#048 esastories

3.9K 526 5
                                    

Putra&Damar quality time

Hari itu mendung. Matahari tidak terlihat sejak pagi. Langit seperti sedang bimbang memutuskan apakah harus hujan atau panas.

Putra duduk sambil memandangi jalanan di luar. Sore itu ia berada di sebuah cafe, di tempat duduk persis sebelah jendela, ditemani oleh Ice Caffe Latte kesukaannya, menunggu kedatangan Damar. Tadinya, Putra akan menghabiskan waktu di rumah, bermain game. Tapi Damar mengirim satu baris pesan lewat Line

Esa, temenin gue ngopi di cafe biasa.

Begitu saja. Dengan sesingkat itu, Putra tau bahwa ada suatu hal yang mengganggu fikirannya dan butuh seseorang untuk berbagi. Dan kapan lagi Damar memanggilnya Esa, kalo tidak serius. Biasanya Damar penuh keceriaan dan selalu memanggilnya 'ucaaaaaa' seperti anak kecil.

10 menit kemudian, Damar datang. Dengan gaya casual seperti biasa, tapi tetap ganteng.

"Pesen minum dulu gih. Sama makan kalo laper" Putra langsung menyuruh Damar ke kasir untuk memesan sesuatu. Tanpa basa basi. Setelah selesai memesan, Damar kembali duduk di depan Putra, tersenyum singkat, lalu menghela napas.
"Sa."
"Apaan" Putra membalasnya santai sambil meminum Latte nya
"Gue tolol banget ngga sih menurut lo?" yang ditanya, sudah tau kemana arah pertanyaan ini pada akhirnya. Mereka sudah terlalu mengenal satu sama lain. Dan hal yang Damar tanyakan, bukan hal baru lagi bagi Putra
"Iya" bukan marah, Damar justru menghela napas lagi. Melihat ke luar jendela.
"Tapi somehow gue ngerti sih, Mar. Kadang gue ngerti, kadang gue pengen jedotin kepala lo ke tembok, kadang gue pengen meluk lo terus gue tepuk-tepuk punggung lo"
"Kadang gue juga ngga ngerti kenapa gue bisa sampe segininya, Sa"
Mimik muka Damar terlalu sulit untuk dideskripsikan. Antara sedih, pasrah, berharap, dan menyerah. Kalo sudah seperti itu, lawakan Putra tidak akan berhasil.
"Mar, sebenernya kita ngga bisa milih sama siapa hati kita akan berlabuh loh. Ya itu terjadi begitu aja"
"Tapi kenapa gue ngga mundur aja pas ditolak. Kenapa gue ngga nyari yang lain aja, yang udah pasti sayang sama gue. Yang ngga ngebiarin gue berjuang sendirian"
"Karena lo sayang sama Ine, Mar. Lo udah di tahap dimana lo percaya, kalo Ine bakal bales rasa sayang lo ke dia dengan lo tetep usaha kaya gini. Jadi lo ngga masalah kalo emang lo doang yang ngasih rasa sayang lo untuk saat ini"
"Karena alesan itu juga lo ngga nyari pelabuhan lain, Sa?"
Sekarang giliran Putra yang diam. Menghela napas panjang. Bertanya pada dirinya sendiri, apakah bisa ia mencari pelabuhan lain, bila ia masih menunggu kapal yang sama dengan kapal yang membawa hatinya pergi bertahun-tahun lalu.
"Iya, gue sayang sama Fira. Dan gue ngga merasakan hal yang sama pas ke Fira, ke orang lain. Sesimpel itu"
"Terus gue salah ngga sih kalo gue tetep mempertahankan perasaan gue ke Ine?"
"Engga , Mar. Tapi.. gimana ya"
"Gimana Sa, bilang aja sih"
"Gue sih, ngerti kalo lo emang tetep sayang sama Ine. Mungkin yang lain juga ngerti. Kita cuma ngga mau ngeliat lo sakit aja Mar. Ini tuh kaya lo nyakitin diri lo sendiri dengan sayang sama Ine, dan kita sedih liatnya. Dan gue juga gabisa maksa lo buat move on kalo emang lo masih dibayang terus sama Ine, Mar"
Ada keheningan di antara mereka. Damar mencerna perkataan Putra, walaupun Damar tau, apa yang baru saja Putra katakan tidak salah. Menyayangi Ine dengan tanpa tau apakah Ine merasakan hal yang sama sepertinya, rasanya seperti tidur untuk bermimpi buruk yang sama terus menerus.
"Kasih gue satu alesan kenapa gue harus stay sama Ine"
"Ine sayang sama lo"
"NGAYAL. Lo kebanyakan minum kopi sih jadi begitu tuh otaknya tuh"
"ELU KEBANYAKAN MAKAN MECIN MAKANYA NGGA NGEH. Masa lo ngga ngeh sih Mar? Terus lo kira selama ini dia ngekeep lo di samping dia karena apa?"
"Nyaman?"
"Klise cuy. Justru harusnya rasa nyaman itu bisa tumbuh jadi rasa sayang. Atau rasa sayang itu ada karena cuma lo yang bisa bikin dia nyaman"
"Tapi kan gue sama Ine ngga pacaran?"
"Gue nyaman sama lo, gue sayang sama lo SEBAGAI TEMAN YA. Terus apakah gue sama lo harus pacaran kalo kaya gitu ceritanya?"
"Iya juga ya. Hm.. lo kenapa waktu itu ngga pacaran dulu sama Fira, Sa? LDR kan jadi"
"Gue gamau menghalangi waktunya buat belajar, Mar. LDR lebih ribet. Dan gue gamau gue jadi alesan dia menolak kesempatan kalo emang ada yang lebih baik dari gue. Gue sampe sekarang masih sayang sama dia sebenernya. Soal perasaan dia masih sama apa engga pas balik, gue serahin ke dia"
"Terus sekarang udah balik doi kesini?"
"Gatau, gue sama sekali ngga tau kabar dia. Gue sempet email pas awal kuliah, beberapa kali. Tapi ya udah gitu aja"
"Gila lo udah macem Snape aja ke ibunya Harry"
"Gue lebih ganteng dari Snape"
"PERASAANNYA BUKAN MUKANYA ONCOM"
"Iya tau gue cumi. Lagian elu tiba2 mengalihkan pembicaraan jadi ke gue" tawa itu lepas begitu saja dari diri mereka. Menertawakan inside jokes, menertawakan keprihatinan perasaan mereka.
"Yang jelas Mar, jangan sampe pas lo mutusin buat mundur, ngejauh dari Ine dan ngelupain doi bener-bener, lo malah melewatkan kesempatan dimana justru semesta mendukung lo berdua abis lo pergi. Tapi, gue ngga akan nahan lo juga kalo emang lo udah beneran cape. Karena semuanya lo yang ngerasain, lo yang tau yang mana yang terbaik, gue dukung apapun yang bikin lo bahagia"

Mereka sama-sama tersenyum. Pasrah. Membiarkan waktu yang menjawab semua pertanyaan dan kegelisahan yang ada di dalam fikiran mereka. Damar tau, untuk saat ini, ia akan tetap memilih untuk ada di samping Ine. Dan Damar tau, apapun keputusannya nanti, sahabat-sahabatnya akan selalu ada sebagai tempatnya bersandar. Putra juga menyerahkan urusan ini pada waktu. Entah waktu akan menjawab doanya, atau justru karena waktu-lah Putra akhirnya lelah menunggu.

allthingsnice 1.0Where stories live. Discover now