MOS + C

117 7 69
                                    

Selamat Datang Calon Siswa-Siswi SMA Negeri Tunas Bangsa Tahun Ajaran 2011/2012.

Baligho itu terlihat lumayan dengan latar gambar sekolah ini sendiri. Gue sedang ikut-ikutan mendaftar bareng teman-teman SMP gue. Jalurnya sih agak ribet, apalagi pake beberapa gelombang. Untung bukan gelombang tsunami, tapi mendinglah soalnya pendaftarannya gratis.

Pertama, gue mesti isi blanko yang berisikan nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ipa, dan Bahasa Inggris pada semester 3,4, dan 5. Gue selalu iri sama nilai teman gue yang tingginya selangit, terutama yang namanya Auliyah, akrab dipanggil Chia. Di blankonya nilai yang tertulis membuatnya tidak dapat ditolak, gue tidak tau otak macam apa yang ada dikepalanya. Pintar bukan main. Tapi iri itu tanda tak mampu, jadi gue nge-block kata iri dalam kamus gue dan punya tekad untuk mengembangkan kemampuan gue juga. Kami berhasil masuk di gelombang pertama, dengan dites akademik sebanyak 75 nomor dalam waktu 2 jam 30 menit dan dites membaca Al-Qur’an sebelumnya. Waktu pengumuman benar-benar mendebarkan. Soalnya, walaupun gue ikut-ikutan, sekolah ini yang paling dekat dari daerah rumah gue. Ada sih beberapa diantara mereka yang nangis pas tidak lulus, tapi kan masih ada gelombang berikutnya.

“Untuk selanjutnya kalian akan mengikuti matrikulasi dalam beberapa hari ini," kata pak Syukur, Wakasek bidang Kesiswaan saat gue dan yang lain berada di dalam musala sekolah untuk pertemuan rutinnya siswa-siswi yang baru.

Matrikulasi saat itu tempatnya kita buat bisa mengenal sekolah lebih awal, dan dibekali perkenalan pelajaran SMA yang baru kita akan pelajari pas resmi jadi siswa di SMA Negeri Tunas Bangsa. Nah, pas lagi di-Matrikulasi-in, ada psikotes dan gelombang kedua pun dibuka. Waktu pengumuman, orang yang pernah gue liat nangis sebelumnya, lulus.

Minggu berikutnya, MOS. Prok prok prok.

Masa Orientasi Siswa, waktu SMP gue paling gak suka kegiatan ini, gue masih bocah saat itu. Yang gue ingat, MOS = Kakak kelas ngamuk + Datang pagian + Banyak Tugas - Tidur. Rumusnya kira-kira begini. Well, sebenarnya gue lemah di Pelajaran Matematika, tapi inilah yang terjadi.

Gue kira MOS-nya anak SMA itu sama aja. Eh, ternyata serupa tapi tak sama. Serupa, soalnya fashion MOS tetep aneh, tugas tetep banyak, dan kegiatan bersih-bersih sekolah yang paling diutamakan. Bedanya, kalo SMP dulu gue disuruh antre buat diteriakin sampe nangis. Kali ini gue dapet kartu pelanggaran yang nilainya gak pernah gue tambahin tapi sering gue kurangin gara-gara bangun telat. Dan yang paling membedakan itu terletak di MOS+C, apa itu C? Itu singkatan dari Cinta.

“Dek! Cepat kasi bunga ini untuk Kakak itu!” perintah Kak Pamos kepada si anak baru yang malang. Dia enggak bakalan mungkin nolak.

“Kak, ini bunga untukmu.” Si anak baru memberikan bunganya untuk Kak Pamos yang keren.

Si kakak sih gak masalah, tapi saat si anak baru tiba-tiba terpesona soalnya si kakak senyum. Halah, ini nih. MOS+C, dari mata turun ke hati.

Salah satu sohib gue juga korban insiden MOS+C.

“Hei, anak baru!” Sebut saja Kak Tio. Dia tampak sedang terpana ngelihat teman gue yang cantik tapi lumayan montok.

“Kenapa, Kak?” tanya Dela bingung.

“Minta nomor HP-nya, Dek.” 

To the point. Pake banget. Si kakak mah sudah ada rencana PDKT-an. Dikasih? Iya, karena kalo tidak dihukum dan nilai poin dikurangin.

Yang paling bikin gue nyesek pas ada tugas ngumpulin tanda tangan. Kakak-kakak yang berusaha bersikap jutek akan memberikan tanda tangan buat yang kenal, agresif dan SKSD. Super sekali. Bukan gue banget.

Saat itu gue lagi nyari tanda tangan bareng sama Dela dan Chia. Tentu saja, Pamos yang paling dekat dimintai duluan. Pas lewat di depan ruang BK, yang saat itu di jadiin markas sama Panitianya. Ada kak Tio.

“Kenapa, Dek? Lagi ngumpulin tanda tangan?” tanya Kak Tio.

“Iya, Kak. Boleh?” Yeah, si Dela lagi bersikap imut sambil menyodorkan lembaran kumpulan tanda tangan para Pamos.

“Oh iya, Dek. Sini! Bareng kertas temen kamu juga sekalian. Bentar, ya.” Kak Tio yang selaku Ketua Panitia MOS menjadikan tanda tangannya paling diincar.

Oke, aku tertolong berkat Dela. Gak lama sebelum MOS berakhir, gue udah denger kabar Dela dan Kak Tio jadian. Modus, sukses besar.

***

Gue dapet Gugus 2, yang jadi Pansus gue adalah kelas 12, Kak Astika dan kelas 11, Kak Aslamah. Kakak yang baik, dan pengertian banget. Mereka tidak pernah mentelantarkan kami saat MOS berlangsung. Tapi juga tidak memanjakan kami, jempol dah.

Sampai tahap ini, gue belum dapet +C gue sendiri.

Oh ya, gue juga punya temen yang namanya Nia. Waktu itu ada Pamos yang selalu ngerjain dia. Namanya Amrin. Namanya sering naik arisan jika berurusan dengan suruh-menyuruh. Kasian si Nia, tapi gue salut sama dia. Soalnya dia bisa bertahan diterpa badai MOS.

Waktu MOS, ada tuh yang namanya sesi intrupsi. Menurut gue, sesi itu maksudnya biar anak baru memiliki mental untuk bisa melawan sesuatu yang salah. Tapi di MOS, kakak Pamos keseringan ngejadiin itu buat penyalur rasa dendam saat mereka di MOS waktu periodenya, Fantastico.

Gue nggak ingat pernah nge-interupsi setelah kejadian yang satu ini.

“Intrupsi, Kak! Tidak boleh duduk di atas meja karena melanggar norma kesopanan.” kata Gue.

“Ada peraturannya di sini? Apa poin terakhir dari peraturan MOS?” tanya si Kakak pongah.

“Hm, Panitia selalu benar.” Tepat, kata-kata itu adalah penggali kuburan untuk gue. Harus gitu gue ngejelasin norma kesopanan itu berlaku tidak tertulis tapi menjadi penilaian seseorang nantinya. Ini sangat membingungkan.

Akhirnya, setiap ada sesi intrupsi, gue gak bakalan ngabisin tenaga gue buat hal yang gak penting kayak gitu.

Kembali ke Nia, pas sesi intrupsi berlangsung di kelasnya. Sebut saja Kak Andra, Kak Amrin juga ada disitu. Pas lagi marah dan nge-bentak siswa baru, si Nia ngangkat tangan dan nge-intrupsi.

“Apa dek?” kata Kak Andra ketus.

“Ihh, Kuning giginya”

Uppss

Jawaban si Nia meleset. Tepok jidat.

Kak Andra seketika murka sambil berujar, “Coba perlihatkan gigimu! Emangnya gigimu putih banget, ya, Dek!”

Kak Andra membentak, dan Kak Amrin, entah karena kasihan malah membela Nia. Si Nia menjadi sasaran empuk pembantaian para Pamos sejak itu.

Tapi ....

Gak lama setelah MOS, gue denger tuh kabar kalo si Nia jadian sama Kak Amrin.

Kesimpulannya, selama Masa Orientasi Siswa ini, gue gak dapat +C. Gue dapat capeknya yang segede gunung Himalaya. Tapi, gue dapat pengalaman yang menarik buat gue kenang. 


MOS +C, End.


(Cerita ini adalah fiksi yang terinspirasi oleh fakta, jika ada yang menyinggung, mohon dimaafkan. Kesamaan nama, tokoh dan tempat memiliki unsur kesengajaan.)

Ice Cream Stories (Kumpulan Cerita Pendek)Where stories live. Discover now