Organisasi Anarkis Khusus: Propaganda Anarkis

22 0 0
                                    

Organisasi anarkis yang spesifik juga didedikasikan untuk propaganda anarkis. "Propaganda tidak dan tidak bisa kecuali pengulangan prinsip-prinsip yang konstan dan tak kenal lelah yang harus menjadi panduan kita dalam perilaku yang harus kita ikuti dalam berbagai keadaan kehidupan." [157] Jadi, kita memahami propaganda sebagai penyebarluasan gagasan anarkisme, dan oleh karena itu, sebagai aktivitas fundamental organisasi anarkis. Tujuannya adalah untuk membuat anarkisme diketahui dan untuk menarik orang ke tujuan kita. Propaganda adalah salah satu aktivitas organisasi anarkis dan bukan satu-satunya aktivitas. Ini harus dilakukan terus-menerus dan teratur.

"Propaganda organisasi harus dilakukan tanpa henti, sama seperti propaganda dari semua postulat ideal anarkis lainnya".[158] Agar menguat propaganda perlu dilakukan terus-menerus. Propaganda yang dilakukan sesekali tidak cukup membuat anarkisme diketahui dan, apalagi, untuk menarik orang masuk. Oleh karena itu, pernyataan pertama yang kita buat adalah bahwa propaganda harus terus berlanjut.

Selain itu, propaganda tidak boleh dilakukan dengan cara yang terisolasi, karena, seperti semua aktivitas yang tidak terkoordinasi, tidak memiliki kekuatan yang diinginkan. Seperti yang telah kita lihat organisasi - dipahami sebagai koordinasi kekuatan untuk mewujudkan tujuan - mengalikan hasil kerja individu, dan ini juga berlaku untuk propaganda. Ketika kita diorganisir, hasil dari kerja propaganda kita - entah itu propaganda teoritis atau praktis - dikalikan, dan mencapai hasil yang jauh lebih unggul dari jumlah sederhana kekuatan individu. Oleh karena itu, penegasan kedua yang kita buat adalah bahwa propaganda harus dilakukan secara terorganisir, karena ini mengali-lipatkan hasilnya.

"Propaganda yang santai dan terisolasi yang sering dilakukan untuk menenangkan hati nurani seseorang atau hanya untuk mengurangi gairah melalui diskusi akan tidak banyak atau tidak sama sekali efektif. Di bawah kondisi inkonsistensi dan kesengsaraan di mana massa merasakannya, dengan begitu banyak kekuatan yang menentangnya, propaganda semacam itu terlupakan sebelum upayanya dapat mengakumulasi dan menghasilkan hasil yang subur. Sangat tidak tahu medan sehingga benih ditabur secara acak untuk berkecambah dan berakar. [159]

Kami berpendapat bahwa organisasi anarkis yang spesifik menggunakan segala cara yang ada untuk mewujudkan propaganda konstan dan terorganisir ini. Pertama, sehubungan dengan bidang teoritis, pendidikan dan / atau budaya dengan realisasi kursus, dialog, debat, konferensi, kelompok belajar, situs web, e-mail, teater, buletin, surat kabar, majalah, buku, video, musik, perpustakaan, acara publik, program radio, program televisi, sekolah libertarian dll. Kami benar-benar menghargai semua propaganda ini dan berpikir bahwa itu mendasar untuk menarik orang dan memastikan bahwa mereka mengetahui kritik dan juga usulan konstruktif anarkisme. Dengan demikian, adalah mungkin untuk mengembangkan nilai anti-otoriter pada manusia, untuk merangsang kesadaran mereka, untuk membuat mereka melihat eksploitasi dan dominasi dengan cara yang lebih kritis sehingga mereka dapat melihat alternatif perjuangan dan organisasi. Orang-orang ini bisa didekati, berusaha memperdalam pengetahuan mereka, melibatkan mereka dalam diskusi dan juga diorganisir untuk aksi.

Jenis propaganda ini, bila dilakukan dalam skala besar sangat penting karena berfungsi sebagai "pelumas" sosial yang perlahan mengubah budaya tempat kita tinggal dan membuat pengenalan gagasan anarkis dan praktik ke masyarakat lebih mudah. Karya propaganda masif ini perlahan mengubah kesadaran masyarakat dan menyebabkan ideologi kapitalisme, yang sudah ditransmisikan dalam bentuk budaya, untuk lebih dipertanyakan dan bahkan enggan diproduksi ulang. Sewaktu kita memahami kesadaran sebagai kapasitas bahwa orang harus mengetahui nilai dan prinsip etika dan menerapkannya, kita yakin bahwa aktivitas propaganda ini sangat relevan untuk memperoleh kesadaran secara permanen.

Pada awalnya adalah menghilangkan prasangka dan budaya kapitalis, untuk membuat orang melihat otoritarianisme secara kritis. Akhirnya, untuk membawa beberapa orang ini berjuang melawan otoritarianisme. Kami memahami bahwa setiap proses transformasi sosial dengan tujuan akhir seperti yang kami usulkan akan bergantung pada penerimaan, atau setidaknya pada "penolakan bukan" pada sektor-sektor besar dari populasi. Dan propaganda, dalam pengertian ini teoritis, pendidikan dan / atau budaya akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hal ini. Dengan demikian, "propaganda yang dilakukan oleh anarkis terorganisir juga merupakan cara manifestasi untuk mempersiapkan masyarakat masa depan: ini adalah kolaborasi untuk membangun cara untuk mempengaruhi lingkungan dan untuk mengubah kondisinya" [160] Namun, kita harus mengerti batas-batas propaganda ini.

Anarkisme Sosial dan Organisasi oleh Federasi Anarkis Rio de Janeiro (FARJ)Where stories live. Discover now