerjaan menggunakan software - softwarenya.

12. Menurut Kakak hal-hal apa saja yang wajib dilakukan oleh mahasiswa yang berguna bagi masa depannya?

Bagi mahasiwa arsitektur belajar dan ngerjain tugas aja tuh gak akan cukup buat masa depan, soft skill yang jadi modal utama mahasiswa arsitektur untuk terjun kelapangan nanti harus sudah mulai diasah sejak kuliah, mahasiswa arsitektur harus punya kemampuan presentasi, berdiskusi, berargumen dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan bisa membangun jaringan sosial yang luas serta terbuka terhadap ilmu apapun, karena pada kenyataannya saat di lapangan nanti, menjadi arsitek harus mampu memahami apa yang sedang ia desain dan juga manusia - manusia yang ada di dalamnya.

Misalnya seorang arsitek nanti ingin mendesain sebuah rumah sakit, ia harus bisa merasakan menjadi dokter, perawat, pasien, bahkan sampai seorang petugas cleaning service dan satpam sekalipun agar bisa membuat desain yang baik untuk orang -orang yang akan menempatinya nanti. Kemampuan ini akan perlahan tumbuh jika seorang mahasiswa arsitektur terbuka dan memiliki kepekaan terhadap lingkungan sosialnya.

13. Tips dan trik kuliah dong ala Kak Marina nih khususnya di jurusan Kakak sekarang

Jadi mahasiswa arsitektur tuh penting banget punya temen dan jaringan sosial yang banyak, mereka akan menjadi ibu peri saat kamu membutuhkan, bahkan bukan hanya dengan teman - teman seangkatan berteman dengan kakak tingkat dan adik tingkat pun aku saranin banget.

Meski kebanyakan tugasnya itu individu dan beda satu sama lain , teman - teman kita akan saling bantu ngasih tips dan triknya buat ngerjain tugas itu, disini peran kakak tingkat juga penting banget biar kita bisa nanya nanya juga, bahkan buat nanya dimana ngeprint tugas yang buka sampe tengah malem , mereka tahu rahasianya.

Selain itu kan kalau kuliah, liburan semesternya cukup lama tuh apalagi semester genap ada baiknya kita pelajarin lebih dulu mata kuliah - mata kuliah yang di semester depan, karena kalau udah kuliah kita nggak bakalan sempat lagi buat belajar, waktu kita udah terkuras habis buat nugas terus.

Oh iya kata salah satu dosen aku juga, "Menjadi mahasiswa tekun itu lebih bisa menolong teman - teman untuk survive di jurusan ini dibandingkan menjadi mahasiswa yang pintar."

14. Bisa di kasih pesan dan kesan selama kuliah di jurusan ini? Untuk adek-adek yang mau kuliah di jurusan yg sama.

Kesan selama aku kuliah di jurusan arsitektur ini, di Fakultas Teknik ULM khususnya, aku merasa diriku lebih berkembang kepekaan sosialnya, karena teman - teman disini saling menyayangi antara satu dan lainnya soalnya mahasiswa arsitektur tuh gak bisa hidup sendiri, dosen - dosen disini juga bisa dibilang sangat perhatian pada mahasiwanya mereka bersedia mendengar keluh kesah mahasiswa dan suka bertukar pikiran dengan mahasiswa disini,dan mengajarkan mahasiswanya bagaimana menjadi manusia yang baik dan menghargai antara satu dan lainnya, meski untuk perihal tugas mereka tetap tegas hehehe.

Pesan buat adek - adek yang mau kuliah dijurusan ini, tolong untuk benar - benar memantapkan hatinya jika ingin kuliah di jurusan arsitektur ini, cari alasan agar tetap bisa bertahan jika suatu saat nanti beban yang dipikul sudah mulai terasa berat.

__

Alhamdulillah, terima kasih banyak Kak Marina untuk informasi kecenya tentang jurusan Arsitek :)

Bagi kalian yeorobeun pembaca, terima kasih sudah mampir dan tentunya membaca informasi menarik dari jurusan dengan narasumber langsungnya ya. Kalian boleh banget share informasi ini ke teman-teman kalian lho!

Hmm, kira-kira kita ngobrol bareng narasumber dari jurusan apa lagi ya? Boleh komentar disini.

Okaii sekian dulu, khamsahamnida

Wassalamualaikum..

Salam hangat,

green-ruvelar

(Sabtu, 15 Agustus 2020)

Catatan Kuliah Bagian 2Where stories live. Discover now