Ngobrolin Support System

131 15 1
                                    

Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum. Aloo!

Hai hai kamu yang merasa hidupmu sendirian saja, apakah benar kamu memang hidup sendirian aja?

Hai hai kamu yang introvert dan merasa malu buat bergaul, hayo ingatt introvert bisa kok dapat teman juga. Jangan malu terus dongg, kamu bisa dapat teman tahuuu..

Okok, jadi intinya dengan berteman atau memiliki orang yang kalian percaya (si mereka) bisa jadi support system kalian lho!

Loh kak? Kenapa aku harus punya support system? Aku bisa sendirian kok! Aku kuat! Lah selama ini aku baik-baik saja

Sekarang aku balik tanya, apakah kamu yakin kalau kamu akan terus-terusan baik-baik saja? Gimana kalau misalnya tiba-tiba kamu jenuh banget sama tugas sekolah, ada masalah dirumah, atau hal lainnya yang (terutama cewek) perlu diceritakan dan meminta solusi?

Dear, kamu perlu banget punya orang-orang yang kalian percaya (buat cerita masalah misalnya) entah itu keluarga, teman, intinya orang yang mendukung kamu dalam hidup. Masalah yang kamu tanggung jangan kamu pendam sendiri, kalau kamu udah ngerasa nggak kuat dan ingin berbuat ke arah mengurung diri di kamar, udah tidur banyak tapi tetap merasa capek, banyak bisikan yang menggema di kepala kamu, bahkan mungkin mengarah ke self-harm atau naudzubillahmindzalik sampai niatan mau bunuh diri.

Tandanya kamu perlu seseorang buat cerita!

Dear, banyak orang kesayangan kamu yang gak bakalan mau kalau kamu berakhir sama yang namanya ke arah negatif, self-harm, bahkan bunuh diri. Kamu gak tahu kan gimana rasanya kalau misalkan kamu punya seseorang yang menyukaimu dari jauh dan tahu tiba-tiba di hari berbeda kamunya udah gak ada di dunia.

Kalau kamu perlu teman cerita dan bingung, serius bisa chat dm wattpad aku ya (walaupun aku bukan anak psikologi) ..

Ok balik lagi kenapa kamu harus punya support system:

1. Postitive Behavior and Decision Making

Lingkungan secara gak langsung akan mempengaruhi pengambilan keputusan dan perilaku kita. Kita cenderung mengambil keputusan yang terbaik apabila dukungan yang ada juga sama baiknya.

2. Membantu Melewati Stres

Pasti setiap orang merasakan stres, sayangnya risiko adanya stres yang tidak bisa ditangani dengan baik akan menjadi masalah serius. Nah dengan adanya support system kita insya Allah akan melewati stres dan mengatasinya dengan baik juga.

3. Meningkatkan Motivasi

Dukungan sosial yang tepat akan membuat seseorang termotivasi untuk melakukan segala halnya dengan lebih baik. Tentu akan sulit jika dukungan sosial dari individu tidak memiliki kebiasaan yang ingin dibangun, misalnya kalian pengen banget gaya hidup sehat dengan berolahraga dan support systemnya mendukung buat hal itu jadi kalian gak merasa sendirian lagi deh.

4. Membantu Mengeksplor Diri

Dukungan sosial yang baik akan dapat membantu diri kita untuk berkembang. Ketika kita mendapatkan support system yang kuat, kita bisa termotivasi untuk mengembangkan kelebihan diri yang akan berguna di masa depan insya Allah. Dengan begitu, kita akan mudah insya Allah melewati masa-masa sulit yang membuat kita rentan pada gangguan kesehatan mental.

Yak yak kali ini postingan berasal dari instagram meaningful.me dan ada beberapa sedikit perubahan bahasa yak. Yuk mention support system kamu!
Belum punya support system? Kamu nggak sendirian, yuk saling dukung di kolom komentar!

Sekian dulu, wassalamualaikum

green-ruvelar

Senin, 31 Agustus 2020

Catatan Kuliah Bagian 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang