Catatan Dan Kesimpulan

23 0 0
                                    

Mari bekerja kamerad! Tugasnya sangat bagus. Mari bekerja, semuanya!

Errico Malatesta

Kongres pertama sepenuhnya memenuhi tujuannya, yang terjadi dalam suasana solidaritas yang besar antara militan. Ini menyediakan ruang untuk refleksi, komentar, debat dan kesimpulan. Evaluasi semua militan sangat positif.

Pentingnya memiliki generasi militan yang lebih tua dan lebih berpengalaman dalam organisasi, yang (dan) penting sehingga pengetahuan militan generasi sebelumnya tidak akan hilang dan untuk pelatihan dan pendampingan generasi baru, telah terbukti. Kongres memberikan penghormatan kepada "penjaga tua", dan juga menyambut "penjaga baru", karena telah membantu mempraktekkan apa yang selalu dianjurkan oleh para tetua mereka. Militan organisasi yang telah berkecimpung dalam perjuangan sejak tahun 1970an, 1980an dan 1990an menekankan pentingnya momen ini, yang menunjukkan keberlanjutan militansi yang, bagi kita, dimulai dengan Juan Perez Bouzas, melewati seluruh sejarah perjuangan Peres Ideal, melalui Círculo de Estudos Libertários (CEL), yang kemudian menjadi Círculo de Estudos Libertários Ideal Peres (CELIP) dan, pada tahun 2003, membentuk FARJ. Kami percaya diri untuk mempraktekkan aspirasi berbagai kepribadian sejarah ini, yang kami percaya bahwa kami memberikan kontinuitas.

Pada titik ini, tujuannya adalah melanjutkan pencarian vektor sosial anarkisme. Untuk menempatkan anarkisme dalam kontak dengan gerakan sosial, mencari penciptaan organisasi populer. Kami mencoba melakukan ini melalui tiga front kami.

Gerakan front sosial perkotaan (front pekerjaan lama kita) telah melakukan pekerjaan yang terus berlanjut dengan pekerjaan di kota di Rio de Janeiro sejak tahun 2003, memberikan kontinuitas terhadap pengalaman yang kita hadapi dalam gerakan tunawisma pada dekade 1990. Front ini juga mencakup, di saat ini, rekonstruksi Gerakan Pekerja yang Menganggur (Movimento de Trabalhadores Desempregados - MTD), yang berjuang untuk bekerja di seluruh negeri, dan telah ada di Rio de Janeiro sejak tahun 2001. MTD sekarang memulihkan kekuatannya, menyusun kembali dan menyatukan orang-orang dari masyarakat miskin untuk perjuangan. Selain itu, front ini memiliki hubungan dengan Gerakan Pekerja Tanpa Tanah (Movimento dos Trabalhadores Rurais Sem Terra - MST), yang menawarkan kursus pendidikan politik di Sao Paulo dan Rio de Janeiro. Front juga dekat dan melakukan kegiatan dengan entitas lain dan gerakan sosial seperti Majelis Rakyat - RJ (Assembléia Popular - RJ) dan Front Internasionalis Tunawisma (Frente Internacionalista dos Tem-Teto - FIST).

Front masyarakat bertanggung jawab atas pengelolaan Pusat Budaya Sosial Rio de Janeiro (Centro Cultura Social de Rio de Janeiro - CCS-RJ), sebuah ruang sosial terbuka yang kami pertahankan di utara kota dan tuan rumah beberapa kegiatan masyarakat seperti kursus daur ulang limbah, les dan kursus ujian masuk untuk masyarakat miskin Morro dos Macacos, lokakarya teater, acara budaya, perayaan dan pertemuan dengan berbagai jenis. Front ini juga bertanggung jawab atas pengelolaan Perpustakaan Sosial Fábio Luz (Biblioteca Social Fábio Luz - BSFL), yang telah ada sejak tahun 2001 dan di sekitar yang menjalankan Pusat Penelitian Marques da Costa (Núcleo de Pesquisa Marques da Costa - NPMC), didirikan pada tahun 2004, bertujuan untuk menghasilkan teori bagi organisasi, selain meneliti sejarah anarkisme di Rio de Janeiro. Selain itu, front komunitas mengelola CELIP, ruang publik FARJ yang bertujuan untuk mengadakan ceramah dan debat untuk menarik minat orang-orang yang baru tertarik pada anarkisme.

Front agro-ekologis, yang disebut Anarkisme dan Alam, beroperasi dalam gerakan sosial pedesaan dan pengelompokan yang bekerja dengan pertanian dan ekologi sosial. Front ini memiliki kontak dan bekerja dengan MST, La Via Campesina dan ruang-ruang seperti Koperasi Floreal dan Pusat Germinal untuk Pangan dan Kesehatan (Núcleo de Alimentação e Saúde Germinal). Ini menyelenggarakan lokakarya pendidikan di bidang pekerjaan, di sekolah dan di masyarakat miskin. Semua ini dengan tujuan untuk memulihkan pertanian, agroekologi, ekologi sosial, eko-literacy dan ekonomi solidaritas. Ini bertujuan untuk melibatkan pekerja, aktivis gerakan sosial dan mahasiswa dalam aktivitasnya.

Untuk memenuhi permintaan penting, kami memimpin sebuah proyek "transversal" di mana semua front dimasukkan, disebut Universitas Populer (UP-RJ). Proposal ini dikerahkan, sebenarnya, dalam inisiatif pendidikan populer anti-kapitalis yang berfokus pada transformasi masyarakat dan memiliki, sebagai taktik, pendidikan politik dalam gerakan sosial. Karya "transversal" lainnya juga telah direalisasikan dengan edisi jurnal Libera; majalah Protesta! (bersama dengan kawan-kawan dari kolega Terra Livre anarkis di Sao Paulo); dan buku-buku seperti O Anarquismo Social oleh Frank Mintz, O Anarquismo Hoje da União Regional Rhone-Alpes e Ricardo Flores Magón oleh Diego Abad de Santillán. Akhirnya, ada kerja internal pendidikan politik, hubungan, pengelolaan sumber daya, dan lainnya.

Ada kerja yang sedang dilakukan, dan banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Dan sungguh, seperti yang pernah dikatakan Malatesta, tugasnya sangat bagus. Mengetahui bahwa ada banyak hal yang harus dilakukan dan mengetahui kehebatan proyek transformasi sosial kita, yang jauh dari mengecilkan hati kita, telah menjadi bahan bakar yang tumbuh yang memotivasi kita dan membawa kita, dari hari ke hari, ke tugas yang sangat mendesak ini.

Kami berharap kontribusi teoritis singkat ini dapat membantu dalam membangun sebuah anarkisme militan di berbagai lokasi.

Untuk anarkisme sosial!

Untuk pemulihan vektor sosial anarkisme!

Revolusi sosial dan sosialisme libertarian!

Anarkisme Sosial dan Organisasi oleh Federasi Anarkis Rio de Janeiro (FARJ)Where stories live. Discover now