ATTENTION

358K 9.8K 1K
                                    

Assalamualaikum semua,

Semalam aku coba-coba search cerita dengan judul ALVINO, dan ada beberapa cerita dengan judul ALVINO.
Aku penasaran dong, jadi aku scroll aja, bacain satu-satu prolog sampai ada satu yang mengagetkan.

Yaitu aku nemuin cerita dengan judul ALVINO yang diposting oleh salah satu akun. Dan karena aku penasaran yaudah kan akhirnya aku baca aja ceritanya.

Pertama baca bagian satu, aku nggak notice. Masih nggak sadar, sampe akhirnya aku lanjut baca. Dan aku sadar kalau cerita itu sangat mirip atau bahkan memang mengcopy cerita ALVINO yang aku ketik.

Bahkan cover yang digunakan adalah foto yang aku taruh di cerita ALVINO chapter 1.

Aku, sangat yakin 100% bahwa cover yang dia gunakan adalah foto yang aku edit. Aku hafal kok.

Dan ini.

kalian liat kan? SMA GREETEL

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

kalian liat kan? SMA GREETEL. aku sangat hafal SMA GREETEL karena itu hasil pemikiran aku sendiri.

Dan yang diatas ini

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Dan yang diatas ini. Aku sangat ingat. Ini adalah bagian cerita dimana Aretta meminjam headset dan ponsel milik Alvino. Kalian juga ingat kan?

 Kalian juga ingat kan?

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Ini nih. Haha lucu sekali.

Ya mungkin memang tidak semua cerita yang dia post sama seperti cerita ALVINO yang aku ketik. Tapi dari alur, semua itu jelas sama seperti ALVINO yang aku ketik. Dia hanya merubah beberapa percakapan.

Aku nggak tau kenapa kamu dengan tidak kreatifnya melakukan itu.

Ini wattpad. Dimana semua orang bebas membuat cerita sendiri. Lalu kenapa kamu malah memilih untuk mengcopy cerita orang lain?

Aku sebel, dan aku rasa semua penulis juga sebel bahkan marah jika karyanya di copy begitu saja. Bayangin deh karya yang kalian pikir dengan otak sendiri, karya yang kalian ketik sampai kadang rela begadang, tiba-tiba dicopy tanpa izin oleh orang yang bahkan nggak kalian kenal. Sebel kan?.

Jadi, disini aku ingin berpesan. Semua cerita di wattpad pasti mempunyai hak cipta. Jadi semisal kalian memang hanya ingin membaca tanpa memberi vote atau komen. Janganlah sekali-kali mengcopy cerita yang kalian baca. Mari kita ketik cerita dari pemikiran kita sendiri dan jangan memaksa kehendak jika tidak bisa membuat cerita, jangan sampai malah jadi merugikan orang lain.

Hai! untuk yang baru baca ini, for your information, dia sudah menghapus cerita ALVINO yang dia copy, tapi aku sengaja nggak hapus bagian ini supaya jadi pembelajaran buat kita semua untuk menghargai setiap karya dengan tidak meng-copy tanpa izin si penulis. Terimakasih juga atas support kalian yang sampai mau bantu aku menegur dia, dan aku pinta untuk tidak memberikan komentar jahat di akunnya lagi karena aku lihat dia sudah mulai menciptakan karyanya sendiri, mohon untuk dihargai juga ya, dan semoga nggak ada lagi yang berani meng-copy cerita begini, aamiin.

salam rindu dari aku!❤
Salsa, 2020

ALVINOWhere stories live. Discover now