1O

1.1K 349 53
                                    

"Papi mutusin buat balik ke Kalimantan,"

Gue gak bisa jawab apapun. Pikiran gue nge-blank seketika. Tapi gue sadar, pas Jisoo sedikit kasar menaruh sendok dan garpunya, "Maksud Papi? Kita semua pindah ke Kalimantan gitu? Oh God! No, Pi! Aku gak mau!" Jisoo dengan suara lantangnya membantah Papi.

Papi terkekeh geli, "Emang, siapa yang bilang kalau Papi mau ngajak kalian? Cuma Papi, Mami sama kakak aja," gue ngeliat kak Tata yang masih muram. Wajahnya menunduk lesu.

Gue akhirnya buka suara, "Emang ada apa, Pi? Kenapa mendadak kayak gini?"

Papi mengangkat bahu acuh, "Papi cuma mau fokus mesra-mesraan sama Mami. Sejak kalian masih sebesar biji jagung, Papi gak pernah ada waktu buat Mami karena sibuk. Sampai kita tinggal di Jogja aja, Papi masih suka ngacangin Mami. Dan, udah waktunya kakak belajar ngolah perusahaan. Kakak selalu fokus sama instagram. Jadi, Papi mau bawa kakak ke Kalimantan buat belajar bisnis,"

Gue ngerti sekarang, kenapa wajah kak Tata keliatan muram. Emang, kak Tata kan eksis di sosial media. Dia jadi selebgram dengan jumlah followers ngalahin awcarin, "Kak Tata kan masih kuliah, Pi. Masih di tengah-tengah. Gak nunggu aja sampai kak Tata lulus?"

Papi menggeleng menolak usul gue, "Bisa pindah universitas di Kalimantan, kok. Dengan tetap lanjutin semesternya. Papi udah nanya temen Papi yang rektor, dan dia bisa ngurusin kepindahan kakak," dalam hati gue minta maaf sama kak Tata karena gak bisa bantu dia buat yakinin Papi, "Lagian, si kakak sibuk terus sama instagramnya. Kuliahnya keteteran. Iya, kalau kakak masuk ke MAPALA, ada alasan jelas kenapa sering bolos kuliah. Tapi ini, cuma liburan doang buat dapet foto-foto bagus. Papi gak mau, anak Papi nanti kena Seleb Syndrom,"

Gue setuju sih sama Papi. Liat awcarin aja, kayaknya dia udah kena seleb syndrom sampai rela naik kuda pakai beha doang. Demi ketenaran, jilbab di kesampingkan. Demi ketenaran, perintah agama di lalaikan. Demi ketenaran juga, hujan badai di lalui buat dapetin foto bagus. Gue sama Jisoo tipikal yang gak begitu suka selfie. Kak Tata doang yang sedikit beda. Walau sifat gue sama Jisoo 11 12 gilanya, tapi kak Tata terbilang normal di banding gue sama Jisoo.

Gue menghembuskan nafas lega. Ya gimana gak lega, gue udah ketar ketir LDR sama Willis, taunya gue duluan yang ninggalin dia. Kan gak lucu. Tapi.. Rumah tanpa Mami Papi, apa rasanya? Gue juga ikut sedih. Ya walau absennya keberadaan Papi Mami, bikin gue sama Jisoo nyoba ngerasain jadi anak kosan. Bedanya, gue sama Jisoo gak perlu mikirin biasa buat nyewa kamar. Dan paling utama, gak perlu beres-beres rumah sendiri.

"Tapi.. Apa kalian berdua gakpapa kalau Papi Mami tinggal?" Mami yang nanya ke gue. Sebenarnya, gue sih gak masalah. Asal gak jauh dari Willis.

Gue mengangguk, "Gakpapa, Mi. Kalau udah itu keputusannya,"

"Kamu bisa jagain adik kamu, Ann?"

Gue ngelirik Jisoo, dan di balas cengiran kuda sama Jisoo, "Tenang aja, Mi. Kalau dia ke liquid, aku bakar liquid beserta Jisoo-nya,"

Papi mendelik sangar ke gue, dan gue cuma cengengesan aja. Sebagian yang gue ngomong itu bercanda. Tapi sebagian bener, sih. Lumayan, ngilangin Jisoo dan gue bakal jadi maknae di rumah.

"Kapan Mami sama Papi berangkat?" Jisoo mulai masuk ke percakapan, dan gue kali ini jadi penyimak yang baik hati dan tidak sombong.

"Insya Allah besok lusa,"

Gue sama Jisoo membelalak mata kaget, "LUSA?"/"LUSA?!" gue sama Jisoo ngomong berbarengan dengan oktaf sedikit naik. Walau bacot gue masih di bawah bacot Jisoo.

Mami mengangguk membenarkan kata Papi, "Papi udah pesen tiket pesawatnya dari kemarin," gue sama Jisoo cuma ber-oh ria. Lah, kita berdua bingung mau jawab apaan. Kalau bilang gak rela Mami Papi berangkat secepat itu, ya kali batalin tiket pesawat dengan maskapai yang paling mahal dan kelas eksekutif.

something new ✔Unde poveștirile trăiesc. Descoperă acum