#ceritadari Anak Ilmu Hubungan Internasional

245 29 4
                                    

Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum aloo semuanya!

Semoga dalam keadaan rezeki sehat, rezeki aman, dan rezeki kebaikan ya buat kalian. Okok, balik lagi alhamdulillah bisa menghadirkan narasumber anonim dari ilmu hubungan internasional atau orang pada bilangnya jurusan HI.

Ayook siapa kemarin yang nungguin narasumber langsung dari jurusan ini? Jangan lupa online yak untuk lihat chapter ini, soalnya ada gambarnya atau image nya wkwk.

Ok kita langsung aja yuk kepoin jurusannya langsung dari anak jurusannya.

__

1. Haloo Kakk! Boleh kenalan dulu dong buat adik-adik pembaca, nama Kakak, dari jurusan apa, fakultas, dan univ apa?(angkatan boleh disebutin wkwk)

HAIIII!!!! Berhubung anonim aku pake nama samaran deh ya. Nama aku Suhshine, angkatan 2016 dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas-nya yang almetnya merah di Yogyakarta.

2. Kenapa kok Kakak memilih memilih jurusan ini selepas SMA?

Karena nggak lolos STAN.

Nggak deng, dari sebelum SNMPTN udah milih HI kok. Selain karena pengen ngikutin jejak kakak kelas yang juga masuk HI, ini salah satu jurusan yang menurutku bisa ngelanjutin ilmu-ilmu yang udah didapet dari SMA.

Aku jurusan IPS btw. Dulu tuh mikirnya dari pada mempelajari hal baru mending mendalami apa yang sudah dipelajari. Kalau masuk HI kan aku udah punya bekal gitu loh, nggak yang planga-plongo banget pas kuliah entar. Jadi jelas ya, alasannya murni karena pengen belajar, bukan ngejar jadi diplomat gitu-gitu. Tapi kalau dapat rezeki jadi diplomat hayuk banget. TOLONG DIAAMIINKAN YAAA!!!

(mari kita aamiin-kan gaes, aamiin)

3. Cerita perjuangan Kakak masuk jurusan ini dong Kak!

Sejujurnya tidak ada perjuangan. Maafin yaa kalian berekspektasi berlebihan kayaknya.

Sebelum SNMPTN aku sengaja ambil universitas swasta buat jadi pegangan takut nggak lolos SNMPTN, PTK, dan SBMPTN. Ternyata emang nggak lolos di SNMPTN dan PTK.

Btw, aku dulu daftar HI di Universitas Airlangga buat SNMPTN dan nggak lolos. Nah berhubung aku udah dapat kejelasan kalau aku keterima di HI kampus almet merah dari awal semester dua kelas XII aku jadi santai aja gitu.

Daftar SBMPTN juga tidak memperjuangkan HI (jujur sampe sekarang aku bingung kenapa aku nggak memperjuangkan HI di SBMPTN, apa karena udah kicep atau karena males), aku ambil Teknologi Pendidikan dan lolos. Tapi, berhubung udah daftar ulang di kampus almet merah, SBMPTN aku lepas. Dan nggak nyesel! HI seru banget!

4. Basic keahlian atau pelajaran yang harus dimiliki untuk belajar di jurusan ini ada apa aja kak?

Apa ya?

Hmmmm....

Kalaupun nggak punya bekal apa-apa juga bakalan survive kok di jurusan ini, soalnya dari awal kuliah emang diajarin dari basic banget. Kalau yang dulu SMA-nya jurusan IPS akan lebih mudah sih dalam memahami mata kuliahnya. Tapi yang anak jurusan lain juga pada bisa kok akhirnya yang penting rajin masuk kuliah dan memperhatikan materi bener-bener!

5. Kak, kalau di jurusan HI emang harus jago bahasa Inggris ya? Terus harus jago ngomong gitu?

Nggak harus kok.

Bisa bahasa inggris atau bahasa asing lain tentu akan memudahkan, tapi kalau masih di level basic juga masih bisa kok survive dijurusan ini. Sambil kuliah sambil improve aja skill bahasa inggrisnya. Jangan nyerah dan pasrah, justru yang kayak gitu yang bikin semuanya jadi serba susah.

Catatan Kuliah Bagian 2Onde histórias criam vida. Descubra agora