Forum Anarkisme Terorganisasi - Deklarasi Prinsip (2005)

15 0 0
                                    

Masih dalam proses

Deklarasi Prinsip-prinsip Forum Anarkisme Terorganisir (FAO), sebuah inisiatif yang berusaha untuk mendorong kerjasama dan persatuan yang lebih besar di antara kelompok anarkis yang terorganisir di Brasil.

Fórum do Anarquismo Organizado

Forum Anarkisme Terorganisir
Um processo em construção

CARTA DE INTENÇÕES

Apa FAO itu?

Fórum do Anarquismo Organizado [Forum untuk Anarkisme Terorganisir] adalah forum diskusi dan pengembangan untuk organisasi anarkis, kelompok dan individu yang bekerja atau yang berniat bekerja dengan cara yang terorganisir, bertindak secara sosial.

Forum ini pertama dibentuk di kota Belém do Pará pada 2002, kemudian pindah ke Porto Alegre pada Januari 2003 untuk mengadakan sidang paripurna, dan São Paulo pada November 2003 untuk mengadakan pertemuan nasional. Dilanjutkan pada bulan Januari 2005 dengan sebuah pertemuan di Porto Alegre dan pertemuan nasional ke-3 pada bulan Juli 2005 di Goiania.

Tujuan utama FAO adalah menciptakan kondisi untuk pembentukan organisasi anarkis yang nyata di Brasil. Ini adalah tujuan yang kita tahu tidak akan tercapai dengan segera, tetapi harus dimulai sekarang.

FAO telah berkomitmen untuk hal-hal berikut:

1. Untuk merangsang dan melaksanakan perdebatan tentang anarkisme terorganisir di Brasil mengingat kebutuhan untuk menciptakan sebuah organisasi anarkis.

2. Untuk mendukung pembentukan kelompok anarkis yang terorganisir.

3. Untuk bekerja sehingga kelompok-kelompok ini dapat saling berdekatan, bekerja bersama dan akhirnya bergabung pada tingkat negara bagian/federal atau regional pada awalnya.

4. Untuk bekerja sejauh mungkin di berbagai bidang perjuangan anarkis revolusioner: propaganda, pengembangan teoritis dan, yang paling penting, militansi sosial dalam berbagai perjuangan (lingkungan, kaum tunawisma, mahasiswa, organisasi buruh, ekologi sosial, perjuangan melawan FTAA, dan seterusnya).

5. Untuk bekerja menuju terciptanya organisasi anarkis Brasil dengan program politik bersama, kehadiran nyata dalam perjuangan sosial dan kemungkinan besar visibilitas nasional.

6. Membentuk hubungan persaudaraan yang solid dengan organisasi anarkis di negara-negara lain, terutama di Amerika Latin, yang situasi lokalnya mirip dengan kita.

Berjuang untuk Mengorganisir!

"Kami ulangi lagi: tanpa organisasi, bebas atau dipaksakan, masyarakat tidak dapat ada; tanpa sadar, organisasi yang diinginkan, tidak ada kebebasan atau jaminan bahwa kepentingan mereka yang hidup dalam masyarakat dihormati. Dan mereka yang tidak terorganisasi, yang jangan mencari kerja sama orang lain dan yang tidak menawarkan mereka, dalam kondisi timbal-balik dan dalam solidaritas, menempatkan diri mereka sendiri dalam keadaan rendah diri dan tetap ada perlengkapan tak sadar dalam mekanisme sosial yang orang lain bekerja dengan cara mereka dan untuk keuntungan mereka." (Errico Malatesta, 1897)

Persoalan tentang organisasi adalah subjek yang sangat tua dalam lingkungan anarkis. Sudah lebih dari seratus tahun sejak Malatesta membicarakan tema tersebut. Tidak peduli seberapa besar diperbincangkan, tampaknya kita menjadi subjek yang terlalu sederhana, masih banyak kebingungan mengenai hal itu dan ada banyak orang yang dengan tulus berpikir bahwa anarkisme bertentangan dengan segala bentuk organisasi, yang akan menjadi birokrasi, otoritarianisme, dll. Itu bisa dimengerti. Bagaimanapun, model organisasi konkrit yang telah dilihat orang (seperti partai otoriter, terpusat, dan elektoral) tidak mendorong siapa pun untuk mendiskusikannya.

Anarkisme Sosial dan Organisasi oleh Federasi Anarkis Rio de Janeiro (FARJ)Where stories live. Discover now