Ngobrolin Kalau Misalnya Belum Punya Support System

122 14 5
                                    

Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum aloo!

Duh kak, aku belum punya support system terus gimana ya kira-kira?

Kalian yang sudah memiliki support system terkadang mungkin juga nggak menemukan support system yang sesuai dengan keinginan kalian. Jika hal ini terjadi saatnya untuk membangun sendiri support system yang kita butuhkan.

Gimana tuh kak?

1. Bangun Karakter dan Asah Kelebihanmu

Jika tidak ada orang yang bisa mendukungmu atau membantumu di saat-saat terendahmu, maka satu-satunya orang yang bisa meringankan bebanmu adalah dirimu sendiri.

Iya agak sulit memang..

Di saat kita tidak bergantung atau mengandalkan orang lain untuk membuat kita lebih baik, maka kita harus lebih aktif untuk memperkuat diri. Asah kelebihan-kelebihan yang kamu punya. LAkukanlah hal-hal luar biasa yang kamu lakukan.

2. Izinkan Dirimu Berdamai dengan Emosimu

Akan ada saatnya kesedihan membanjiri dirimu. Di saat orang-orang tidak mau peduli atau memperhatikanmu, kamu mungkin akan merasa sangat kesepian. Tidak apa bersedih, izinin aja kamu nangis. Tapi habis itu hapus air mata dan lakukan sesuatu yang lebih indah ya. Kamu pasti bisa! Insya Allah.

3. Berusaha Mandiri akan Melatihmu Jadi Lebih Dewasa

Bukan bermaksud sombong atau sok paling kuat. Hanya saja pada kenyataannya ada saat-saat kita hanya bisa mengandalkan diri sendiri untuk melakukan sesuatu. Tidak mudah memang, tapi begitu kita berhasil melewatinya akan ada proses pendewasaan baru yang akan kita capai.

4. Jadikan Masa Sulit Sebagai Waktu Belajar

Dengan ada atau tidaknya support system akan selalu ada pelajaran yang dapat diambil dari setiap situasi sulit. Jadikan masa sulit sebagai momen untuk bertumbuh dan menjadi diri yang lebih baik lagi. Jangan keras terhadap diri sendiri, sadari kapan kamu butuh berhenti sejenak, dan nikmati prosesnya.

Kita tidak bisa bergantung pada orang lain untuk mengubah hidup kita. Jika kita ingin mengubah hidup kita, maka kitalah yang perlu memulai melakukan sesuatu.

Tidak perlu terlalu lama mengasihani diri sendiri. Saatnya untuk melangkah dan menegakkan kepala. Buatlah hidupmu jadi lebih berarti..

sumber dari instagram meaningful.me dengan sedikit perubahan.

Catatan Kuliah Bagian 2Where stories live. Discover now