Organisasi Anarkis Khusus

76 0 0
                                    

Organisasi Anarkis Spesifik [SAO]: Organisasi Anarkis Khusus

Jika [revolusioner] tidak memiliki gagasan panduan aksi mereka, mereka tidak lain kapal tanpa kompas.

Ricardo Flores Magón

Organisasi anarkis harus berbasis, menurut pendapat saya, pada otonomi penuh, pada kemerdekaan penuh, dan, oleh karena itu, atas tanggung jawab penuh individu dan kelompok; Kesepakatan bebas antara mereka yang percaya akan bermanfaat untuk bersatu agar dapat bekerja sama dengan tujuan yang sama; kewajiban moral untuk mematuhi komitmen yang diterima dan tidak melakukan sesuatu yang bertentangan dengan program yang diterima.

Errico Malatesta

Organisasi Anarkis

Dalam dokumen ini kita kadang-kadang membahas organisasi anarkis dan harapan kita sehubungan dengannya. Seperti yang telah kita definisikan sebelumnya, tujuannya adalah "untuk membangun organisasi yang populer dan memengaruhinya, memberinya karakter yang diinginkan, dan untuk mencapai sosialisme libertarian melalui revolusi sosial". Selanjutnya, kami memahami hal ini sebagai level aktivitas politik.

Organisasi anarkis yang spesifik adalah kelompok individu anarkis yang, melalui kehendak dan kesepakatan bebas mereka sendiri, bekerja sama dengan tujuan yang jelas. Untuk ini menggunakan bentuk dan sarana agar tujuan ini tercapai, atau setidaknya itu berlanjut ke arah mereka. Dengan demikian, kita dapat menganggap organisasi anarkis sebagai "[...] kumpulan individu yang memiliki tujuan bersama dan berusaha mencapainya; wajar jika mereka saling memahami, bergabung dengan kekuatan mereka, berbagi pekerjaan dan mengambil semua aksi yang cocok untuk tugas ini"[110]. Melalui organisasi anarkis, para anarkis mengartikulasikan diri mereka pada tingkat politik dan ideologis, untuk mempraktekkan politik revolusioner dan merancang cara - cara bekerja - yang harus mengarah pada tujuan akhir: revolusi sosial dan sosialisme libertarian. Praktik politik ini, yang mencari tujuan akhir, harus dilakukan

"menciptakan sebuah organisasi yang dapat memenuhi tugas anarkisme, tidak hanya pada saat mempersiapkan revolusi sosial, tapi juga sesudahnya. Organisasi semacam itu harus menyatukan semua kekuatan revolusioner anarkisme dan segera memperhatikan dirinya sendiri dengan mempersiapkan massa untuk revolusi sosial dan dengan perjuangan untuk mewujudkan masyarakat anarkis. [111]"

Organisasi ini didirikan berdasarkan kesepakatan persaudaraan, baik untuk fungsi internalnya sebagai tindakan eksternal - tanpa hubungan dominasi, eksploitasi atau keterasingan di tengahnya - yang merupakan organisasi libertarian. Fungsi organisasi anarkis yang spesifik adalah mengkoordinasikan, bertemu dan secara permanen meningkatkan kekuatan sosial dari aktivitas militan anarkis, menyediakan alat untuk perjuangan yang solid dan konsisten, yang merupakan cara mendasar untuk mengejar tujuan akhir. Karena itu,

"[kesepakatan untuk bersatu dan berorganisasi: pertama untuk membahas, kemudian mengumpulkan sarana untuk revolusi, dan akhirnya, untuk membentuk keseluruhan organ yang, dipersenjatai dengan sarana dan dapat diperkuat oleh serikatnya, ketika momen sejarah terdengar, menyapu semua penyimpangan dan semua tirani di dunia ini [...].Organisasi ini adalah sarana untuk membedakan diri Anda, merinci program gagasan dan metode yang mapan, sejenis spanduk penyatuan untuk memulai pertempuran dengan mengetahui orang-orang yang dapat Anda andalkan dan menyadari kekuatan yang ada dalam penyelesaiannya. [112]"

Untuk membentuk alat tempur yang solid dan konsisten ini, penting bagi organisasi anarkis untuk menentukan garis taktis dan politik strategis - yang terjadi melalui kesatuan teoretis dan ideologis, dan kesatuan strategi dan taktik. Garis-garis organisasi yang terdefinisi dengan baik bergabung dengan kaum anarkis pada tingkat politik dan ideologis, dan mengembangkan praktik politik mereka di tingkat sosial - yang mencirikan sebuah organisasi minoritas aktif, dengan melihat seolah-olah tingkat sosial selalu jauh lebih besar daripada tingkat politik. Praktik politik ini terbentuk ketika organisasi anarkis minoritas aktif melakukan pekerjaan sosial di tengah perjuangan kelas, mencari penyisipan sosial yang terbentuk dari saat organisasi anarkis berhasil mempengaruhi gerakan sosial yang dengannya ia bekerja. Terorganisasi dengan baik sebagai minoritas aktif, anarkis merupakan kekuatan sosial yang jauh lebih besar dalam merealisasikan pekerjaan sosial dan memiliki kesempatan lebih besar untuk memiliki penyisipan sosial. Selain kerja sosial dan penyisipan, organisasi anarkis spesifik melakukan kegiatan lain: produksi dan reproduksi teori, propaganda anarkis, pendidikan politik, konsepsi dan implementasi strategi, hubungan politik dan sosial dan pengelolaan sumber daya. Jadi kita dapat mengatakan bahwa kegiatan organisasi anarkis tertentu/spesifik/khusus adalah:

Anarkisme Sosial dan Organisasi oleh Federasi Anarkis Rio de Janeiro (FARJ)Where stories live. Discover now