Konteks Kongres 2008 dan Debat Tentang Organisasi

46 1 0
                                    

Untuk berteori secara efektif, sangat penting untuk bertindak.

Federasi Anarkis Uruguay (FAU)

Kongres pertama FARJ diadakan dengan tujuan utama untuk memperdalam refleksi kami tentang masalah organisasi dan memformalkannya menjadi sebuah program.

Sejak tahun 2003, perdebatan seputar organisasi telah berlangsung di dalam organisasi kami. Kami telah menghasilkan materi teoritis, mengembangkan pemikiran kami, belajar dari keberhasilan dan kesalahan praktik politik kami; dan semakin penting untuk memperdebatkan lebih lanjut dan memformalkannya, menyebarkan pengetahuan ini baik secara internal maupun eksternal.

Kerja praktik dari dua front - pekerja dan komunitas - benar-benar penting bagi refleksi teoritis yang kami buat pada periode ini. Bahkan berkontribusi pada penciptaan front ketiga kami di awal tahun 2008 - front agro-ekologis, yang disebut Anarkisme dan Alam.

Satu tahun yang lalu kami memutuskan untuk berdiskusi seputar organisasi, dengan kedalaman yang diperlukan, dengan tujuan untuk merumuskan kesimpulan tersebut menjadi dokumen yang akan divalidasi pada Kongres 2008. Untuk alasan ini, masih di tahun 2007, kami mengambil beberapa tindakan untuk berkontribusi pada kematangan teoretis yang diperlukan yang akan sangat penting bagi jalan yang ingin kami ambil:

Aktivasi Sekretaris Pendidikan Politik

Melaksanakan Seminar Pendidikan Internal

Pengembangan Buku Pegangan Pendidikan untuk Militan

Tindakan ini berusaha memberi kepada setiap militan organisasi kita struktur, ruang dan dukungan yang diperlukan sehingga debat ini dapat berlangsung dengan cara yang paling diinginkan. Kami berusaha keras untuk membaca, menulis, berdebat, meninjau ulang materi yang telah ditulis, memperdalam diskusi, membuat klarifikasi; Singkatnya, untuk merencanakan sepenuhnya yang kami pikir perlu untuk debat ini.

Namun, kami tidak hanya ingin memberikan forum debat. Kami ingin mencapai posisi yang lebih meyakinkan, atau memperdalam garis politik organisasi. Sebagai salah satu ciri model organisasi kita adalah kesatuan teoretis dan ideologis, kita ingin menggunakan waktu ini untuk memperdalam pertanyaan teoretis dan ideologis tertentu, dan akhirnya sampai pada posisi konkret, untuk didefinisikan dan disebarluaskan oleh keseluruhan organisasi.

Dalam lima tahun ini kita selalu berpikir bahwa untuk mengembangkan garis politik kita perlu memikirkan pengaruh timbal balik yang ada antara teori dan praktik, karena kita menganggapnya tidak terpisahkan. Ketika keduanya berinteraksi secara timbal balik, dan dengan cara yang positif, mereka meningkatkan hasil semua pekerjaan organisasi. Dengan teori yang bagus kalian memperbaiki latihan, dengan latihan yang baik kalian memperbaiki teori. Tidak ada cara untuk memahami organisasi anarkis seperti teori dan praktik saja, atau bahkan mengembangkan sebuah teori dan mencoba untuk sepenuhnya menyesuaikan praktik dengannya.

Sejak awal kami pikir akan sangat mendasar untuk tidak membangun sebuah organisasi yang, jauh dari perjuangan, menulis dokumen dan kemudian mulai berlatih dengan tujuan menyesuaikannya dengan teori tersebut. Demikian juga, tidak mungkin kita bisa membayangkan organisasi anarkis dengan hanya berlatih tapi tidak memiliki teori, atau bahkan menganggap teori sebagai sesuatu yang terjadi dalam praktik. Kami selalu mencari keseimbangan yang, di satu sisi, tidak memiliki tujuan untuk berteori secara mendalam agar bisa mulai bertindak dan, di sisi lain, berusaha untuk memastikan bahwa tindakan tersebut sesuai dengan teori yang, menurut pemahaman kami, memperkuat hasil usaha militan tanpa kehilangan energi yang tidak perlu.

Dalam perdebatan ini, yang berlangsung dalam dua tahun terakhir dan yang diformalkan dalam dokumen ini, kami ingin mengembangkan sebuah teori yang tepat yang bukan hanya pengulangan teori lain yang dikembangkan di tempat lain dan di lain waktu. Jelas, keseluruhan teori kita terjalin, dari awal sampai akhir, dengan teori lain dan penulis lain yang hidup dan bertingkah laku dalam konteks lain. Tidak mungkin membayangkan teori anarkis yang konsisten tanpa kontribusi anarkis klasik, misalnya. Namun, kami membuat sebuah refleksi panjang mengenai hal ini - teori dan pemikiran para penulis ini - dan apakah mereka masuk akal dalam konteks kita hari ini. Kami berusaha menciptakan konsep yang tepat, yang bertujuan untuk memberi karakter asli pada teori yang ingin kami ciptakan, dan dalam usaha ini kami pikir kami sangat sukses saat kami, dalam pandangan kami, membangun dan memformalkan teori yang koheren, mengartikulasikan teori klasik dan kontemporer dan juga konsepsi kita sendiri. Meskipun demikian, kami tidak percaya bahwa ini adalah teori definitif. Banyak aspek yang bisa diperbaiki. Terakhir ... hal yang paling penting adalah memperjelas bahwa kami pikir kami mengambil langkah pertama di sepanjang jalan yang ingin kami ikuti.

Akhirnya, kami ingin membangun hal ini sebagai diskusi dan formalismenya secara kolektif. Tidaklah cukup bagi kita bahwa satu atau beberapa rekan menulis semua teori organisasi dan bahwa orang lain hanya mengamati dan mengikuti posisi mereka. Karena itulah kita berusaha, sepanjang periode ini, untuk mempertimbangkan semua posisi organisasi dan bukan hanya satu militan atau lainnya. Ini juga, menurut pandangan kita, memberi nilai tambah pada teks. Itu tidak berasal dari kepala satu atau intelektual lain yang menganggap bahwa politik terlepas dari kenyataan, namun sebaliknya adalah hasil dari lima tahun perjuangan dan pengorganisasian anarkisme dalam kontak permanen dengan perjuangan zaman kita, mencari sebuah sosial revolusioner, transformasi menuju sosialisme libertarian. Singkatnya, ini adalah hasil dari lima tahun aktivitas praktis.

Dengan tujuan untuk berkontribusi satu langkah lagi, untuk memformalkan secara teoritis apa yang telah terakumulasi dalam sejarah singkat kami, kami mengadakan Kongres pertama - yang terjadi bersamaan dengan peringatan lima tahun FARJ - pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2008. Refleksi yang utama dicatat di bawah ini.

Etika, komitmen, kebebasan![]

Anarkisme Sosial dan Organisasi oleh Federasi Anarkis Rio de Janeiro (FARJ)Where stories live. Discover now