#catatan dari Anak Bahasa & Kebudayaan Korea

188 19 9
                                    

Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum aloo!

Yey siapa nih yang nungguin tanya jurusan yang satu ini?

Tanpa macem-macem lagi langsung aja yaa disimak

__

1. Haloo Kakk! Boleh kenalan dulu dong buat adik-adik pembaca, nama Kakak, dari jurusan apa, fakultas, dan univ apa?

Halo, saya Geta Imanuella, jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gajah Mada angkatan 2017

2. Apa alasan Kakak memilih jurusan ini setelah lulus SMA?

Sebenernya berawal dari niat ingin menguasai bahasa asing lain selain bahasa inggris, nah kebetulan yang lebih familiar di aku saat itu adalah bahasa korea, karena sudah menyukai beberapa hal tentang korea.

3. Bisa diceritain Kak pengalaman masuk jurusan ini?

Saya masuk jalur pbuk, tes seperti sbmptn (jaman itu) namun ini langsung dapat beasiswa dari provinsi jika lulus dan memenuhi syarat..

Saya sendiri jurusan IPA saat SMA. Saya pribadi mungkin cukup beruntung sebagai siswa karena di semester 1 akhir kelas 12 memenangkan lomba karya tulis sebagai kompetisi masuk salah sau perguruan tinggi swasta, nah berkali kali saya sudah masuk ke beberapa perguruan tinggi swasta tentunya dengan jurusan yang berbeda beda juga, namun ada beberapa kendala.

Setelah berdoa saya mengurungkan niat untuk daftar ulang di perguruan-perguruan tinggi swasta yang saya sudah daftar sebelumnya dan keterima..

Lalu selesai UN dan saat dimana masa masa sibuk dengan pendaftaran perguruan tinggi negri, saya sendiri juga sudah melewati berbagai tes masuk ptn ataupun kedinasan, snmptn, tes kedinasan stmkg, namun belum rejeki untuk bisa lolos di perguruan tinggi tersebut.

Lalu saya mengikuti tes PBUK (pencarian bibit unggul kemitraan) provinsi Riau, dimana tes ini berlangsung sebelum pengumuman snmptn, selesai UN saya langsung berangkat untuk bimbingan belajar sbmptn, dan seiring waktu ternyata pengumuman pbuk di percepat jadi seminggu sebelum tes sbmptn, dan saya diterima di jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea yang mana ini adalah pilihan ke 2 setelah jurusan Psikologi di ugm juga..

4. Peluang buat masuk jurusan ini besar gak Kak?

Jujur, sangat banyak yang berminat untuk masuk jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea, namun untuk jurusan ini, kuota per tahunnya sekitar 40-60 orang, dari sekian puluh ribu siswa yang mendaftar

5. Apa yang harus dipersiapkan buat masuk jurusan ini Kak?

Tentunya beda jalur masuk, beda persiapan ya.

Di ugm sendiri ada jalur masuk snmptn, sbmptn, utul, pencarian bibit unggul olahraga/seni, persiapannya tentu berbeda, dan pendaftar tidak harus seseorang yang telah belajar bahasa korea sebelumnya.

Ya sebagaimana jurusan-jurusan lain juga, tentunya semasa SMA teman-teman harus sadar untuk belajar sesuai materi di SMA untuk memiliki nilai yang baik dan mengikuti tes-tes masuk perguruan tinggi, keyakinan akan pilihan jurusan yang kamu tentukan, dan tentunya berdoa.

6. Ada test TOPIK (Test of Proficiency in Korea) nggak?

Ada, di UGM sendiri ada 2 periode yaitu sekitar bulan April dan bulan Oktober

Kalau di jurusan ini misalnya pas bikin skripsi tuh biasanya dalam penulisannya pake tulisan Hangul nggak atau tulisan biasa aja Kak?

Penulisan skripsi untuk saat ini diperbolehkan menggunakan tulisan biasa, bahasa indonesia. Akan tetapi, hangeul juga tentunya sangat dianjurkan. Kebijakan ini kemungkinan akan berubah seiring berjalannya waktu.

Catatan Kuliah Bagian 2Where stories live. Discover now