#17

217 18 11
                                    


2 bulan berlalu, keadaan Nana mengalami kemajuan. Tingkat kesadaran Nana meningkat. Dia kini bisa membuka matanya sendiri. Meski belum bisa berinteraksi tapi refleks pupilnya bekerja dengan baik. Orangtua Nana menghubungi Yoongi yang saat itu sedang berada di Paris. Mereka mengatakan dokter memperbolehkan Nana untuk dibawa kembali ke Korea.
Selesai melaksanakan konser di Paris, semua member dan staf kembali ke Korea. Kegiatan mereka 3 minggu ke depan hanya menghadiri beberapa acara awards akhir tahun sebelum kembali melakukan konser di Jepang.
Nana sekarang dirawat di salah satu Rumah sakit terbaik di Seoul. Setiap hari sehabis latihan, atau ada waktu senggang, biasanya para member mengunjungi Nana. Nana kini bisa melihat siapapun yg mengunjunginya. Dokter juga mengatakan perkembangan Nana sangat baik sekarang. Jika terus seperti ini, Nana akan segera bisa kembali normal dalam 3 bulan atau mungkin lebih cepat.
Y: Nana-ssi .. kau sekarang tampak kurus meski perutmu membesar.
Yoongi mengajak Nana berbicara saat dia diperbolehkan masuk ke ruangan Nana. Nana tidak menjawab, hanya membuka matanya sebentar lalu menutupnya lagi. Yoongi mengusap2 perut Nana dengan hati2. Tiba2, ada tonjokan dari dalam yang membuat Yoongi tersentak.
Y: Ya! Dia bergerak!
Yoongi menahan diri untuk tidak berteriak. Dia tampak sangat senang. Dokter sudah menjelaskan semua perkembangan bayinya pada Yoongi. Sekarang usia bayi mereka 20 minggu. Dan kata Dokter dia berjenis kelamin perempuan. Persis seperti yang Yoongi mau.
Y: Nana-ssi .. Anak kita mengenaliku .. dia pasti usil dan nakal sepertimu .. dia menonjokku tadi, padahal aku hanya menyentuh perutmu. Bagaimana lagi kalau aku memelukmu? Mungkin dia akan keluar untuk menedangku lalu masuk lagi ke dalam perutmu.
Yoongi tertawa pelan, walau sedetik kemudian airmatanya menetes.
Y: ya! Nana-ssi.. apa kau tidak merindukanku? Sulit sekali melewati semua ini tanpamu .. aku harus melakukan semua pekerjaanku dan hanya bisa mendengar suaramu dari lagu kita. Nana-ssi .. miane .. miane karna tidak bisa menjagamu dengan baik .. cepatlah sembuh .. pukul aku sebagai pembalasan atas penderitaanmu ini.. dan nanti .. saat anak kita lahir, aku tidak akan membiarkan kau kelelahan karna mengurusnya.. aku juga tidak akan pernah membiarkan anak kita menangis lebih lama. Aku akan menghentikan semua aktivitasku untuk membuatnya bahagia.. Nana-ssi .. cepatlah kembali .. rumah kita begitu merindukanmu ..

Waktu berlalu, Yoongi kembali melakukan kegiatannya bersama para member. Mereka melakukan Tour lagi. Menghadiri acara2 awards dan menerima begitu banyak penghargaan. Memecahkan banyak rekor dan kembali berkreasi untuk menciptakan musik yang lebih indah.
Yoongi menjalani semuanya dengan sangat baik. Dia sudah berjanji pada dirinya untuk hidup lebih baik dan menyelesaikan semuanya dengan sangat baik meski dia benar2 ingin selalu bersama Nana. Dia mengingat kata2 Nana di malam terkahir sebelum besoknya konser Tour mereka dimulai, Nana akan selalu berada di dalam hatinya. Dan itu benar, semangat Nana seperti ada di dalam diri Yoongi saat ini.

Hari ini konser terakhir mereka untuk promo album ini. Besok mereka akan kembali ke Korea untuk menyiapkan album berikutnya. Tapi tiba2, orangtua Nana menghubungi Yoongi menyuruh Yoongi untuk segera kembali ke Korea. Kondisi Nana memburuk.
Yoongi segera kembali bersama member lain dengan pesawat jet pribadi dan langsung menuju Rumah Sakit. Dokter menjelaskan kondisi Nana benar2 buruk. Kemungkinan Nana mengalami kegagalan dalam menerima suplay obat. Tubuhnya seakan menolak semua obat yang diberikan. Dokter meminta persetujuan keluarga untuk melakukan Operasi Sectio Cessarea demi menyelamatkan anaknya.
Dr: kami harus segera melakukan operasi untuk menyelamatkan nyawa bayinya. Terlalu beresiko untuk membiarkannya terus bersama ibunya.
Yoongi tampak sangat frustasi. Dia terus mengusap wajah dan kepalanya berkali2. Orangtua Nana juga sama paniknya saat ini. Orangtua Yoongi yang sudah datang dari Daegu juga tampak sangat sedih dan khawatir.
Y: sebelumnya .. ijinkan aku menikahi Nana, Ommonie .. Nana pasti tidak ingin anak kami lahir dari orangtua yang tidak berstatus menikah.
Ucap Yoongi tiba2. Wajahnya tampak yakin meski sangat sedih. Orangtua Nana tampak kebingungan tapi tetap mengangguk.
Dokter memberi ijin sejam selagi operasi dipersiapkan.
Manajer Yoongi mengurus semua berkas pernikahan untuk ditandatangani. Dalam sejam semuanya selesai. Nana dibawa masuk ke dalam ruang operasi.
Tak lama suara bayi terdengar sampai keluar ruang operasi. Orangtua Nana semakin menangis lalu memeluk Yoongi. Member lain yg menemani Yoongi juga saling berangkulan satu sama lain. Mereka sama panik dan terharu seperti Yoongi.
Sejam kemudian dokter keluar dan menyatakan operasi berjalan lancar. Bayinya perempuan lahir selamat dengan bobot 2,2 kilogram. Itu sangat baik mengingat bayi itu berada dalam perut ibunya yang koma selama 34 minggu. Meski terlahir premature tapi bayinya sangat sehat. Respon dan tangisannya baik menandakan paru2 dan jantungnya sehat. Semua organ lengkap tanpa ada kekurangan.
Tapi untuk sementara bayinya akan dirawat dalam inkubator sampai bobotnya normal dan siap untuk hidup di dunia luar.
Sementara Nana, meski sempat mengalami kejang, tapi Nana tetap bertahan. Hingga malamnya Dokter memanggil keluarga karena Nana mengalami kejang berulang. Yoongi, kedua orangtuanya, orangtua Nana juga 6 member menyaksikan lewat kaca pembatas ruangan bagaimana Dokter melakukan berbagai tindakan medis untuk menyelamatkan Nana. Mereka menyaksikan bagaimana Nana berjuang hingga akhirnya Dokter menyatakan Nana tidak dapat diselamatkan.
Bagai tersambar petir semua menangis memanggil nama Nana. Termasuk Yoongi yang langsung terduduk di tempat. Menangis sambil menutup wajahnya. Bahunya bergetar hebat tapi dia tidak bersuara. Namjoon berlutut memeluknya. Demikian juga Jin. Hoseok memeluk Jimin, Tae dan Jungkook yang tidak kuasa menahan tangis mereka. Amma Yoongi menangis sambil memeluk Amma Nana yang pingsan. Beberapa perawat tampak langsung mengurusnya. Appa Nana juga berpelukan dgn Appa Yoongi. Saling menguatkan.
Malam ini benar2 malam yang tidak pernah terbayangkan oleh mereka sebelumnya. Nana .. si periang itu .. berakhir disini setelah menyelamatkan sahabatnya .. berakhir setelah berjuang untuk bayinya meski harus menderita selama 6 bulan .. berakhir setelah benar2 berjuang meski harus mengorbankan dirinya ..
Ya .. dia tetap melakukannya sampai akhir. Menyelesaikan semuanya dengan baik meski dia harus kehilangan kebahagiaannya. tapi baginya, menyelesaikan semuanya adalah kebahagiaan itu sendiri.

Yoongi, ke 6 member, keluarga, teman2 bahkan staf Bighit ikut mengantarkan Nana ke peristirahatan terakhirnya.

Selamat tinggal, Nana ..
Kau akan selalu dikenang oleh mereka yang pernah mengenalmu ..
Tugasmu di dunia sudah selesai.

-----

3 tahun berlalu.
Hari ini, Yoongi dibangunkan oleh Jungkook dan Jimin. Mereka menginap di rumah Yoongi sehabis acara music show malam tadi.
Jk: ya! Hyung .. bangunglah! kita bisa terlambat nanti!
Jm: hyuungg ... Yoona tidak akan menggubrismu nanti kalau kita terlambat menjemputnya!
Mendengar nama itu, Yoongi membuka matanya lalu bangkit dan masuk ke dalam kamar mandi dengan cepat.
Setiap akhir pekan, biasanya Yoongi dan member lain akan bergantian menjemput Yoona dari rumah Neneknya untuk dibawa ke dorm dan kemanapun kegiatan BTS hari itu. Itu jadi semacam kebiasaan sejak Yoona mulai bisa berjalan. Meski sedikit kewalahan tapi semua member menikmati bermain bersama Yoona. Bahkan para staf selalu memperlakukannya dengan baik.

Yoona .. bayi kecil yang ditinggalkan Nana untuk mereka rawat dan cintai sepenuh hati. Bayi kecil yang menjadi semangatnya menjalani hari. Sekarang bayi itu sudah berumur 3 tahun dan wajahnya sangat mirip sekali dengan Nana. Bahkan caranya melihat dan tersenyum persis seperti Ammanya. Itu membuat semua yang mengenal Nana sering merasa terharu. Betapa Tuhan baik menitipkan malaikat kecil untuk membuat orang2 yg mencintai Nana bisa melepas kerinduan saat melihat Yoona.

Y: ya! biarkan aku memeluknya dulu! aku Appanya!
Yoongi mendorong Jungkook dan Jimin yang langsung memeluk Yoona begitu melihatnya keluar dari rumah Neneknya. Amma Nana langsung tersenyum melihat kehadiran mereka disana.
Yo: Appa! Saranghaeyo!
Yoona langsung berlari melompat ke pelukan Yoongi. Yoongi menciumnya dangan penuh kasih sayang.
Y: yaaa .. uri baby .. kau semakin cantik setiap kali aku melihatmu
Yo: Nenek bilang aku nakal seperti Amma. dan Nenek akan mengirimku ke Daegu esok.
Yoongi langsung tertawa.
Y: apa kau tidak mau bertemu Kakek dan Nenek di Daegu?
Yo: aku mau. Tapi aku tidak mau tinggal disana.
Y: wae yo?
Yo: nanti kalian akan sulit menemuiku dan aku tidak bisa makan es krim dengan Jungkook ahjussi kapanpun aku mau.
Yoongi, Jungkook, Jimin dan Amma Nana tertawa mendengarnya. Yoona memang tumbuh dengan sangat sehat dan pintar. Persis seperti ibunya.
Setelah pamit dengan Amma Nana, mereka menuju dorm. Dan tidak usah diragukan lagi. Para member sudah menunggu Yoona dengan berbagai macam hadiah. Yoona selalu senang bila bertemu Ahjusi2 nya disini. Dia dekat dengan semuanya. Dan semuanya benar2 memperlakukan Yoona seperti ratu.

Gumawo Nana-ssi ..
Yoona akan tumbuh dengan baik dan penuh cinta seperti yang kita harapkan. Teruslah perhatikan kami dari atas sana. Dan bahagialah.
- Min Yoongi, suamimu, Appa dari Min Yoona, putrimu-

-----

END

-SeeSaw-Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang